Food & Travel
·
25 Februari 2019 20:55

Naik Scoot Bisa Terbang Murah dari Jakarta untuk Umrah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Naik Scoot Bisa Terbang Murah dari Jakarta untuk Umrah (36023)
Pesawat Dreamliner 787 yang digunakan ke Jeddah. Foto: Rachmadin Ismail/kumparan
Ibadah umrah kian diminati setiap tahunnya. Waktu yang lebih fleksibel, serta bisa dilakukan kapan saja, menjadi daya tarik tersendiri bagi umat muslim yang ingin ke Tanah Suci.
ADVERTISEMENT
Melihat animo masyarakat Indonesia yang begitu besar, Scoot, sebuah maskapai penerbangan bertarif rendah (low cost carrier-LCC) menawarkan pengalaman terbang dengan harga terjangkau untuk jemaah umrah dari Indonesia ke Jeddah, Arab Saudi, via Singapura.
Harga tiket pulang pergi yang ditawarkan mulai Rp 10 juta untuk kelas Economy FLY. Sementara itu, Scoot menawarkan harga Rp 18 juta untuk kelas ScootBiz atau kabin campuran. Harga tersebut telah diperbarui per 23 Februari 2019.
“Kami melihat potensi penerbangan umrah di Indonesia. Rute Scoot ke Jeddah memberi lebih banyak pilihan kepada jemaah yang mencari pengalaman terbang yang berbeda dengan semua anggaran, baik anggaran terbatas maupun anggaran lebih besar,” kata Vinod Kannan, Chief Commercial Officer Scoot.
Naik Scoot Bisa Terbang Murah dari Jakarta untuk Umrah (36024)
Pesawat Scoot di Bandara Soekarno-Hatta. Foto: Rachmadin Ismail/kumparan
Maskapai milik Singapore Airlines Group (SIA) itu terbang dari lima kota besar di Indonesia yakni dari Jakarta, Denpasar, Surabaya, Pelembang, dan Pekanbaru. Di tahun 2020, rencananya Scoot akan menambah enam kota lainnya, yaitu Lombok, Makassar, Manado, Semarang, dan Yogyakarta. Sejak 2016, Scoot telah melayani 110.000 penumpang dari Indonesia yang ingin ke Jeddah
ADVERTISEMENT
Dalam melayani rute penerbangan Singapura-Jeddah, Scoot merupakan satu-satunya LCC yang melayani jemaah umrah Indonesia dengan transit di Bandara Changi Singapura. Jadwal penerbangan ke Tanah Suci dijadwalkan sebanyak 3 kali dalam seminggu menggunakan pesawat Boeing 787 Dreamliner.
Dalam sekali perjalanan dari Jakarta ke Singapura, Scoot membutuhkan waktu sekitar 1 jam 55 menit. Nantinya dari Singapura, penumpang akan terbang ke Jeddah selama 9 jam 50 menit.
Naik Scoot Bisa Terbang Murah dari Jakarta untuk Umrah (36025)
Suasana kabin di pesawat Scoot menuju Jeddah. Foto: Rachmadin Ismail/kumparan
Menariknya, meski termasuk maskapai LCC, fasilitas yang disediakan untuk penumpang jemaah umrah cukup menggiurkan. Selain kabin yang luas, nyaman, tak berisik, dan kompartemen lebih besar, para penumpang juga dapat menikmati fasilitas tambahan seperti membeli konektivitas Wi-Fi dapat penerbangan berlangsung.
Harganya pun relatif bersaing. Misal untuk pembelian kuota wifi sebesar 20 mb dikenakan biaya Rp 74.000. Jika ingin mendapat kuota 200 MB, penumpang dapat merogoh kocek Rp 431.000.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya itu, fasilitas lain yang disediakan Scoot adalah stop kontak saluran listrik di kursi, makanan hangat, ringan, hingga minuman dari Scoot Cafe yang terus diperbarui. Penumpang juga dapat menikmati ScooThru, yakni sebuah fasilitas berupa konektivitas tanpa hambatan antara Indonesia, Singapura, dan Arab Saudi.
Melalui fasilitas tersebut, penumpang tidak perlu lagi repot-repot melewati imigrasi dan check-in pada saat transit di Singapura. Melalui ScooThru, bagasi check-in akan langsung diangkut ke tujuan terakhir. Scoot pun menjamin apabila terjadi delay yang menyebabkan penumpang ketinggalan penerbangan lanjutan, maka penumpang akan diberangkatkan dengan penerbangan berikutnya tanpa biaya tambahan.
Naik Scoot Bisa Terbang Murah dari Jakarta untuk Umrah (36026)
Makanan kabin di pesawat Scoot menuju Jeddah. Foto: Rachmadin Ismail/kumparan
Khusus untuk kelas ScootBiz (kabin campuran), Scoot menawarkan pengalaman terbang yang lebih eksklusif dan nyaman. Dalam penerbangan antara Indonesia dan Singapura yang dioperasikan oleh pesawat berbadan sempit (narrow-body) Airbus A320, penumpang berhak untuk memilih kursi, jatah bagasi check-in 30 kg, jatah bagasi kabin 10 kg, makanan dan minuman, serta check-in dan boarding prioritas.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, penerbangan antara Singapura dan Jeddah yang dioperasikan oleh pesawat berbadan lebar (wide-body) Boeing 787 Dreamliner, penumpang ScootBiz dapat menikmati kursi kulit dengan ruang kaki dobel, layanan hiburan streaming, makanan dan minuman, stopkontak saluran listrik di kursi, serta check-in dan boarding prioritas.
Lalu bagaimana agar bisa terbang ke Tanah Suci bersama Scoot?
Penumpang yang ingin ke Tanah Suci harus memiliki visa terlebih dahulu. Setelah itu, penumpang dapat memesan tiket melalui situs FlyScoot.com.
Scoot juga menawarkan produk full-service untuk pemesanan grup rute Jeddah antara lain kursi standar, jatah bagasi check-in 30 kg, jatah bagasi kabin sampai 10 kg, makanan hangat dan makanan ringan bersertifikat halal, selimut, dan jatah bagasi air zamzam 5 kg.
Naik Scoot Bisa Terbang Murah dari Jakarta untuk Umrah (36027)
Pesawat Scoot dari Jakarta saat mendarat di Singapura. Foto: Rachmadin Ismail/kumparan
Penumpang dapat memilih berbagai kursi seperti zona hening Scootin Silence yang hanya untuk penumpang berusia 12 tahun ke atas, dan Stretch dengan ruang kaki lebih lega. Untuk mengakomodasi kebutuhan jemaah umrah, jemaah yang terbang dari Jeddah mendapat jatah bagasi air zamzam 5 kg, serta akan mendapat pemberitahuan saat pesawat melintasi miqat.
ADVERTISEMENT
Scoot telah bermitra dengan lebih dari 100 agen perjalanan lokal di Indonesia, sehingga penumpang lebih leluasa memilih beragam paket perjalanan yang kompetitif dengan Scoot. Scoot telah menunjuk agen penjualan lokal, PT Novena Aviation, sejak tahun 2017.
Salah satu paket perjalanan yang ditawarkan adalah paket umrah. Dalam paket tersebut, tiket penerbangan dan akomodasi selama di Tanah Suci sudah termasuk di dalamnya. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 19,5 juta.
Saat ini kumparan dan sejumlah jurnalis lain sedang mengikuti undangan Scoot bersama Zamzam Wisata untuk umrah selama 9 hari. Nantikan laporan pengalaman terbang bersama Scoot dan umrah bersama Zamzam wisata dalam artikel selanjutnya.