Food & Travel
·
21 April 2020 10:02

Sepi Wisatawan, Pusat Konservasi di Florida Bersihkan Pantai dan Laut

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sepi Wisatawan, Pusat Konservasi di Florida Bersihkan Pantai dan Laut (113838)
Ilustrasi bawah laut Foto: Shutter Stock
Pandemi virus corona tentu menyebabkan dampak yang signifikan di beberapa hal, terutama pariwisata. Namun, tak hanya membawa duka, ada beberapa hal baik yang ditimbulkan, seperti halnya Bumi yang kini bisa beristirahat sementara.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, sebuah pusat konservasi memanfaatkan sepinya pantai untuk mengembalikan kehidupan laut, sekaligus membersihkan pantai di Florida, Amerika Serikat.
Dilansir Lonely Planet, sebuah pusat konservasi kehidupan bawah Loggerhead Marinelife Center (LMC) memanfaatkan sepinya pantai di sekitar pantai Palm Beach County.
Sepi Wisatawan, Pusat Konservasi di Florida Bersihkan Pantai dan Laut (113839)
Ilustrasi penyelam Foto: Pixabay
Untuk membersihkan area dermaga dan pantai tersebut biasanya dibutuhkan waktu sekitar tiga bulanan. Namun, pandemi virus corona yang mewajibkan masyarakat AS untuk di rumah membuat tugas tersebut kini menjadi lebih mudah.
Bahkan, para aktivitas lingkungan kini bisa membersihkan hingga 1o kg sampah yang ada di sekitar pantai dan dermaga hanya dalam 1 jam.
Menurut Manajer Konservasi LMZ, Katie O'Hara, Palm Beach County merupakan salah satu tempat konservasi bagi para penyu dan juga habitat lainnya.
ADVERTISEMENT
"Melakukan pembersihan di sekitar pantai dan laut selama musim bersarang penyu di Palm Beach County (Maret-Oktober) sangat penting," kata O'Hara.
Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, LMC telah mengangkut lebih dari 22,919.23 pon atau 10 ton puing atau sampah selama kegiatan pembersihan pantai.
“Sangat penting untuk menghilangkan tali pancing dan peralatan yang tertumpuk di bawah dermaga untuk mengurangi ancaman kehidupan penyu yang datang dalam jumlah besar untuk bersarang di pantai. Dan hal yang sama berlaku untuk tukik yang membuat pintu masuk awal mereka ke laut," lanjut O'Hara.
Palm Beach County yang juga merupakan salah satu pusat konservasi, sekaligus fasilitas pendidikan dan konservasi laut ditutup untuk umum selama pandemi.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, ia menawarkan kelas virtual setiap hari yang memungkinkan wisatawan untuk mengetahui tentang konservasi laut dan mengunjungi penyu laut yang dirawat di tempat itu.
“Menghilangkan puing-puing laut yang terkumpul di bawah dermaga membantu menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi kehidupan laut, terutama untuk bersarang dan menetas penyu,” pungkas O'Hara.
***
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!