kumparan
3 Nov 2018 10:46 WIB

Sepotong Surga Itu Bernama Takabonerate

Konten Spesial Takabonerate (Foto: Cornelius Bintang/ Kumparan)
Hamparan pasir putih seolah mengucapkan selamat datang bagi siapa pun yang datang ke kawasan Takabonerate di Sulawesi Selatan. Ini baru permulaan, semakin ditelisik lebih dalam, ada keindahan bak surga yang tersembunyi.
ADVERTISEMENT
Takabonerate diartikan sebagai hamparan karang di atas pasir. Salah satu hal yang membanggakan, Takabonerate merupakan atol atau gugusan karang terbesar ketiga di dunia setelah atol Kwajifein di Kepulauan Marshall dan atol Suvadiva di Maladewa.
Di Takabonerate, kamu tidak hanya bisa bermain di pasir putihnya yang lembut, namun juga bisa sambil menikmati keindahan matahari terbit saat pagi, sekaligus juga matahari terbenam saat petang. Kecantikan itu bisa disaksikan di sepanjang pantai.
Video
Jangan kaget juga jika di salah satu titik Takabonerate, puluhan baby shark akan menyambutmu di dekat bibir pantai. Ya, kita bisa bermain-main dengan baby shark yang lucu itu. Baby shark ini jinak-jinak merpati, jadi jika kamu ingin dikerumuni binatang tersebut, berdirilah di air tanpa banyak melakukan pergerakan.
ADVERTISEMENT
Tapi kegiatan di Takabonerate yang paling menarik adalah menelusuri keindahan bawah lautnya. Saat snorkeling ataupun diving, siapa pun akan terhipnotis dengan keindahannya. Bayangkan, ada ribuan ikan warna-warni dari 295 jenis ikan yang bisa ditemui.
Takabonerate (Foto: Cornelius Bintang/ Kumparan)
Tidak hanya itu, kamu juga berkesempatan bertemu kima alias kerang laut raksasa yang besarnya hampir mencapai 1 meter. Bahkan jika kamu menyelam di area Taka Lamungan, bersiap-siaplah melihat sumur ikan, di mana ribuan ikan membentuk bundaran memanjang ke bawah seperti sumur sampai kedalaman sekitar 35 meter. Luar biasa!
Saat lapar, jangan khawatir. Di sini surganya berbagai makanan berbahan dasar ikan. Ada juga kue tradisionalnya, sebut saja kue putri sayi yang terbuat dari tepung terigu dan telur, kue lapis kanji, serta kue tarajo yag terbuat dari ubi jalar, terigu dan gula merah.
ADVERTISEMENT
Nah, untuk mengenalkan keindahan bawah laut dan kearifan lokal masyarakat salah satu wilayah di Sulawesi Selatan ini, digelarlah Festival Takabonerate setiap tahun. Tahun ini, kumparanTRAVEL turut menyaksikan keseruannya dan menghadirkan berbagai cerita untukmu sebagai oleh-oleh.
Kami punya cerita tentang perjalanan menuju Takabonerate. Ada juga spot-spot menarik yang bisa kamu kunjungi saat ke Takabonerate. Bahkan kami juga membandingkan Takabonertae dan Maladewa.
Simak ulasan selengkapnya dalam konten spesial Takabonerate, Surga Tersembunyi di Sulawesi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan