kumparan
22 November 2018 17:31

Scoot Akan Segera Ambil Alih Rute Penerbangan SilkAir

Ilustrasi pesawat maskapai Scoot Airlines. (Foto: Wikimedia Commons)
Scoot, salah satu maskapai bertarif rendah yang berbasis di Singapura akan segera mengambil alih sebagian rute SilkAir selama dua tahun ke depan. Langkah ini diambil menjelang penggabungan operasional maskapai SilkAir ke Singapore Airlines (SIA).
ADVERTISEMENT
Berdasarkan keterangan resmi yang diterima kumparanTRAVEL, Scoot juga akan memindahkan sejumlah layanannya ke beberapa destinasi yang sudah dilayani oleh Singapore Airlines dan SilkAir. Perubahan ini direncanakan dapat berlangsung pada pertengahan April 2019 dan semester ke dua 2020.
Selain itu, SilkAir juga akan mengubah rute Mandalay menjadi layanan penerbangan musiman. Layanan yang ada saat ini akan berakhir pada Maret 2019 dan beroperasi lagi pada November 2019 hingga Januari 2020. Sementara, Scoot akan menghentikan layanan penerbangan ke Honolulu mulai Juni 2019, karena melemahnya permintaan pelanggan.
SilkAir (Foto: Shutter Stock)
Goh Choon Phong, CEO Singapore Airlines menuturkan bahwa langkah ini diambil untuk menuju Program Transformasi tiga tahun SIA. "Saat ini kami sudah di tahap pertengahan menuju program transformasi tiga tahun kami. Tinjauan rute penerbangan ini akan memperkuat SIA Grup untuk jangka panjang, dengan pesawat yang tepat ditujukan kepada pasar yang tepat, merupakan portofolio maskapai kami," ujar Goh Choon Phong.
ADVERTISEMENT
Nantinya, para pelanggan yang telah membuat reservasi akan diberikan pilihan untuk mengubah perjalanannya ke penerbangan terbaru Scoot, Singapore Airlines, atau SilkAir apabila memungkinkan, atau pelanggan juga diberikan pilihan pengembalian uang.
Adapun beberapa rute yang dipindahkan adalah sebagai berikut:
Dari SilkAir ke Scoot
Luang Prabang dan Vientiane di Laos, pada April 2019.
Coimbatore, Trivandrum, dan Visakhapatnam di India, antara Mei 2019 dan Oktober 2019.
Changsa, Fuzhou, Kunming, dan Wuhan di China, antara Mei 2019 dan Juni 2019.
Chiang Mai di Thailand, pada Oktober 2019.
Kota Kinabalu di Malaysia, pada Desember 2019.
Balikpapan, Lombok, Makassar, Manado, Semarang, dan Yogyakarta di Indonesia, pada pertengahan Mei 2020 dan Juli 2020.
Dari Scoot ke Singapore Airlines
ADVERTISEMENT
Bengaluru dan Chennai di India, pada Mei 2019 dan Mei 2020.
Dari Scoot ke SilkAir
Shenzen di China, mulai Juni 2019.
Kochi di India, mulai Oktober 2019.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan