kumparan
1 Oktober 2019 11:20

Selamat! Pulau Komodo Masuk Daftar 10 Pulau Terindah di Dunia 2019

com-Pulau Komodo
Pulau Komodo Foto: Shutterstock
Untuk kesekian kalinya, Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT) menyabet pengakuan kelas dunia soal keindahan alam. Baru-baru ini, CNN Travel merilis daftar 10 Pulau Terindah di Dunia pada 2019, dan menempatkan Pulau Komodo di posisi enam dalam daftar tersebut.
ADVERTISEMENT
“Pulau Komodo adalah surga tropis yang didambakan semua orang,” tulis CNN.
Daftar yang dirilis pada 24 September 2019 tersebut menyebutkan bahwa Pulau Komodo memiliki surga padang rumput dan hutan sabana yang indah. Tak lupa, pantai di Pulau Komodo juga punya pasir menawan berwarna merah muda.
Keluarga Maia Estianty di Labuan Bajo
Al Ghazali tampak berpose di belakang komodo yang sedang berjemur. Foto: Instagram @alghazali7
Namun, yang paling utama, pulau ini merupakan habitat asli bagi kadal purba, komodo. “Penduduk pulau yang paling terkenal adalah komodo, hewan yang bergerak lambat, bergigi tajam, dan beracun,” tulis CNN.
Taman Nasional Komodo yang mencakup 29 pulau vulkanik ini, dihuni sekitar 2.500 ekor komodo yang sejak dahulu menjadi daya tarik wisatawan. Selain melihat hewan langka tersebut, Pulau Komodo juga punya kehidupan bawah laut yang menakjubkan. Terumbu karang di pulau ini adalah habitat spektakuler bagi kuda laut kerdil dan gurita cincin biru.
COM-Pulau Padar di Kepulauan Komodo, Nusa Tenggara Timur
Pulau Padar di Kepulauan Komodo, Nusa Tenggara Timur. Keindahan kawasan Taman Nasional Komodo membuat Labuan Bajo semakin banyak dikuncungi wisatawan mancanegara. Foto: Luke Wait/Shutterstock
Bahkan bagi penyelam yang beruntung, mereka bisa melihat paus Omura atau duyung langka, mamalia laut yang menghabiskan hari-harinya di rumput laut.
ADVERTISEMENT
Nah, ingin tahu pulau indah lainnya? Berikut 10 pulau terindah di dunia tahun 2019 versi CNN Travel:
1. Milos, Yunani
2. Bartolome, Ekuador
3. Fregate, Seychelles
4. St Lucia, Lesser Antiles
5. Jura, Skotlandia
6. Pulau Komodo, Indonesia
7. Pulau Senja, Norwegia
8. Mo’orea, Polinesia Prancis
9. Palawan, Filipina
10. Kaua’i, Amerika Serikat
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan