kumparan
18 Juni 2018 17:02

Menengok Danau Ranau yang Jadi Primadona saat Libur Lebaran

Danau Ranau, Sumatera Selatan (Foto: Flickr/Wandi Hardian)
Sebagian besar destinasi wisata yang ramah keluarga pasti ramai pengunjung pada libur Lebaran ini, termasuk Danau Ranau. Danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba itu padat oleh wisatawan dari berbagai daerah.
ADVERTISEMENT
Danau yang terletak di Kecamatan Banding Agung, Kabupaten Ogan Komering Ulu (Oku) Selatan, Sumatera Selatan ini memiliki luas mencapai 125,9 km dengan latar belakang Gunung Seminung yang tampak mengapung di atas air danau yang tenang. Panorama yang disajikan bagai lukisan.
Loading Instagram...
Fitri Yanti, pengunjung dari Palembang, rela berkendara dengan keluarganya selama tujuh jam untuk mencapai Danau Ranau. Sudah dua lebaran berturut-turut ia menyempatkan waktu untuk plesir ke danau cantik itu.
"Ramainya pengunjung sama seperti saat kami berkunjung di hari ketiga lebaran Idulfitri tahun kemarin. Sejak dua tahun terakhir saya bersama keluarga berlibur ke Danau Ranau karena pemandangan menakjubkan dan masih alami," paparnya, seperti dikutip ANTARA.
Perahu wisata di Danau Ranau (Foto: Flickr/b.b.l.a.c.k.y)
Danau Ranau juga memiliki pulau kecil di tengah areanya. Pulau itu dinamakan Pulau Marisa. Di kawasan Danau Ranau juga terdapat air terjun dan sumber pemandian air panas alami yang layak dicoba.
ADVERTISEMENT
Untuk menuju Pulau Marisa dan berkeliling Danau Ranau, pengunjung dapat menyewa perahu yang disewakan sekitar Rp 300 ribu. Perahu itu berkapasitas 8-10 orang. Jika ingin aktivitas yang lebih menantang, kamu bisa menjajal jetski dan banana boat yang disediakan di Danau Ranau.
Loading Instagram...
Karena panoramanya yang indah dan fasilitas yang cukup lengkap, Danau Ranau menjadi destinasi wisata andalan Sumatera Selatan dan Lampung. Letak danau itu pun berada di perbatasan dua provinsi tersebut.
Saking banyaknya pengunjung, sempat terjadi kemacetan lalu lintas dari Dermaga Banding Agung hingga Villa Pusri yang berada di pinggiran danau. Namun pihak Dinas Perhubungan Oku Selatan segera turun ke lapangan dan mengurai kemacetan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan