Food & Travel
·
29 Januari 2021 17:47

Setelah Surat Keberatan, Eiger Sebar Surat Cinta ke Eigerian

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Setelah Surat Keberatan, Eiger Sebar Surat Cinta ke Eigerian (68262)
Eiger Hijab dan Women Series Full Range. Foto: Dok. Eiger
Produsen peralatan aktivitas traveling Eiger mengeluarkan "surat cinta" untuk para konsumen, Jumat (29/1), setelah surat keberatan mereka kepada YouTuber Dian Widiyanarko viral dan mendapat kritik keras dari publik.
ADVERTISEMENT
Surat cinta itu bertajuk "SURAT CINTA UNTUK EIGERIAN." Perusahaan mengaku bersalah lantaran telah menghambat kreativitas konsumen yang berinisiatif membuat konten review produk Eiger.
''Maafkan kami yang sudah mengecewakan kalian. Terutama kepada content creator yang menerima surat dari kami. Kami menyadari apa yang kami lakukan adalah sebuah kesalahan,'' tulis Eiger.
Eiger mengungkapkan telah memetik pelajaran atas kesalahan yang telah mereka perbuat, khususnya dalam hal berkomunikasi. Eiger juga menekankan akan membenahi interaksi dan meningkatkan layanannya terhadap Eigerian.
Kasus surat keberatan Eiger bermula ketika seorang pengguna Twitter bernama Dian Widiyanarko berkicau lewat akunnya @duniadian pada Kamis (28/1) sore. Dalam utas yang ia unggah, Dian berkata menerima surat terbuka dari PT Eigerindo Multi Produk Industri terkait konten yang ia unggah di channel YouTube-nya.
ADVERTISEMENT
Eiger menganggap kualitas video review yang dibuat Dian kurang bagus dan meminta untuk menghapus (take down) video tersebut. Ia mengulas produk kacamata Eiger yang dipakai untuk bersepeda. Konten ini tidak berbayar dan Dian memberi komentar positif atas pengalamannya pakai produk itu. Pada akhirnya, Dia menolak untuk menghapus kontennya.
Setelah Surat Keberatan, Eiger Sebar Surat Cinta ke Eigerian (68263)
Eiger Flagship Store Jakarta. Foto: Agaton Kenshanahan/kumparan
Setelah perkara surat keberatan itu viral, Eiger menyampaikan permintaan maaf ke Dian maupun publik. CEO Eiger, Ronny Lukita, berkata apa yang dilakukan pihaknya tidak tepat dan salah. Mereka bermaksud memberi saran kepada konsumen yang mengulas produk tetapi caranya salah.
Kami sadari, apa yang kami lakukan tidak tepat dan salah. Sejatinya maksud dan tujuan kami adalah untuk memberikan masukan kepada reviewer agar lebih baik lagi. Tetapi sekali lagi, kami menyadari bahwa penyampaian kami salah.
CEO Eiger, Ronny Lukito
Ke depan, perusahaan berjanji akan menerima secara terbuka kritik dan saran terhadap produk Eiger melalui wadah media mana pun. Eiger juga mengungkapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah menegur atas kejadian ini.
ADVERTISEMENT
Berikut isi surat cinta" yang ditujukan ke konsumen Eiger:
SURAT CINTA UNTUK EIGERIAN
Eigerian....
Maafkan kami yang sudah mengecewakan kalian. Terutama kepada para content creator yang menerima surat dari kami. Kami menyadari apa yang kami lakukan adalah sebuah kesalahan. Terima kasih sudah mengingatkan.
Dari sini kami belajar bahwa masih banyak yang harus kami benahi, terutama dalam hal komunikasi agar bisa memperbaiki interaksi dan meningkatkan layanan. Kami janji untuk jadi lebih baik dengan belajar dari kesalahan kami.
Kami mendukung kebebasan Eigerian dalam menyampaikan kritik dan saran terhadap produk kami melalui media apa pun. Bagaimanapun cara dan hasilnya, itu semua menjadi masukan yang sangat berharga bagi kami.
Terima kasih sudah selalu mendukung EIGER hingga saat ini. Kami berupaya untuk dapat lebih baik lagi.
ADVERTISEMENT
Salam Hangat, @eigeradventure