kumparan
26 Januari 2018 19:24

Rekomendasi 7 Lokasi Terbaik untuk Melihat Cantiknya Aurora

Ilustrasi aurora (Foto: Pixabay)
Aurora merupakan fenomena alam yang menyerupai biasan cahaya berwarna-warni yang menyala pada langit berbintang. Fenomena aurora tersebut biasanya terjadi pada negara-negara yang terletak di dekat kutub utara dan kutub selatan.
ADVERTISEMENT
Namun, terdapat sejumlah lokasi yang menyuguhkan panorama aurora terbaik. Di mana saja?
Berikut kumparan (kumparan.com) rangkum tujuh lokasi aurora terbaik di dunia.
1. Northern Lights, Juneau, Alaska
Northern Lights merupakan destinasi pertama yang paling menarik untuk menikmati aurora di Alaska. Wilayah yang terletak 32 km dari Fairbanks ini, menawarkan panorama Aurora Borealis yang memanjakan mata.
Jika kamu ingin berkunjung ke Northern Lights, sebaiknya datang pada bulan Maret hingga April. Di bulan-bulan tersebut, warna aurora akan semakin terang.
2. Saariselkae, Finlandia
Saariselkae yang terletak di Lapland, bagian utara Finlandia adalah tempat yang tak kalah indah untuk menikmati aurora. Negara ini merupakan negara dengan angka polusi yang kecil.
Dengan keadaan ini, langit utara Finlandia mampu mempesona para turis dengan menyajikan aurora yang luar biasa selama sekitar 200 malam dalam setahun. Selain menikmati aurora, kamu juga bisa menaiki kereta salju yang ditarik rusa, mengemudikan mobil salju, atau menonton kawanan anjing husky.
ADVERTISEMENT
Bulan-bulan terbaik mengunjungi Saariselkae adalah sekitar November sampai Maret. Khususnya pada saat udara bersahabat dan langit cukup bersih.
3. Sturgeon Falls, Ontario, Kanada
Di Ontario, kamu akan diajak tenggelam dalam indahnya cahaya aurora langit utara Kanada. Selain itu, di tempat ini kamu bisa memancing, menaiki kereta salju, bermain ski, atau menyewa kabin kayu yang terletak di dekat danau. Jika kamu tertarik mengunjunginya, datanglah pada bulan Agustus hingga akhir April.
4. Tromso, Norwegia
Ada beberapa kota di Norwegia yang menawarkan pemandangan aurora, salah satunya adalah Tromso.
Tromso terletak 571 km dari utara Arctic Line, lebih utara dari pantai utara Alaska dan Islandia. Di lokasi ini, kamu bisa menyaksikan cantiknya Aurora Borealis.
ADVERTISEMENT
Jika ingin datang ke tempat eksotis ini, datanglah pada bulan Januari. Pastikan membawa pakaian tebal yang cukup, karena udara di Tromso terkenal cukup ekstrem.
5. Reykjavik, Islandia
Bertempat di Kota Reykjavik, daerah ini menyediakan beberapa tur yang bisa kamu pilih untuk menikmati panorama aurora. Selain menikmati aurora, kamu juga bisa melakukan aktivitas menarik lainnya, seperti bermain salju atau ski.
Untuk mendapatkan pemandangan aurora yang indah, kamu dapat berkunjung ke Reykjavik pada bulan September sampai Maret.
6. Yellowknife, Kanada
Selain di Ontario, Yellowknife juga termasuk ke dalam salah satu wilayah lain di Kanada yang juga menyajikan aurora memukau.
Di Yellowknife, kamu akan ditawarkan pengalaman menyaksikan aurora sambil berkemah ala suku Indian. Tak perlu khawatir kedinginan, tempat kemping tersebut akan menyediakan fasilitas kemah, mulai dari selimut, penghangat, hingga kursi-kursi untuk menyaksikan fenomena aurora.
ADVERTISEMENT
7. Kangerlussuaq, Greenland
Spot terakhir untuk menyaksikan aurora adalah Kangerlussuaq, Greenland. Di tempat ini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan aurora kehijauan di langit yang bersih.
Jika berniat ke tempat ini, datang saja antara bulan Oktober hingga Agustus. Karena di bulan-bulan tersebut, aurora di Kangerlussuaq akan semakin bersinar dengan indahnya.
Tertarik mengunjunginya?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan