kumparan
3 November 2019 17:15

Suhu Panas di Qatar Capai 46 Derajat, Jalan di Doha Dicat Biru

(POTRAIT) Jalan Warna Biru di Qatar, Pendingin Qatar
Jalan di Doha, Qatar, dicat warna biru. Foto: AFP
Penduduk Indonesia beberapa waktu lalu mengeluhkan suhu panas yang melanda. BMKG bahkan sempat 'dihadiahi' hoaks awan panas oleh pihak tak bertanggung jawab ketika kondisi tersebut berlangsung.
ADVERTISEMENT
Rupanya, suhu panas bukan hanya terjadi di Indonesia saja, lho, tapi juga di Qatar. Dilansir Antara, suhu udara siang hari di Qatar bahkan bisa mencapai 46 derajat Celcius.
Jalan Warna Biru di Qatar, Pendingin Qatar
Jalan di Doha, Qatar, dicat warna biru. Foto: AFP
Untuk melindungi warganya dari sengatan suhu panas yang melanda Qatar, pemerintah setempat akhirnya mencat aspal jalanannya dengan warna biru agar suhu udara terasa lebih dingin. Kamu bisa menemukan jalanan-jalanan yang berubah membiru itu di Kota Doha, tepatnya di Jalan Abdullah Bin Jassim.
Warna biru diyakini bisa menurunkan suhu hingga 35 derajat Celcius. Karena warna cerah memiliki sifat memantulkan cahaya matahari, berbanding terbalik dengan warna gelap yang bersifat menyerap.
Jalan Warna Biru di Qatar, Pendingin Qatar
Jalan di Doha, Qatar, dicat warna biru. Foto: AFP
Aspal warna biru di Qatar tersebut juga berisi mikrosfer keramik berongga yang dirancang untuk memantulkan cahaya inframerah. Percobaan menurunkan suhu dengan mewarnai aspal ini rencananya akan dilakukan selama 18 bulan di hamparan jalan setinggi 250 meter dengan menggunakan lapisan biru tebal 1mm dengan pigmen pemantul khusus.
ADVERTISEMENT
"Warna aspal yang gelap akan membuat suhu menjadi lebih tinggi 20 derajat Celcius dari sushu sebenarnya. Karena hitam menarik dan memancarkaIn panas,'' kata Insinyur Saad Al-Dosari
Jalan Warna Biru di Qatar, Pendingin Qatar
Jalan di Doha, Qatar, dicat warna biru. Foto: AFP
Enggak sampai di situ saja, kamu juga akan menemukan mesin pendingin raksasa terpasang di sepanjang trotoar. Selain itu, pusat belanja outdoor di Qatar juga dipasangi AC agar tetap dingin. Mewah banget, ya.
Pendingin Qatar
Air Conditioning di Stadion Qatar new al-Janoub. Foto: AFP/GIUSEPPE CACACE
Percobaan mengurangi suhu panas yang ekstrem rupanya bukan cuma dilakukan oleh Qatar saja, tetapi juga negara-negara maju lainnya. Musim panas ini, Los Angeles juga mengecat jalan-jalannya dengan warna putih keabuan-abuan agar lebih dingin 5 derajat Celcius ketimbang aspal hitam.
Wah, mewah dan menarik banget! Kalau kamu sedang traveling ke Qatar atau mungkin ingin menyambangi kota ini dalam waktu dekat, jangan lupa sambangi Doha dan membuktikannya, ya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan