kumparan
9 Januari 2018 11:25

Serunya Belajar Naik Kuda di Peternakan Megastar, Malang

Belajar naik dan ahli di Peternakan Megastar
Belajar naik dan ahli di Peternakan Megastar (Foto: Instagram @lulutdtxx)
Kota Batu, Malang, sudah lama dikenal sebagai kawasan yang punya banyak destinasi wisata. Mulai dari Jatim Park, Batu Secret Zoo, Batu Night Spectacular, hingga spot-spot agrowisata yang tinggal kamu pilih.
ADVERTISEMENT
Mau wisata yang menambah skill? Kamu bisa mampir ke Peternakan Kuda Megastar. Terletak di lereng Gunung Panderman, peternakan itu memelihara 50 ekor kuda dalam lahan 2 hektar. Di sana kamu bisa belajar naik kuda hingga jadi expert!
Loading Instagram...
Peternakan Kuda Megastar dikelola oleh PT Megastar, yang bekerja sama dengan Perhutani. Berawal hanya peternakan biasa, tempat ini akhirnya dibuka sebagai objek wisata maupun kelas berkuda.
Puluhan kuda di Peternakan Megastar memang terdiri atas berbagai jenis, ukuran, hingga tingkat kejinakan yang berbeda-beda. Tapi tenang, kamu tidak perlu khawatir kena tendang kuda liar. Sebab, begitu masuk peternakan, kamu akan dibimbing oleh pemandu.
Wisatawan akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 25 ribu per orang. Kamu bisa berfoto-foto dengan kuda jinak yang telah diinstrusikan pemandu. Jika ingin keliling lereng Panderman naik kuda, kamu akan dikenai biaya Rp 50 ribu per 30 menit.
Belajar naik dan ahli di Peternakan Megastar
Belajar naik dan ahli di Peternakan Megastar (Foto: Instagram @chandradwtr)
Ya, waktu yang diberikan memang singkat. Sepanjang perjalanan kamu juga akan ditemani pemandu untuk penjaga keamananmu. Lain halnya jika kamu ingin belajar naik kuda sampai ahli di peternakan Megastar.
ADVERTISEMENT
Untuk ikut kelas berkuda, peternakan ini mematok biaya Rp 400 ribu per bulan. Yang jelas, kamu akan diajari oleh instruktur-instruktur professional. Sebab, pemandu yang boleh mengajari di kelas berkuda harus memegang lisensi dari Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia.
Buat kamu yang belum pernah berinteraksi dengan kuda, jangan terlalu tegang saat berkunjung ke Peternakan Megastar. Kebanyakan kuda di sana jinak. Untuk mengantisipasi, jangan berdiri terlalu dekat dengan bokong kuda, agar tidak kena tendangan kakinya dari belakang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan