Food & Travel
·
7 Desember 2020 15:56

Mudahkan Perjalanan Internasional, Maskapai Dunia Rilis Kartu Kesehatan Digital

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mudahkan Perjalanan Internasional, Maskapai Dunia Rilis Kartu Kesehatan Digital  (28845)
Ilustrasi traveler di bandara menggunakan masker Foto: Shutterstock
Untuk memudahkan perjalanan internasional selama pandemi COVID-19, sebuah kartu kesehatan digital bernama CommonPass akan diluncurkan pada Desember ini.
ADVERTISEMENT
Beberapa maskapai penerbangan besar seperti JetBlue, Lufthansa, Swiss International Airlines, United Airlines, dan Virgin Atlantic turut serta dalam peluncuran tersebut.
Mudahkan Perjalanan Internasional, Maskapai Dunia Rilis Kartu Kesehatan Digital  (28846)
Ilustrasi pesawat Boeing. Foto: REUTERS/Lindsey Wasson
CommonPass diharapkan dapat memudahkan pengecekan kondisi kesehatan wisatawan di tiap negara dalam satu sistem yang saling terintegrasi.
Hal ini dikarenakan para petugas perbatasan cukup sulit untuk mempercayai hasil lab atau catatan vaksin dari negara lain karena sejumlah tantangan.
Mudahkan Perjalanan Internasional, Maskapai Dunia Rilis Kartu Kesehatan Digital  (28847)
Ilustrasi traveler perempuan menunggu di bandara Foto: Dok. Pegipegi
Beberapa di antaranya misalnya dokumen yang ditulis dengan bahasa asing hingga didapatkan dari lab yang tidak diketahui atau tidak tersertifikasi. Selain itu, adanya rasa kekhawatiran dari negara lain yang tetap harus mempertahankan larangan perjalanan dan karantina di masa pandemi.
Untuk itu, melalui aplikasi yang dibuat oleh Commons Project Foundation dan World Economic Forum ini para pengguna dapat mengakses hasil lab dan catatan vaksin mereka.
ADVERTISEMENT
Kartu kesehatan ini nantinya memungkinkan mereka membawa hasil tes COVID-19 dalam format yang distandarkan dan mudah dikenali para petugas.
Tidak hanya itu, CommonPass juga akan memungkinkan negara-negara untuk membuka kembali perbatasan mereka secara hati-hati.
Sebelumnya, penerapan CommonPass ini telah diuji pada penerbangan bebas COVID-19 milik United Airlines dari New York ke London.
Kini, Jetblue, Lufthansa, Swiss International Airlines, United Airlines, dan Virgin Atlantic akan mulai meluncurkan aplikasi CommonPass pada penerbangan tertentu dari New York, Boston, London, dan Hong Kong.
Penerapan secara meluas rencananya akan dilakukan pada awal 2021.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)