Food & Travel
·
15 Desember 2017 16:52

SOS from the Deep, Escape Room Bertema Laut Pertama di Dunia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
SOS from the Deep, Escape Room Bertema Laut Pertama di Dunia (480691)
Sos From The Deep (Foto: Youtube/Coral Triangle Center)
Sebagai negara kepulauan terbesar dunia, pesona keindahan bawah laut Indonesia tak perlu diragukan lagi. Saking indahnya, Indonesia bahkan disebut-sebut sebagai 'surga terumbu karang' dunia. Jika tak percaya, kamu bisa coba menjajal perairan Bali dan Indonesia Timur.
ADVERTISEMENT
Cantiknya hamparan terumbu karang (coral reefs) yang berwarna-warni dijamin membuat kamu betah berlama-lama di bawah air. Dilansir Greenpeace, luas terumbu karang Indonesia mencapai 50.875 km2 dan terdiri dari 590 spesies berbeda.
Begitupun dengan spesies ikan karangnya. Perairan Indonesia tercatat memiliki lebih dari 2200 spesies ikan karang yang cantik dan menggemaskan.
Sayangnya, masih banyak orang yang belum menyadari betapa pentingnya menjaga kelestarian eksosistem bawah laut Indonesia. Berdasarkan hasil riset Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), 35,15 persen terumbu karang Indonesia berada dalam kondisi rusak.
Tertarik untuk mengenali dan belajar lebih dalam soal kondisi dunia bawah laut Indonesia?
Jika iya, kamu bisa coba menantang diri untuk bermain dan memecahkan teka-teki yang ada di Escape Room SOS from the Deep.
ADVERTISEMENT
Escape room yang berlokasi di Sanur, Bali, ini jadi wahana pertama dan satu-satunya yang mengangkat tema konservasi laut di Indonesia. Di sana, kamu diberi misi untuk menyelamatkan terumbu karang dan beragam hewan laut lewat permainan seru dan mendebarkan.
Dan seperti escape room pada umumnya, kamu diwajibkan bermain dalam tim yang terdiri dari dua hingga enam orang. Dalam waktu 60 menit, kamu harus mampu meloloskan diri agar bisa berpindah ruangan dan lanjut ke tahap berikutnya.
SOS from the Deep, Escape Room Bertema Laut Pertama di Dunia (480692)
Escape Room SOS from the Deep (Foto: Dok. Coral Triangle Center)
Kreatifitas, teamwork, imajinasi, dan wawasan jadi modal utama untuk sukses menyelesaikan tugas yang terhampar di depan mata.
SOS from the Deep, Escape Room Bertema Laut Pertama di Dunia (480693)
Escape Room SOS from the Deep (Foto: Dok. Coral Triangle Center)
Ide cemerlang ini datang dari Coral Triangle Center (CTC), sebuah organisasi nirlaba yang berfokus melindungi ekosistem laut Indonesia.
“Tujuan utama dari Escape Room SOS from the Deep ini adalah menjadi sarana interaktif yang menyenangkan untuk menginspirasi khalayak umum mengenai lingkungan laut dan beragam ancaman yang dihadapinya, sebagaimana para pemain menghadapi tantangan saat bermain teka-teki,” ujar Rili Djohani, Direktur Eksekutif CTC, seperti dikutip dari pernyataan resmi yang diterima kumparan (kumparan.com).
ADVERTISEMENT
"Mereka yang berhasil keluar dan menyelesaikan permainan ini akan lebih memahami kondisi terkini dari laut, termasuk apa saja yang dapat mereka bantu dengan tentu saja senyum di wajah mereka," sambungnya lagi.
SOS from the Deep, Escape Room Bertema Laut Pertama di Dunia (480694)
Escape Room SOS from the Deep (Foto: Dok. Coral Triangle Center)
Jika hendak bermain ke Escape Room SOS from the Deep, pastikan untuk tidak membawa anak kecil. Karena yang diperbolehkan bermain hanyalah anak berusia lebih dari 14 tahun. Remaja di bawah 17 tahun boleh bermain di bawah pengawasan orang dewasa.
Untuk bisa merasakan keseruan bermain dan berfoto di Escape Room SOS from the Deep, kamu harus merogoh kocek sekitar Rp 100 ribuan/orang.