Food & Travel16 Mei 2020 12:27

Mulai 1 Juni, AirAsia Kembali Buka Rute Penerbangan Domestik dan Internasional

Konten Redaksi kumparan
Mulai 1 Juni, AirAsia Kembali Buka Rute Penerbangan Domestik dan Internasional  (803964)
Maskapai AirAsia Foto: Shutter Stock
Per 1 Juni 2020 mendatang, maskapai AirAsia akan kembali terbang melayani rute domestik dan internasional. Dalam keterangan resminya, AirAsia mengatakan pengoperasian penerbangan akan dibuka pada rute tertentu saja.
ADVERTISEMENT
Penerbangan Kuala Lumpur menuju Surabaya dan Johor Bahru menuju Surabaya yang semula dijadwalkan beroperasi secara terbatas mulai 18 Mei 2020, ditunda untuk sementara waktu. Hal tersebut dilakukan dengan alasan operasional dan perpanjangan masa pembatasan sosial di beberapa wilayah.
"Calon penumpang yang terdampak oleh perubahan ini telah menerima pemberitahuan pembatalan beserta informasi pilihan kompensasi melalui email dan pesan singkat yang terdaftar saat pembelian tiket," tulis AirAsia Indonesia dalam keterangan resmi, Jumat (15/5).
Mulai 1 Juni, AirAsia Kembali Buka Rute Penerbangan Domestik dan Internasional  (803965)
Pesawat udara parkir di Apron Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (7/3/2019). Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Selain itu, maskapai penerbangan asal Malaysia ini juga mengimbau seluruh calon penumpang yang akan melakukan penerbangan selalu memperhatikan dan memenuhi persyaratan kesehatan, imigrasi serta pembatasan perjalanan yang ditetapkan oleh otoritas wilayah negara asal maupun tujuan.
Untuk mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19, AirAsia telah menerapkan berbagai langkah untuk menjaga kesehatan dan memberikan kenyamanan kepada penumpang dan awak kabin.
ADVERTISEMENT
Selama penerbangan, seluruh penumpang diwajibkan menggunakan masker, mulai proses check-in, masuk ke pesawat, hingga pengambilan bagasi saat tiba di bandara tujuan.
Mulai 1 Juni, AirAsia Kembali Buka Rute Penerbangan Domestik dan Internasional  (803966)
com-Maskapai AirAsia. Foto: Shutterstock
Penumpang juga diharapkan membawa alat perlindungan diri (APD) cadangan, seperti masker cadangan, cairan pembersih tangan, dan mengikuti ketentuan bagasi kabin AirAsia terbaru.
Terkait prosedur kesehatan baru, calon penumpang diminta untuk tiba 3 jam sebelum jadwal keberangkatan untuk menghindari kepadatan antrian sehubungan adanya pemeriksaan kesehatan. Begitu juga terkait perubahan tempat check in selama Pandemik Covid-19 yang kemungkinan berubah.
Semua calon penumpang juga disarankan untuk memastikan kembali terminal keberangkatannya. Hal tersebut lantaran adanya perubahan terminal sementara untuk penerbangan domestik maupun internasional di beberapa bandara.
---------------
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
ADVERTISEMENT
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.