Food & Travel
·
7 Agustus 2020 11:54

Muhammad Al-Amin, Masjid Menyerupai Hagia Sophia yang Hancur Oleh Ledakan Beirut

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Muhammad Al-Amin, Masjid Menyerupai Hagia Sophia yang Hancur Oleh Ledakan Beirut (217212)
Masjid Muhammad Al-Amin, Beirut Foto: Shutter stock
Ledakan di Beirut, Lebanon, menyisakan pilu dan kesedihan yang teramat dalam. Ledakan dahsyat yang terjadi di ibu kota Lebanon, Beirut, pada Selasa (4/8) telah menghantam bangunan, gedung bertingkat, dan menelan ratusan korban jiwa.
ADVERTISEMENT
Ledakan itu juga turut meluluh lantahkan Masjid Muhammad Al-Amin, yang menjadi ikon kota Beirut. Masjid Muhammad Al-Amin yang dikenal sebagai Masjid Biru, rusak parah dalam ledakan yang berasal dari 2.750 ton amonium nitrat tersebut.
Dilansir Lonely Planet, masjid Muhammad Al-Amin merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Beirut. Masjid yang menjadi landmark utama Beirut ini merupakan masjid terbesar di Lebanon.
Masjid yang memiliki kubah berwarna biru itu dibuka pada tahun 2008 dan memiliki empat menara setinggi 65 meter. Masjid Muhammad Al-Amin pertama kali didirikan oleh mantan Perdana Menteri Lebanon Rafiq Hariri, pada 2003.
Muhammad Al-Amin, Masjid Menyerupai Hagia Sophia yang Hancur Oleh Ledakan Beirut (217213)
Masjid Muhammad Al-Amin, Beirut Foto: Shutter stock
Arsitek masjid Muhammad al-Amin, Azmi Fakhuri, merancang bangunan masjid kenamaan Lebanon ini mengikuti gaya arsitektur Ottoman. Masjid yang awalnya sebuah tempat majelis (zawiya) itu kini terkenal lantaran menyerupai bangunan khas Turki, Hagia Sophia, di Istanbul.
ADVERTISEMENT
Bentuk keempat menara yang menjulang di tiap empat sudutnya meniru gaya masjid-masjid Turki Ottoman, yakni menyerupai pensil raksasa. Tidak hanya itu, podium masjid ini terbuat dari kayu dengan ukiran yang khas Ottoman.
Muhammad Al-Amin, Masjid Menyerupai Hagia Sophia yang Hancur Oleh Ledakan Beirut (217214)
Masjid Muhammad Al-Amin, Beirut Foto: Shutter stock
Luas bangunan ini sekitar 11 ribu meter persegi. Kubah berwarna birunya setinggi 48 meter. Empat menara di tiap sudutnya masing-masing setinggi 65 meter. Masjid ini menjadi salah satu bangunan khas ibu kota Lebanon.
Bangunan Masjid Muhammad al-Amin terdiri atas empat lantai. Masjid ini didominasi warna krem cerah kecokelatan. Selain mengikuti gaya Ottoman, arsitektur masjid juga mengikuti kesultanan Mamluk Mesir.
Muhammad Al-Amin, Masjid Menyerupai Hagia Sophia yang Hancur Oleh Ledakan Beirut (217215)
Masjid Muhammad Al-Amin, Beirut Foto: Shutter stock
Rafik Hariri yang terbunuh pada 14 Februari 2005 silam berperan penting dalam proyek tersebut dan dimakamkan di masjid ini. Aula utama masjid mampu menampung 3.700 jemaah.
ADVERTISEMENT
Masjid Muhammad Al-Amin terletak tidak jauh dari Laut Mediterania, dan menghadap Monumen Martir, pahlawan kemerdekaan Lebanon.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).