kumparan
9 Februari 2018 8:59

Rekomendasi 5 Floating Market yang Wajib Kamu Kunjungi di Thailand

Pasar apung Damnoen Saduak di Thailand
Pasar apung Damnoen Saduak di Thailand (Foto: Flickr/Colin Tsoi)
Saat berkunjung ke Negara Gajah Putih, tak lengkap rasanya jika melewatkan floating market atau pasar apung yang tersebar di sana. Tak perlu jauh-jauh, kamu bisa menemukan pasar apung ini di sungai-sungai atau kanal air di sekitar Bangkok.
ADVERTISEMENT
Selain menemukan barang yang dijual dengan harga menarik, kamu akan merasakan sensasi berbelanja ala warga lokal Thailand. Ya, pasar adalah tempat kamu harus tuju untuk mengamati, memahami, dan berbaur dengan budaya setempat.
Berikut lima floating market di Thailand yang bisa kamu kunjungi, seperti dilansir Travelvui:
1. Damnoen Saduak Floating Market
Loading Instagram...
Damnoen Saduak adalah pasar apung paling tua di Bangkok dan didirikan sejak 1866. Karena sangat terkenal, tak heran jika floating market ini yang paling banyak dikunjungi turis mancanegara. Jaraknya lumayan jauh dari pusat Bangkok, yakni sekitar 110 km. Jadi kamu harus bangun pagi, ya!
Damnoen Saduak menjual buah-buahan, makanan lokal, pakaian, souvenir, dan lain-lain. Karena sangat berorientasi pada turis, tak jarang kamu akan diberi harga tinggi. Harga barang di Damnoen Saduak berkisar 200-800 Baht atau senilai Rp 90-360 ribu, jadi jangan sungkan untuk menawar.
ADVERTISEMENT
2. Amphawa Floating Market
Loading Instagram...
Kalau Damnoen Saduak terlalu jauh untukmu, Amphawa bisa jadi alternatif. Pasar apung Amphawa hanya berjarak 50 km pusat Kota Bangkok. Suasana pasar ini sangat otentik. Kamu bisa melihat rumah-rumah kayu berjajar di sepanjang tepi kanal.
Kamu bisa membeli pakaian, kerajinan tangan, hingga permen di Pasar Amphawa. Sebaiknya datang pagi sebelum jam 9.00, karena setelahnya pasti sangat ramai. Puas berbelanja, jangan lupa mampir ke kuil Wat Bang Koong yang terkenal di seberang sungai.
3. Talin Chan Floating Market
Loading Instagram...
Pasar apung satu ini benar-benar dekat dengan pusat Kota Bangkok, yakni hanya berjarak 12 km. Meski lebih kecil daripada Damnoen dan Amphawa, pasar Talin Chan menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menikmati makanan tradisional khas Thailand, ditemani alunan musik etnik. Asyik!
ADVERTISEMENT
Di Talin Chan, kamu bisa membeli seafood, dekorasi rumah, hingga tanaman. Jika kamu benci keramaian, datanglah sebelum pukul 10.00 waktu setempat.
4. Khlong Lat Mayom Floating Market
Loading Instagram...
Ingin lebih intens berinteraksi dengan warga lokal Thailand? Kunjungilah pasar apung Khlong Lat Mayom yang hanya berjarak 15 km dari pusat Kota Bangkok. Selain menyusuri sungai dengan perahu, kamu juga bisa naik ke kampung warga yang akan menyambutmu ramah.
Makanan tradisional adalah andalan pasar Khlong Lat Mayom. Mulai dari gai galae, pla pao, mie mungben, dan lain-lain bisa kamu beli di sana. Pastikan kamu datang dengan perut lapar, ya!
5. Bang Nam Pheung Floating Market
Loading Instagram...
Pasar apung Bang Nam Pheung adalah salah satu yang terdekat dari pusat kota, yakni sekitar 20 km. Meski kecil, pasar ini mudah diakses dan menawarkan banyak makanan tradisional. Bang Nam Pheung cocok bagi kamu yang ingin wisata kuliner serta melebur dengan budaya Thai yang eksotik.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan