Untitled Image

Mau Ajak Keluarga Berlibur ke Australia Barat? Ayo, Kunjungi Segera!

3 Juni 2022 12:01
·
waktu baca 12 menit
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Di tengah aktivitas sehari-hari yang terkadang membosankan, berlibur bersama keluarga biasanya menjadi momen yang dinantikan. Jika Anda dan keluarga sudah terbiasa dengan liburan ala staycation di luar kota, kini saatnya berlibur dengan tujuan yang lebih jauh: wilayah Coral Coast, Australia Barat.
Ya, Australia Barat menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan asal Indonesia. Apalagi wilayah ini sangat mudah dijangkau hanya dengan 4,5 jam penerbangan dari Jakarta.
Kawasan Coral Coast tak hanya indah panorama alamnya, ia juga memiliki segudang destinasi dengan atraksi yang sayang dilewatkan. Tak hanya daratannya, keindangan langitnya pun bisa kita coba jelajahi. Lantas di mana sajakah itu?
Ilustrasi keluarga liburan di Australia Barat. Dok. TWA.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi keluarga liburan di Australia Barat. Dok. TWA.

7 Destinasi Seru di Coral Coast, Australia Barat

1. Terjun Payung dari ketinggian 15,000 Feet di Jurien Bay
Menjelajahi jalur Coral Coast saat traveling ke Australia Barat tak lengkap rasanya tanpa mengunjungi Jurien Bay. Satu destinasi, berjuta atraksi. Itulah Jurien Bay.
Jauh dari keramaian, Jurien Bay menjadi tempat yang sangat cocok untuk menikmati waktu berkualitas bersama keluarga; menikmati matahari terbenam dengan pemandangannya yang menakjubkan.
Di sepanjang tepi pantai disediakan tempat BBQ gratis dan meja piknik yang sangat dijaga kebersihannya. Selagi Anda menyiapkan makanan, anak-anak dapat bersenang-senang di taman bermain.
Jurien Bay dari atas ketinggian. Foto: TWA.
zoom-in-whitePerbesar
Jurien Bay dari atas ketinggian. Foto: TWA.
Tak berhenti sampai situ saja, Jurien Bay pun menawarkan pengalaman yang memacu adrenalin; terjun bebas dari ketinggian 15.000 kaki. Bersama Skydive Jurien Bay, Anda bisa melihat hamparan pasir putih berpadu dengan birunya laut yang cantik dihiasi pulau-pulau berbatu.
Bila ingin lebih dekat, Skydive Jurien Bay juga menawarkan terjun bebas dari ketinggian 8.000 dan 10.000 kaki. Setelah terjun bebas yang mengasyikkan, ‘perjalanan parasut’ Anda akan memberi Anda waktu sejenak untuk menikmati apa yang baru saja Anda capai.
Menariknya, selain mendapatkan foto-foto yang memorable, Anda juga akan mendapatkan sebuah sertifikat atas pencapaian diri sendiri telah menaklukan rasa takut dengan terjun payung. Seru, bukan?
2. Berenang dengan Singa Laut yang Ramah di Jurien Bay
Melihat singa laut di Jurien Bay. Dok. TWA.
zoom-in-whitePerbesar
Melihat singa laut di Jurien Bay. Dok. TWA.
Bila mampir ke Jurien Bay, jangan lewatkan kesempatan untuk berenang dengan singa laut yang menggemaskan.
Kota pesisir yang cantik ini tidak hanya menawarkan panorama alamnya saja, Coral Coast juga terkenal dengan singa lautnya yang menggemaskan. Di Jurien Bay, Anda bisa menemukan singa laut Australia yang langka berjemur di bawah matahari dan lumba-lumba yang berenang di bibir pantai.
Untuk bisa melihat mereka dari dekat, ada operator tur lokal yang bisa mengajak Anda snorkeling bersama makhluk-makhluk lucu ini. Ada juga pilihan untuk melihat mereka dari atas kapal.
Singa laut yang berada di Jurien Bay Marine Park merupakan hewan yang dilindungi oleh Taman Bahari Jurien Bay. Sekitar 21 persen dari populasi singa laut Australia Barat hidup dan berkembang biak di Taman Laut Jurien Bay. Namun dengan catatan, singa laut yang ada di teluk tersebut merupakan spesies yang belum jinak. Jadi, Anda tidak diizinkan memberi makan.
Selain menyuguhkan pemandangan singa laut langka di dunia, Jurien Bay juga menyediakan atraksi wisata lainnya yang bisa dinikmati bersama keluarga, yakni skydiving. Skydiving dan berenang bersama singa laut di laut lepas di Jurien Bay merupakan atraksi paling diminati wisatawan.
Selain snorkeling, tempat ini cocok juga untuk memancing. Jurien Bay dipenuhi banyak penghuni bawah laut. Selain lobster rock barat (udang karang), jika Anda cukup beruntung, Anda bisa mendapatkan dhufish, pink snapper, baldchin groper, whiting, mulloway, dan Australian herring.
Bila ingin mencoba pengalaman ini, Anda dan keluarga bisa bergabung dengan Turquoise Safaris yang menyediakan tur untuk Anda bisa lebih dekat dengan Singa Laut Australia selama berjam-berjam.
3. Keliling Wilayah Carnavon dengan Layanan Helikopter
Keliling kota naik bus, mobil, motor, atau kereta mungkin itu sudah biasa. Tapi bagaimana kalau keliling kota naik helikopter? Tentu jadi pengalaman yang luar biasa, bukan? Ya inilah yang ditawarkan Coral Coast Helicopter Services untuk Anda yang ingin berkelana di Australia Barat dengan cara yang tak biasa.
Layanan ini menawarkan 6 paket tur menikmati Coral Coast dari atas ketinggian yang bisa Anda dan keluarga sesuaikan dengan keinginan. Paket tersebut di antaranya, Scenic Flights, Stromatolite Adventure, Blowholes Adventure, Golden Cliffs Adventure, Cape Inscription Adventure, dan Carnarvon Coast Ultimate Adventure. Semua paket tersebut dimulai dari Bandara Carnarvon.
Lantas apa yang berbeda dari setiap paket tersebut?
Pertama, Scenic Flights. Dengan layanan ini Anda dan keluarga bisa menikmati kota Carnarvon yang bersejarah, melewati banyak perkebunan, melintasi sungai Gascoyne hingga Pelican Point dan Fascine yang indah dari atas ketinggian. Penerbangan wisata ini berdurasi mulai dari 5 menit hingga 1 jam.
Kedua, Stromatolite Adventure. Berangkat dari Carnarvon ke Denham, penerbangan helikopter wisata ini akan membawa Anda ke Hamelin Pool Stromatolites, cagar alam laut yang dilindungi di kawasan Shake Bay.
Shark Bay —sebuah situs Warisan Dunia UNESCO— merupakan rumah bagi duyung, lumba-lumba dan stromatolit. Dengan luas 2,3 juta hektar, kawasan ini merupakan ‘dunia akuatik’ yang mempesona, surga penyelam dan tempat di mana Anda Anda bisa berjabat tangan dengan lumba-lumba.
Saat tiba di Hamelin Pool Stromatolites, Anda bisa merasakan rupa bumi sekitar 3,5 miliar tahun yang lalu ketika stromatolit tumbuh dan tersebar luas di seluruh perairan. Anda juga dapat melihat bentuk stromatolit yang menakjubkan ini dengan berjalan di dermaga yang dibuat khusus.
Ketiga, Blowholes Adventure. Berangkat dari Carnarvon, penerbangan helikopter wisata selama 45 menit ini akan membawa Anda melintasi One Mile Jetty yang ikonis di Carnarvon, melanjutkan perjalanan ke utara melewati muara Gascoyne River, Pantai Miaboolya, dan Karang Fitzroysebelum mendaratkan Anda di Quobba Blowholes dan Natural Aquarium —zona perlindungan habitat ikan.
Saat tiba, Anda bisa menjelajahi Blowholes dan daerah sekitarnya dengan berjalan kaki, bermalas-malasan di pantai atau snorkeling di antara ratusan ikan di perairan Akuarium yang dilindungi tersebut. Tur ini akan melayani Anda selama 4 jam.
Keempat, Golden Cliffs Adventure. Selama 1,5 jam, penerbangan helikopter wisata dari Carnarvon ini akan membawa Anda ke sepanjang garis pantai Quobba yang berbatu. Anda akan melewati Pantai Miaboolya, Karang Fitzroy, Quobba Blowholes, Quobba Homestead dan Cape Cuvier's Ship Loader, sebelum mendarat di pantai pribadi yang hanya dapat diakses dengan helikopter atau perahu.
Dilatarbelakangi oleh tebing 600 kaki, lokasi ini benar-benar mengesankan. Anda bisa berenang, menjelajahi gua, memancing, dan piknik di pantai terpencil yang seolah-olah milik Anda sendiri. Paket tur ini akan memanjakan selama 5 jam.
Kelima, Cape Inscription Adventure. Berangkat dari Carnarvon, penerbangan wisata 90 menit ini akan membawa Anda ke Pulau Dirk Hartog di Kawasan Warisan Dunia Shark Bay, dan akan mendarat di dekat Cape Inscription yang penuh sejarah dan terkenal dengan mercusuarnya yang ikonik.
Keenam, Carnarvon Coast Ultimate Adventure. Bagi Anda yang ingin menjelajah seharian. Paket ini cocok untuk Anda. Anda akan diajak menjelajah semua tempat di Carnarvon; mulai dari Pantai Miaboolya yang menyuguhkan pemandangan Fitzroy dan Darwin Reefs serta Quobba Blowholes and Aquarium. Dilanjutkan ke utara melewati Cape Cuvier dan Salt Loader. Kemudian pergi ke Red Bluff, salah satu pantai terbaik Australia, Coral Bay, dan mengakhiri perjalanan di Danau Macleod yang memiliki pemandangan yang memanjakan mata.
Dari enam paket ini, mana yang jadi pilihanmu?
4. Menyelam Bersisian dengan Hiu Paus di Ningaloo Reef
Menyelam Bersisian dengan Hiu Paus di Ningaloo Reef. Dok. TWA.
zoom-in-whitePerbesar
Menyelam Bersisian dengan Hiu Paus di Ningaloo Reef. Dok. TWA.
Memberi makan kanguru atau memeluk koala adalah hal umum dilakukan para wisatawan saat berlibur ke Australia. Kedua binatang unik dan menggemaskan ini memang menjadi salah satu daya tarik utama sata berkunjung ke benua hijau.
Namun bagi Anda yang memiliki nyali besar untuk berinteraksi dengan hewan yang lebih liar, Australia menawarkan pengalaman yang lebih menantang; bersnorkel dengan ikan terbesar di dunia hingga mendaki bersama walabi batu yang langka di Ningaloo Reef yang mendunia.
Ningaloo Reef adalah terumbu karang tepi terluas di Australia yang melingkari garis pantai North West Cape. Hanya beberapa meter dari pantai saja, Anda dapat melihat ikan berwarna-warni, penyu laut, dan pari manta halu lalang.
Tak hanya itu, Ningaloo Reef yang mendunia ini juga menawarkan wisata yang cukup esktrem. Di sini Anda dan keluarga bisa berenang bersama ikan raksasa pengembara Samudera; hiu paus dan paus bungkuk.
Naik ke kapal untuk melihat paus bungkus bersama Ocean Eco Adventures. Dok. TWA.
zoom-in-whitePerbesar
Naik ke kapal untuk melihat paus bungkus bersama Ocean Eco Adventures. Dok. TWA.
Meski berukuran besar dan terkenal mengintimidasi. Kedua hewan ini dikenal sebagai raksasa lautan yang jinak. Di setiap bulan April hingga Juli, biasanya hiu paus akan berada di sekitar Ningaloo Reef untuk menikmati makanan favorit mereka. Sedangkan dari Juli hingga Oktober, Anda bisa berenang dengan hiu bungkuk yang bermigrasi ke Ningaloo Reef.
Bila ingin mencoba pengalaman mendebarkan ini, bangunlah lebih pagi dan bersiap naik ke kapal bersama Ocean Eco Adventures yang menawarkan snorkeling tour dengan kedua hewan tersebut.
Mereka akan mengantarkan Anda serta memberikan arahan tentang keselamatan yang menyeluruh. Anda juga akan didampingi saat terjun ke laut. Saat berada di bawah laut, Ikuti arahan mereka dan tunggulah sang raksasa yang jinak ini untuk berenang melewati Anda. Tenang, fotografer profesional sudah disiapkan untuk memotret momen magis Anda di bawah air.
5. Melihat Ribuan Spesies Bunga Liar Bermekaran (Wildflower)
Salah satu bunga liar di Australia Barat. Dok. TWA
zoom-in-whitePerbesar
Salah satu bunga liar di Australia Barat. Dok. TWA
Juni hingga November merupakan waktu yang tepat untuk melihat bunga-bunga liar cantik di Australia Barat. Anda bisa melihat berbagai macam jenis bunga hingga lebih dari 12.000 jenis bunga bermekaran yang terbentang luas di Coral Coast Trail yang menjadi rumah bagi ladang bunga liar yang penuh warna.
Salah satu bunga di Australia Barat. Dok. TWA
zoom-in-whitePerbesar
Salah satu bunga di Australia Barat. Dok. TWA
Di sana Anda dapat melihat gurun, sungai, hingga pantai pasir putih yang dipenuhi dengan satwa yang menyelimuti area pedalaman, menciptakan ladang bunga yang penuh warna . Ada beragam spesies bunga bisa Anda temukan seperti mulla mullas, Sturt’s Desert Pea, banksias, spider orchids, wreath flowers, coastal morrisons, feather flowers, Geraldton wax, smoke bush, black kangaroo paw, dan masih banyak lagi.
6. Jelajahi Lanskap Kalbarri yang Dramatis
Kalbarri National Park. Dok. TWA.
zoom-in-whitePerbesar
Kalbarri National Park. Dok. TWA.
Puas menjelajah dengan satwa dan bunga liar, kini giliran alam liar di Kalbarri National Park, destinasi yang menjadi tujuan populer para wisatawan saat berkunjung ke Australia Barat.
Wilayah seluas lebih dari 183 ribu hektar ini menyuguhkan pemandangan bak arizona dengan pemandangan bebatuan granit yang meliuk-liuk membentuk relief tak beraturan dan membentang berwarna cokelat bergradasi kuning, merah, putih gading, hingga kehitaman.
Di tempat ini, Anda bisa mendapatkan ketenangan dan adrenalin secara bersamaan. Bagaimana tidak, indahnya relief dipadukan dengan pemandangan dramatis di sekeliling. Ada jurang, sungai, dan pepohonan yang meranggas.
Bila ingin berburu spot foto instagramable, ambil langkah ke Nature's Windows. Seperti namanya, spot alam ini menyerupai jendela yang terbentuk dari batu berlubang yang bertenger di atas Murchison River.
Tak hanya itu saja, banyak hal menarik lainnya yang dapat ditemukan di Kalbarri National Park. Saat an tebing pantai taman nasional. Anda juga bisa menelusuri jalur lintas hutan semak untuk melihat bunga liar musim semi yang mempesona hingga menikmati jernihnya tepi pantai sebening kaca.
Selain mengunjungi jejak kuno, wisatawan juga bisa mencoba Kalbarri Skywalk yang ikonik di taman nasional ini. Kalbarri Skywalk berdiri di puncak tebing setinggi 100 meter di luar tepi Ngarai Murchison, ya musim dingin, Anda bisa menikmati bunga liar unik yang tumbuh di sekitar ngarai pedalaman yang memiliki panjang 25 meter dan lebar 17 meter. Wisatawan bisa merasakan berjalan di atas lantai kaca sambil menikmati pemandangan luar biasa dari ngarai yang spektakuler.
Selain Skywalk, di taman nasional Kalbarri, Anda juga bisa Z Bend, salah satu dari empat tempat pengamatan di taman nasional yang terletak di tikungan tajam di ngarai. Pemandangannya sangat menakjubkan, Anda bisa melihat Batu Pasir Tumblagooda, rangkaian geologis endapan fluvial dan pesisir sedalam lebih dari satu kilometer.
Puas mengabadikan momen keseruan menjelajah Kalbarri, Anda dan keluarga bisa melanjutkan keseruan lain dengan menelusuri pesisir Pantai Wagoe bersama Kalbarri Wagoe Beach Quad Bike Tours.
Sang Pemandu akan menjemput Anda dari depan akomodasi Anda di Kalbarri dan mengantar Anda ke Wagoe Farm yang menjadi awal kesenangan. Anda akan diberikan pembekalan untuk menaiki quad bike, kemudian Anda akan diberikan kebebasan menikmati perjalanan di sepanjang pantai Pantai Wagoe yang indah. Seru, bukan?
Kalbarri bisa ditempuh dengan berkendara selama enam jam ke arah utara Perth dan ngarai pedalaman dan tebing pantai Taman Nasional Kalbarri bisa diakses wisatawan dari barat dan timur.
7. Melihat Keindahan Deretan Batu Kuno di Nambung
 Kalbarri National Park, Taman Nasional Nambung. Dok. TWA
zoom-in-whitePerbesar
Kalbarri National Park, Taman Nasional Nambung. Dok. TWA
Tak kalah mempesona dari Kalbarri National Park, Taman Nasional Nambung yang terletak di regional Wheatbelt juga menyimpan keindahan alam yang berbeda. Sesampainya di sini, Anda akan disambut dengan deretan batu kapur kuno dengan berbagai bentuk. Tingginya pun bervariasi, ada yang tingginya hanya beberapa sentimeter, tetapi ada juga bebatuan yang menjulang tinggi hingga mencapai beberapa meter.
The Pinnacles, demikian warga Australia menyebut batu kapur kono tersebut. Berwisata ke tempat ini, Anda akan merasa diajak ke masa lampau dengan hamparan gurun pasir yang menguning.
Tak hanya bebatuan kapur kono dan gurun pasir, di tempat ini, Anda juga bisa bersafari, melihat sejumlah hewan liar. Jika beruntung, Anda juga bisa bertemu dengan kawanan Emu dan Kangguru liar. Semua keindahan di The Pinnacles, dijamin bisa membuat liburan road trip Anda jadi terasa berbeda.
 The Pinnacles. Dok. TWA.
zoom-in-whitePerbesar
The Pinnacles. Dok. TWA.
Ingin mencobanya? Anda bisa ke The Pinnacles menggunakan berbagai kendaraan atau tur travel Seperti ADAMS Pinnacle Tours atau Autopia Tours.
Keindahan Australia Barat memang bisa menghipnotis siapa saja. Selain destinasinya yang beragam, Australia juga aman dan ramah muslim. Ya, ada banyak kuliner halal di sana. Anda juga bisa dengan mudah menemukan masjid atau musola untuk beribadah.
Bila kamu berencana mengunjungi Australia Barat tahun ini jangan lewatkan juga beragam event seru di sana seperti WA Day 2022, Kings Park Festival 2022, dan Perth Marathon 2022.
Di WA Day Festival, Anda bisa merasakan semua etnis dan budaya yang telah menjadikan Australia Barat sebagai tempat yang luar biasa dan unik untuk ditinggali. Festival yang akan digelar pada 7 Juni di Museum Great Southern dan dibuka untuk umum dan gratis ini menawarkan hiburan keluarga yang luar biasa. Mulai dari permainan hingga menyajikan makanan lokal yang lezat.
Tak kalah menarik dari WA Day, Kings Park Festival juga bisa jadi pilihan. Di festival ini, Anda bisa melihat ribuan bunga liar bermekaran. Festival yang akan digelar selama bulan September di Kings Park and Botanic Garden ini juga menawarkan keseruan lain seperti lokakarya, live music, art exhibitions, science seminars, dan banyak lainnya. Acara ini gratis tanpa dipungut biaya.
Seru bukan? Jadi tunggu apalagi! Yuk, ke Australia Barat karena #AdventureAwaits You! Dan nikmati perjalanan tanpa karantina ke Perth, Australia Barat, untuk pelaku perjalanan yang telah divaksinasi penuh bersama Singapore Airlines. Kunjungi bit.ly/SQPerth untuk harga menarik dan informasi jadwal selengkapnya.
Untuk informasi lengkap mengenai destinasi wisata lainnya di Australia Barat, segera kunjungi laman resmi Tourism Western Australia di sini.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Tourism Western Australia
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten