kumparan

Metode Pembayaran Kredit Kini Makin Digemari Pemburu Tiket Mudik

Mudik 2018
Bus Putera Mulya (Foto: Cornelius Bintang/kumparan)
Mudik lebaran memang momen yang ditunggu-tunggu. Setelah puasa selama sebulan penuh, kita ingin segera pulang kampung dan bertemu keluarga besar. Namun, harga tiket pesawat yang melonjak hingga dua sampai tiga kali lipat menjadi hambatan bagi sebagian orang.
ADVERTISEMENT
Apalagi saat mudik kita seringnya membeli tiket dalam jumlah banyak, karena membawa serta anggota keluarga. Menurut survei Traveloka pada Mei 2018, sebanyak 62 persen orang yang berencana mudik pada lebaran 2018 ini akan pulang kampung bersama keluarga. Pasti pengeluaran akan membengkak.
Maka tak heran, banyak pemudik yang mengincar metode pembayaran kredit untuk membeli tiket pulang kampung. Hal itu diungkapkan oleh Busyra Oryza, Public Relations Manager Traveloka.
“Secara umum ada peningkatan jumlah pengguna yang memakai fitur pembayaran kredit. Sebab, memang didukung dengan jumlah pemesanan. Lebih enak trip dulu bayarnya nanti bisa belakangan,” papar Busyra, saat ditemui kumparanTRAVEL beberapa waktu lalu.
 Fitur PayLater pada aplikasi Traveloka
Fitur PayLater pada aplikasi Traveloka (Foto: dok: Traveloka)
Sebelumnya metode pembayaran kredit hanya bisa dilakukan pengguna yang memiliki kartu kredit dari bank-bank tertentu. Namun kini tanpa kartu kredit pun, pengguna Traveloka dapat menggunakan fitur PayLater untuk merencanakan perjalanan dengan metode pembayaran yang fleksibel.
ADVERTISEMENT
Fitur PayLater didukung oleh PT Pasar Dana Pinjaman (Danamas) sebagai salah satu pemegang lisensi peer-to-peer lending yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Lewat fitur ini, pengguna dapat membeli tiket perjalanan atau atraksi wisata untuk dibayar kemudian hari dalam jangka waktu 1-12 bulan.
“Fitur PayLater hadir sebagai opsi pembayaran yang baru tanpa biaya tersembunyi dan menawarkan beragam pilihan rencana angsuran. Fitur PayLater diharapkan dapat menjadi one-click payment solution bagi para pengguna,” papar Alvin Kumarga, Senior Vice President Financial Products Traveloka, dikutip dari keterangan resminya.
Mudik 2018
Bandara udara Abdul Rachman Saleh (Foto: Charles Brouwson/kumparan)
Menariknya, jika pengguna mengangsur dalam jangka 1-3 bulan, Traveloka tidak mengenakan bunga atau tambahan biaya cicilan. Sementara jika kamu memililh mengangsur dalam 6-12 bulan, bunga yang dikenakan adalah 2,14 persen per bulan.
ADVERTISEMENT
Untuk dapat menggunakan fitur PayLater, para pengguna Traveloka cukup mengisi formulir aplikasi dan mengunggah KTP, serta salah satu dokumen pendukung seperti SIM, BPJS, NPWP atau KK. Setelah aplikasi disetujui, pengguna akan mendapatkan limit kredit Rp 2 juta-10 juta untuk pembelian di Traveloka.
Saat ini, fitur ini dapat diakses melalui situs web Traveloka (hanya untuk produk tiket pesawat dan hotel), serta aplikasi Traveloka versi 2.19 ke atas jika digunakan untuk produk dan layanan Traveloka pada umumnya, termasuk tiket pesawat, hotel, bundling pesawat + hotel, tiket Kereta api, tiket bus dan travel, serta aktivitas & rekreasi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan