Penerapan PSBB di Bandung
18 April 2021 15:15

Rekomendasi 5 Tempat Nongkrong Asyik untuk Ngabuburit di Bandung

Rekomendasi 5 Tempat Nongkrong Asyik untuk Ngabuburit di Bandung (7296)
searchPerbesar
Suasana alun-alun dan Masjid Raya Kota Bandung di Jawa Barat, Sabtu (18/4/2020). Foto: Antara/Agung Rajasa
Bulan Ramadhan menjadi bulan yang selalu ditunggu umat Islam setiap tahunnya. Saat memasuki bulan Ramadhan, masyarakat berlomba-lomba untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, bulan Ramadhan juga identik dengan kuliner atau takjil yang selalu dicari setiap menjelang berbuka puasa. Biasanya, masyarakat akan mencari takjil sekaligus ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa tiba.
Salah satu kota favorit wisatawan yang juga terkenal dengan takjil hingga tempat ngabuburit yang menarik adalah Bandung. Untuk itu, berikut kumparan rangkum lima tempat ngabuburit seru di Bandung.

1. Alun-Alun Kota Bandung

Rekomendasi 5 Tempat Nongkrong Asyik untuk Ngabuburit di Bandung (7297)
searchPerbesar
Suasana Alun-alun Kota Bandung jelang penerapan PSBB. Foto: Dok. Rachmadi Rasyad
Tentu saja Alun-alun tidak boleh luput dari list lokasi ngabuburitmu di Bandung. Alun-alun ini merupakan sebuah hamparan karpet sintetis yang mirip rumput yang digelar di halaman Masjid Agung Kota Bandung.
Lokasi ini cocok untuk menunggu waktu berbuka, sambil mendengarkan ceramah dan ayat suci Al-Qur'an dari Masjid Agung Kota Bandung.
ADVERTISEMENT

2. Situ Patenggang

Kamu yang berdomisili di Bandung Selatan, Situ Patenggang bisa menjadi pilihan sebagai tempat ngabuburit yang seru dan asik. Tempat ini bisa menjadi lokasi untuk menghabiskan waktu sebelum berbuka puasa.
Saat mengunjungi tempat ini, di jamin waktu puasa tak terasa karena suguhan panorama yang indah, dengan perahu kecil yang bisa digunakan untuk menyusuri sungai. Tiket masuk Situ Patenggang dibanderol sebesar Rp 18 ribu per orang.
Di sini sudah dilengkapi juga dengan berbagai fasilitas yang akan memudahkanmu, seperti toilet, mushola, tempat menginap, dan juga gazebo sebagai tempat bersantai.

3. Taman Jomblo

Menjadi salah satu landmark Kota Bandung, taman ini memang diperuntukkan untuk kamu para jomblowan dan jomblowati. Taman ini walaupun kecil, tapi cukup nyaman jika dikunjungi sendirian.
ADVERTISEMENT
Di Taman Jomblo kamu juga bisa mengakses internet gratis dan menonton pemuda-pemudi Kota Bandung dari komunitas skateboard dan sepatu roda yang sedang beratraksi.

4. Babakan Siliwangi

Tempat terbuka hijau adalah pilihan yang tepat untuk ngabuburit di Kota Bandung. Salah satunya Hutan Kota Babakan Siliwangi, yang memiliki forest walk yang membentang sehingga memudahkan kamu untuk menikmati keindahan hutan kota ini.
Di tengah forest walk akan banyak tempat duduk, jadi jika kelelahan kamu tidak perlu bingung mencari tempat istirahat. Di hutan kota ini kamu juga akan melihat tupai dan burung yang berkeliaran di sore hari, lho.

5. Lapangan Gasibu dan Gedung Sate

Lapangan yang menjadi favorit anak muda Bandung ini merupakan salah satu tempat favorit untuk ngabuburit. Anak-anak muda biasanya berkumpul di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat.
ADVERTISEMENT
Jika tidak hujan, lapangan Gasibu dan monumen penuh dengan aksi ketangkasan sepeda motor, di lokasi ini juga dekat dengan lokasi wisata kuliner. Tapi pastikan kamu tetap menjaga jarak dan menghindari kerumunan saat mengunjungi Gasibu ini, ya!
Laporan Willa Wahyuni