kumparan
Food & Travel20 Februari 2020 10:29

SpaceX Gandeng Agen Wisata Buat Kamu yang Mau Liburan Keliling Bumi

Konten Redaksi kumparan
Roket SpaceX
Peluncuran Roket SpaceX Foto: SpaceX Imagery/Pixabay
Perusahaan transportasi luar angkasa milik Elon Musk, SpaceX berencana membuat tur keliling bumi. Ya, kamu enggak salah baca. Tur keliling bumi bukan keliling dunia. Tur spesial tersebut akan diadakan bagi empat orang.
ADVERTISEMENT
Dilansir The Verge, rencananya tur keliling bumi yang diadakan oleh SpaceX itu akan dihadirkan pada akhir 2021 atau awal 2022. Tak sendirian, SpaceX menggandeng agen wisata luar angkasa Space Adventure.
Belum ada harga maupun rincian persiapan dalam misi yang dikerjakan Space Adventures dan SpaceX. Hanya saja, kedua perusahaan itu mengatakan bahwa pesawat yang akan digunakan oleh traveler untuk keliling bumi adalah pesawat ruang angkasa Dragon.
Kapsul antariksa SpaceX DragonV2
Kapsul antariksa SpaceX DragonV2. Foto: REUTERS/Mario Anzuoni/File Photo
Pesawat Dragon akan mengorbit bumi kira-kira dua hingga tiga kali 250 mil dari ketinggian ISS (International Space Station). Sebelumnya, Space Adventures telah berhasil membantu tujuh orang melakukan perjalanan dari dan menuju ISS menggunakan roket dan pesawat ruang angkasa Soyuz dari Rusia.
Beberapa tahun belakangan ini, SpaceX memang tengah membangun dan menguji versi baru dari pesawat ruang angkasa Dragon. Aktivitas itu merupakan bagian dari kontrak dengan NASA untuk membawa astronot dari dan menuju ISS.
ADVERTISEMENT
Karena selama ini pesawat ruang angkasa hanya digunakan untuk membawa kargo menuju ISS. Baru-baru ini, SpaceX juga menyelesaikan uji penerbangan yang kedua kalinya, yakni untuk melepaskan diri dari roket yang meledak.
SpaceX
SpaceX Spaceship Foto: SpaceX Imagery/Pixabay
CEO SpaceX Elon Musk memang pernah menyatakan gagasannya untuk membuat pariwisata ruang angkasa sebagai pengalaman berwisata sekaligus bisnis jenis baru.
Tahun 2017 lalu, SpaceX pernah mengumumkan bahwa mereka sudah menerima pembayaran dari dua pelanggan untuk keliling bulan menggunakan Crew Dragon dan roket Falcon Heavy. Pada saat itu, SpaceX mengatakan bahwa perjalanan tersebut akan berlangsung pada akhir 2018.
Lalu September 2018 SpaceX mengumumkan niatnya untuk mengirim miliarder Jepang, Yusaku Maezawa. Yusaku Maezawa diajak mengelilingi bulan menggunakan Big Falcon roket yang bahkan belum dibuat oleh SpaceX.
ADVERTISEMENT
Belum ada kejelasan pasti kapan Maezawa akan memulai perjalanannya ke bulan itu. Seru banget, ya. Kamu pengin enggak mencoba liburan ke luar angkasa seperti ini?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan