kumparan
Food & Travel23 Mei 2020 9:04

Maskapai Penerbangan Ryanair Wajibkan Penumpangnya Minta Izin Sebelum ke Toilet

Konten Redaksi kumparan
Penumpang Pesawat
Ilustrasi penumpang pesawat mendengarkan musik saat terbang Foto: Shutterstock
Maskapai penerbangan dari Irlandia, Ryanair baru saja mengumumkan aturan baru dalam pesawatnya. Dilansir People, maskapai ini berencana kembali menjual kursi untuk negara-negara Uni Eropa.
ADVERTISEMENT
Untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para penggunanya, Ryanair lantas meluncurkan beragam peraturan baru. Peraturan-peraturan itu diklaim Ryanair sebagai cara mereka menjaga kru dan penumpang aman saat penerbangan selama pandemi.
"Pemerintah di seluruh Eropa telah menerapkan lockdown selama empat bulan untuk membatasi COVID-19. Setelah empat bulan, kini tiba saatnya untuk membuat masyarakat Eropa dapat terbang lagi, sehingga kita dapat mempertemukan kembali teman, keluarga, orang-orang dapat kembali bekerja, menghidupkan industri pariwisata Eropa, serta menyediakan jutaan pekerjaan," kata CEO Ryanair, Eddie Wilson, dalam siaran persnya.
Ia juga menambahkan bahwa Ryanair akan bekerja sama dengan otoritas kesehatan masyarakat. Sehingga penerbangan yang dilakukan sesuai dengan aturan yang ada dan secara efektif dapat membatasi penyebaran COVID-19.
ADVERTISEMENT
Beberapa aturan yang Ryanair terapkan dalam maskapainya antara lain pemeriksaan suhu, mewajibkan penggunaan masker, transaksi tanpa uang tunai, dan pengepakan makanan maupun minuman ringan sebelum terbang.
Ryanair juga meminta penumpangnya membawa lebih sedikit barang bawaan, check-in online, mengunduh boarding pass, menggunakan hand sanitizer, dan menerapkan physical distancing apabila memungkinkan.
Aturan di atas tentu saja terasa 'normal', karena nampaknya sudah lebih dahulu dilakukan oleh berbagai maskapai. Menariknya, Ryanair punya sebuah aturan yang sangat unik, yakni meminta penumpangnya untuk bertanya sebelum menggunakan kamar kecil.
Ilustrasi seat belt di pesawat
Ilustrasi penumpang mengencangkan seat belt di pesawat Foto: Shutter Stock
Ya, penumpang disarankan untuk bertanya pada awak kabin terlebih dahulu sebelum pergi menuju toilet yang ada dalam pesawat. Apabila awak kabin telah memberikan izin, barulah penumpang bisa langsung menuju bilik toilet.
ADVERTISEMENT
Menurut Ryanair, cara ini akan membantu penumpang menjaga jarak aman antar-satu dengan yang lain selama penerbangan berlangsung.
"Mengantre di depan toilet kabin akan dilarang. Akses toilet akan disediakan bagi penumpang berdasarkan permintaan," tulis siaran pers yang diberitakan laman People itu.
Wah, seperti di sekolahan, ya. Kalau aturan itu dilakukan di Indonesia, kamu setuju enggak?
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.