Food & Travel
·
4 April 2021 11:28

Selain Punthuk Setumbu, Ini 5 Spot Terbaik untuk Melihat Sunrise di Magelang

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Selain Punthuk Setumbu, Ini 5 Spot Terbaik untuk Melihat Sunrise di Magelang (492457)
Panorama sunrise di Punthu Setumbu Foto: Shutter Stock
Liburan ke Magelang rasanya kurang afdal jika tidak berburu sunrise atau matahari terbit. Dikelilingi pegunungan eksotis, membuat Magelang punya deretan spot terbaik untuk melihat sunrise.
ADVERTISEMENT
Punthuk Setumbu mungkin jadi salah satu spot yang paling diburu wisatawan untuk menikmati sunrise. Tapi enggak hanya itu, ada beberapa spot menarik untuk berburu sunrise di Magelang.
Mulai dari bukit yang punya panorama sunrise menakjubkan hingga desa yang dijuluki Nepal Van Java. Berikut kumparan rangkum lima spot favorit untuk melihat sunrise di Magelang.

1. Punthuk Mongkrong

Pernahkah kamu menggambar gunung dengan hamparan sawah saat masih SD? Jika iya, Punthuk Mongkrong seolah menawarkan hal serupa.
Selain menikmati indahnya hamparan sawah di tengah pegunungan, kamu juga bisa menyaksikan sunrise yang memanjakan mata.
Terletak di Dusun Kamal, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Punthuk Mongkrong merupakan salah satu spot yang sayang untuk dilewatkan buat kamu yang ingin berburu sunrise di Magelang.
ADVERTISEMENT
Masih berada di kompleks Borobudur, Punthuk Mongkrong ini hanya berjarak sekitar 5 kilometer dari Candi Borobudur.
Di sini kamu bisa menikmati sunrise dari jembatan kayu yang sengaja dibuat untuk memudahkan wisatawan.
Untuk menikmati sunrise dari tempat ini kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 5 ribu per orangnya. Terjangkau kan!

2. Punthuk Kendil

Selanjutnya, panorama indahnya sunrise juga bisa kamu temukan di Punthuk Kendil. Tempat wisata satu ini terletak di Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.
Saat berkunjung ke tempat ini kamu bisa menyaksikan indahnya matahari terbit berwarna keemasan dengan latar kota Magelang yang diselimuti kabut tipis. Eksotis!
Menariknya lagi, jika beruntung dan cuaca sedang bersahabat kamu bisa melihat Candi Borobudur dari kejauhan.
ADVERTISEMENT
Puncak kendil menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib kamu datangi ketika berkunjung ke Magelang. Tawaran keindahan yang dimiliki puncak ini tidak bisa diabaikan begitu saja.
Untuk menikmati keindahan tempat ini kamu cukup merogoh kocek sekitar Rp 3-5 ribu per orang.

3. Wisata Alam Mangli

Wisata Alam Mangli menyuguhkan pesona yang berbeda dari dua tempat wisata sebelumnya. Selain bisa menyaksikan indahnya sunrise, tempat wisata satu ini juga menyuguhkan panorama alam lengkap bagi wisatawan.
Terletak di ketinggian 1.570 meter di atas permukaan laut (mdpl), Mangli menyajikan panorama alam berupa pegunungan, hutan, air terjun hingga tempat pelestarian satwa.
Dari sini kamu juga bisa menyaksikan beberapa pegunungan di Jawa Tengah sekaligus, mulai dari Gunung Andong, Gunung Ungaran, Gunung Sumbing, hingga perbukitan Menoreh yang eksotis.
ADVERTISEMENT
Penasaran? Kamu bisa datang langsung ke tempat wisata yang terletak di Dusun Mangli, Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini.
Harga tiket masuk ke tempat wisata satu ini dipatok mulai dari Rp 5 ribu per orangnya.

4. Gunung Andong

Selanjutnya, Gunung Andong menjadi salah satu tempat terbaik buat kamu yang ingin berburu sunrise di Magelang. Salah satu gunung favorit langganan pendaki ini menawarkan panorama golden sunrise yang eksotis.
Selain menikmati sunrise kamu juga bisa melihat hamparan gunung lainnya dari atas sini Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Ungaran, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing hingga Gunung Prau. Kamu bisa menunggu matahari terbit dengan melakukan pendakian dan berkemah di puncak gunung ini.
ADVERTISEMENT
Walau begitu, kamu butuh sedikit effort untuk menuju puncak gunung dengan ketinggian 1.726 mdpl ini. Meski demikian, semua akan terbayar lunas dengan pemandangan yang ditawarkan.
Harga tiket masuk ke Gunung Andong sendiri dipatok sekitar Rp 20 ribu.

5. Nepal Van Java

Terakhir, Dusun Butuh Kaliangkrik, menjadi tempat di Magelang yang sayang untuk dilewatkan buat kamu yang ingin menikmati keindahan sunrise.
Destinasi wisata yang sempat viral dan disebut sebagai Nepal Van Java ini menawarkan pemandangan yang berbeda bagi wisatawan.
Hal itu dikarenakan pemandangan rumah penduduk dusun yang seolah bertumpuk bak di Pegunungan Himalaya, Nepal.
Untuk menikmati keindahan tempat ini kamu perlu merogoh kocek Rp 8 ribu per orang.
***
ADVERTISEMENT
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)