kumparan

Maskapai dan Rute Penerbangan di Bandara Kertajati

KONTEN SPESIAL KERTAJATI, Suasana di Bandara Kertajati
Suasana di Bandara Kertajati. Foto: Helmi Afandi/kumparan
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati atau Bandara Kertajati mulai melakukan penataan rute penerbangan. Menjadi bandara terbesar kedua di Indonesia, diharapkan menjadi salah satu pendongkrak perekonomi dan pariwisata di Jawa Barat.
ADVERTISEMENT
Dibangun sejak 2015, Bandara Kertajati kini melayani 13 rute penerbangan domestik. Adapun ke-13 rute tersebut merupakan hasil dari pemindahan penerbangan domestik untuk jenis pesawat jet dari Bandara Internasional Husein Sastranegara di Bandung.
AirAsia menjadi maskapai yang melakukan pendaratan perdananya di Bandara Kertajati pada Minggu (30/6) kemarin. Pesawat dengan nomor penerbangan QZ720 ini mengudara dari Denpasar ke Kertajati dan mendarat pada pukul 08.00 WIB dengan membawa 133 orang. Kemudian, berangkat dari Kertajati - Denpasar dengan mengangkut 144 penumpang.
KONTEN SPESIAL KERTAJATI, Suasana di Bandara Kertajati
Pesawat Citilink di Bandara Kertajati. Foto: Helmi Afandi/kumparan
Selain memiliki rute penerbangan Kertajati - Bali dan Bali - Kertajati, AirAsia juga punya rute dari dan ke Surabaya. Melalui website resmi, maskapai asal Malaysia ini melayani tiga kali penerbangan dalam satu minggu, yakni pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu dengan harga mulai Rp 436 ribu.
ADVERTISEMENT
Tak hanya AirAsia saja yang berlalu lalang di Bandara Kertajati, Garuda Indonesia pun ambil bagian. Maskapai berplat merah ini hanya memiliki satu rute penerbangan, yakni Bali. Maskapai berkode GA, melayani penerbangan pada hari Rabu, Jumat, Sabtu dan Minggu dengan tiket yang dibanderol mulai dari Rp 1,620 ribu.
LIPSUS, Airasia, Pesawat Airasia
Pesawat Airasia. Foto: AFP/MOHD RASFAN
Disusul dengan Lion Air yang mengudara dengan rute terbanyak yaitu; Bali, Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Kualanamu, Lombok, Makassar, Pekanbaru, Pontianak, dan Surabaya. Selanjutnya ada Citilink, maskapai dengan rute kedua terbanyak yang melayani penerbangan; Bali, Kualanamu, Palembang, Pekanbaru dan Surabaya.
Terakhir ada Xpress Air, maskapai yang berbasis di Makassar dan fokus pada penerbangan untuk wilayah timur. Didirikan pada 2003, maskapai berkode XN ini mengudara dari dan ke Padang dan Palembang.
5 Maskapai yang Mengudara di Bandara Kertajati
5 Maskapai yang Mengudara di Bandara Kertajati. Foto: Basith Subastian/kumparan
Apakah kamu sudah menjajal mengudara melalui Bandara Kertajati?
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan