kumparan
16 November 2017 17:08

Menikmati Berselancar di Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Pulau Bali sudah lekat di kepala para penikmat olahraga surfing atau berselancar. Namun, destinasi berselancar Indonesia tidak terbatas di Bali saja. Berbatasan langsung dengan Pulau Bali, Kabupaten Banyuwangi juga memiliki pantai indah yang cocok dijadikan lokasi untuk berselancar, yakni Pantai Pulau Merah.
ADVERTISEMENT
Pantai Pulau Merah berlokasi di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Di pantai ini, tinggi ombak dapat mencapai tiga hingga lima meter dengan panjang bibir pantai 400 meter sehingga sangat pas dijadikan lokasi berselancar terutama bagi peselancar pemula.
Pantai Pulau Merah Banyuwangi
Pantai Pulau Merah Banyuwangi (Foto: Joseph Pradipta/kumparan)
Hal itu jugalah yang membuat Shara, wisatawan asal Belanda, memilih Pantai Pulau Merah sebagai destinasi wisatanya di Indonesia.
"Saya baru kali ini datang ke Banyuwangi dan ternyata tidak kalah dengan Bali dan Lombok," ujar Shara dalam bahasa Indonesia patah-patah.
Shara menghabiskan waktu selama tiga minggu di Indonesia. Banyuwangi menjadi destinasi terakhirnya sebelum kembali ke Belanda.
"Sudah tiga hari ini di Banyuwangi, sebelumnya dari Bali dan Lombok," katanya.
Hal senada dikatakan oleh Soni, seorang pelatih selancar asal Banyuwangi.
ADVERTISEMENT
"Saya ngajar surfing juga di Bali, ini bagus ombaknya. Bagus banget buat yang mau belajar karena tidak terlalu tinggi tapi kerasnya (ombak) cukup," kata Soni.
Pantai Pulau Merah Banyuwangi
Pantai Pulau Merah Banyuwangi (Foto: Joseph Pradipta/kumparan)
Menurut Soni, Pantai Pulau Merah memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan Pantai Plengkung atau G-Land. Di Banyuwangi selain Pantai Pulau Merah, Pantai Plengkung juga populer dijadikan tempat berselancar.
"Kalau Plengkung itu lebih cocok buat yang profesional karena di sini (Pantai Pulau Merah) ombaknya lebih landai," tutur Soni.
Bagi para pengunjung yang ingin mencoba rasanya berselancar, disewakan juga papan selancar seharga Rp 70 ribu. Bila ingin menggunakan jasa pelatih, biaya yang harus dikeluarkan menjadi Rp 150 ribu.
"Sendiri tidak apa-apa kalau sudah bisa, tapi kalau belum bisa kan bahaya juga jadi sebaiknya ada yang mengawasi (pelatih)," ujar Soni.
Pantai Pulau Merah Banyuwangi
Pantai Pulau Merah Banyuwangi (Foto: Joseph Pradipta/kumparan)
Keberadaan Pantai Pulau Merah sebagai lokasi berselancar juga sudah diakui di dunia internasional. Pantai Pulau Merah sudah tiga kali menjadi tuan rumah kompetisi berselancar tingkat dunia, yakni Banyuwangi International Surfing Competion yang diadakan pada tahun 2013, 2014, dan 2015.
ADVERTISEMENT
Pesona Pantai Pulau Merah bukan hanya bagi para penikmat olahraga berselancar. Hamparan pasir putih sepanjang tiga kilometer dengan birunya air laut begitu terasa memanjakan mata. Keindahan belumlah surut, dari bibir pantai disuguhi pemandangan gunung yang berjajar.
Pantai Pulau Merah Banyuwangi
Pantai Pulau Merah Banyuwangi (Foto: Joseph Pradipta/kumparan)
Pantai Pulau Merah berjarak hampir 70 kilometer dari pusat kota Banyuwangi. Perjalanan yang ditempuh untuk mencapai Pantai Pulau Merah menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. Meski begitu, tidak perlu khawatir karena akses menuju Pantai Pulau Merah tidak sulit untuk dilewati.
Nama Pulau Merah berasal dari bukit hijau di tengah pantai yang dahulu memiliki tanah berwarna merah, sehingga disebut sebagai pulau merah.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan