kumparan
11 September 2019 14:00

Penginapan di Vietnam Ini Ajak Kamu 'Terjebak' Dalam Dunia Fantasi

Crazy House Foto: Shutter Stock
Selain berkunjung ke destinasi wisata, menginap di hotel yang punya bangunan unik tentu menjadi cara untuk mendapatkan sensasi pengalaman liburan yang berbeda. Apalagi jika kamu menginap di salah satu hotel unik yang ada di Kota Da Lat, Vietnam ini.
ADVERTISEMENT
Bernama Crazy House atau Rumah Gila, penginapan ini memiliki desain bangunan yang tak biasa layaknya di dunia fantasi. Dilansir CNN, Crazy House atau dikenal dengan Hang Nga Villa itu sebetulnya penginapan yang mengusung konsep alam, karena beberapa kamarnya memiliki berupa batang pohon hingga sarang laba-laba.
Crazy House Foto: Shutter Stock
Namun, bentuknya memang agak absurd, dengan jendela yang tak berbentuk persegi seperti kebanyakan bangunan 'normal' lainnya. Meskipun demikian, di sini kamu bisa menjumpai labirin dengan tangga berbentuk spiral, kamar yang didesain dengan berbagai ukiran hingga menyerupai kastil.
Penginapan unik tersebut didirikan pada tahun 1990 dan didesain oleh arsitek Vietnam bernama Dang Viet Nga. Pria 79 tahun tersebut mengungkapkan Crazy House adalah ekspresi tertinggi imajinasinya.
"Crazy House merupakan puncak dari kreativitas dan juga hidup saya. Semuanya menyatu dalam struktur ini. Saya ingin menciptakan sesuatu yang orisinil dan berbeda dari apa pun di dunia," kata Dag Viet Nga.
Crazy House Foto: Shutter Stock
Desainnya memang sengaja dibuat nyentrik, sesuai dengan impian sang arsitek. Kalau dilihat-lihat, mirip dengan bangunan yang didesain oleh Antoni Gaudi.
ADVERTISEMENT
Dang Viet Nga memang terinspirasi dari arsitek kenamaan itu. Dang juga mengatakan rumah ini tidak memiliki sudut siku-siku, melainkan bentuk organik yang dirancang untuk mencerminkan unsur-unsur alamiah.
"Saya merasakan bahwa selama seabad terakhir, manusia telah benar-benar menghancurkan alam. Tidak hanya di Vietnam, tetapi di seluruh dunia. Jadi saya ingin membuat struktur yang membuat orang lebih dekat dengan alam," lanjut Dang Viet Nga.
Bahkan, salah satu bangunan kamar di Crazy House yang terletak di halaman terbuka dan dikelilingi oleh empat pohon besar tampak mirip dengan rumah yang ada di cerita dongeng terkenal dari Jerman, yaitu "Hansel dan Gretel".
Crazy House Foto: Shutter Stock
Crazy House sendiri memiliki 10 kamar yang bisa disewa oleh para tamu. Semua kamarnya memiliki tema-tema tertentu, mulai dari kehidupan bawah laut, fantasi hutan alam liar, hingga kamar yang berbentuk seperti rumah pohon.
ADVERTISEMENT
Dengan bentuknya yang tak biasa, awalnya banyak yang menganggapnya terlalu aneh. Tapi lama kelamaan, turis-turis dari berbagai negara tertarik juga untuk menginap di sana.
Ke depannya, penambahan kamar di Crazy House masih terus dilakukan. Saat ini sang arsitek tengah merencanakan untuk membuat sebuah taman baru, yaitu Land Garden dan Sky Garden guna menambah lebih banyak tanaman hijau dan bunga, serta rumah pohon lainnya.
"Crazy House tidak akan pernah benar-benar selesai. Ini seperti makhluk hidup. Itu selalu berubah," pungkas Dang Viet Nga.
Tertarik untuk menginap di Crazy House?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan