Food & Travel
·
21 November 2020 17:00

Sepi Pengunjung, Hotel Kapsul di Jepang Disulap Jadi Ruang Kerja untuk Tamu WFH

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sepi Pengunjung, Hotel Kapsul di Jepang Disulap Jadi Ruang Kerja untuk Tamu WFH (48966)
Hotel kapsul Anshin oyado, Jepang Foto: Anshin oyado
Menginap di hotel kapsul kini menjadi sebuah tren baru bagi wisatawan. Sebab, selain harganya yang lebih terjangkau, desain hotel kapsul yang unik menawarkan sesuatu yang berbeda. Hotel ini banyak menjadi salah satu jenis akomodasi yang banyak dicari wisatawan yang berkunjung ke berbagai negara.
ADVERTISEMENT
Di Jepang, hotel kapsul cukup populer di kalangan wisatawan yang memiliki budget sedikit. Sehingga, jenis hotel berukuran kecil ini menjamur di berbagai penjuru kota di Jepang. Namun, saat ini kebutuhan akan hotel kapsul kian menurun karena bisnis perhotelan yang sedang sepi akibat pandemi virus corona COVID-19.
Oleh karena itu, Hotel Kapsul Anshino di Shinjuku ini mengubah seluruh fasilitas hotelnya menjadi ruang kerja untuk orang kantor yang bekerja work from home atau bekerja jarak jauh. Sebelumnya, hotel kapsul ini menyediakan ruang kecil untuk tidur dengan fasilitas yang cukup.
Di hotel ini, terdapat kasur dan tempat untuk meletakkan barang-barang. Mereka juga memiliki pemandian umum untuk penghuni yang ingin membersihkan diri. Fasilitas Wi-Fi, stop kontak, mouse nirkabel, printer dan televisi pun ada untuk memberikan kenyamanan tinggal di dalam.
ADVERTISEMENT
Untuk meningkatkan kenyamanan tamu saat bekerja di dalam kamar, hotel ini dilengkapi denga lampu penerang dan penjernih udara yang dipasang di dinding. Anshino juga menyediakan konsumsi gratis bagi para pekerja yang tak sempat makan di luar kamar.
Setelah melakukan renovasi, tanggal 6 November kemarin hotel kapsul ini dibuka sebagai ruang kerja sementara. Ruang kerja kapsul ini memiliki luas yang lebih kecil daripada hotel kapsul sebelumnya, hanya cukup untuk meja dan kursi kerja. Ruang kapsul ini bagus untuk orang kantoran yang bekerja di luar kantor tanpa perlu mengkhawatirkan berdekatan dan kontak dengan orang lain.
Tidak hanya meja dan kursi, Anshino juga menyediakan berbagai macam peralatan kerja untuk dipinjam, seperti peralatan komputer, printer, alat tulis, dan barang-barang keperluan lainnya. Jika ingin beristirahat, tempat ini tetap menyediakan pemandian dan kapsul tempat tidur.
ADVERTISEMENT
Namun, fasilitas untuk istirahat tersebut hanya tersedia untuk laki-laki. Ruang kapsul ini bisa disewa selama satu jam seharga 500 Yen (65.000 Rupiah), 5 jam seharga 2.000 Yen (265.000 Rupiah), atau seharian seharga 3.000 Yen (300.000 Rupiah).
Untuk peminjaman alat kantor tidak dikenakan biaya, tetapi fasilitas pemandian akan dikenakan biaya tambahan sebesar 500 Yen. Hotel kapsul Anshin ini hanya bisa ditemukan di Shinjuku saja, dibuka dari jam 9 pagi hingga 12 malam.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).