Food & Travel
·
18 Agustus 2020 14:00

Taman Nasional Baluran Kembali Dibuka, Pengunjung Wajib Booking Online

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Taman Nasional Baluran Kembali Dibuka, Pengunjung Wajib Booking Online (219898)
Rusa timor (cervus timorensis) bersama kera ekor panjang (macaca fascicularis) mencari makan di savana Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur. Foto: ANTARA FOTO/Budi Candra Setya
Setelah ditutup sementara akibat pandemi virus corona, Taman Nasional Baluran kembali dibuka untuk umum mulai Selasa, 18 Agustus 2020. Wisatawan kini bisa kembali menikmati beragam satwa dan fauna yang ada di destinasi wisata yang dijuluki Little Africa van Java tersebut.
ADVERTISEMENT
Kepala Taman Nasional Baluran, Pudjiadi, membenarkan informasi mengenai pembukaan kawasan TN Baluran bagi wisatawan.
"Per hari ini kita buka untuk umum dengan persyaratan. Kita menentukan kuota, jadi 950 orang tapi bertahap. Untuk hari ini, Selasa (18/8) sampai tanggal 20 Agustus 2020 itu 500 orang kuotanya," kata Pudjiadi, saat dihubungi kumparan, Selasa (18/8).
Taman Nasional Baluran Kembali Dibuka, Pengunjung Wajib Booking Online (219899)
Sejumlah rusa menyebrang di Taman Nasional Baluran, di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Foto: Helmi Afandi/kumparan
Pudjiadi menjelaskan, pada pembukaan kembali TN Baluran diberlakukan pembatasan jumlah pengunjung menjadi 50 persen dari hari biasanya.
Pembatasan kunjungan juga dilakukan secara bertahap, seperti pada tanggal 18-20 Agustus 2020 untuk 500 orang, tanggal 21-23 Agustus 2020 sebanyak 750 orang dan 24 Agustus 2020 hingga seterusnya kuota yang ditetapkan adalah 950 orang per hari.
"Kalau dibuka langsung nanti dikhawatirkan satwa-satwanya bisa kaget. Jadi kita buka secara bertahap," imbuhnya.
ADVERTISEMENT
Semua pengunjung dan wisatawan yang berkunjung diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan.
Pengunjung juga diwajibkan untuk mengikuti standar protokol kesehatan penanganan COVID-19, seperti menggunakan masker, mencuci tangan di tempat-tempat yang sudah disediakan, serta menerapkan menjaga jarak atau physical distancing.
Taman Nasional Baluran Kembali Dibuka, Pengunjung Wajib Booking Online (219900)
Sejumlah Kera Ekor Panjang (Macaca fascicularis) mencari makan di Taman Nasional Baluran, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (31/7/2019). Foto: Antara/Budi Candra Setya
"Kita memberikan imbauan terhadap beberapa persyaratan yang sudah tercantum di pengumuman, jadi pengunjung yang dari luar negeri (WNA) dan dari luar Jatim harus menggunakan rapid test dengan protokol secara umum," tutur Pudjiadi.
Selain itu, pengurusan izin masuk dalam kawasan konservasi TN Baluran diberlakukan secara online melalui https://bit.ly/FormKunjunganTNBaluran. Adapun protokol kunjungan selama masa pandemi COVID-19 dapat dilihat pada tautan tersebut.
Taman Nasional Baluran Kembali Dibuka, Pengunjung Wajib Booking Online (219901)
Induk Monyet bersama anaknya beraktivitas di Taman Nasional Baluran, di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Foto: Helmi Afandi/kumparan
Pudjiadi juga menjelaskan, per Selasa (18/8), sudah terlihat kembali pergerakan kunjungan wisatawan ke TN Baluran.
ADVERTISEMENT
"Dari data hari ini tadi sampai siang ini kita lihat sudah 180 orang yang sudah booking. Sudah mulai ada yang masuk," ungkapnya.
Taman Nasional Baluran Kembali Dibuka, Pengunjung Wajib Booking Online (219902)
Predator Ajak ( Cuon alpinus) berburu rusa timor (cervus timorensis) di savana Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur. Foto: ANTARA FOTO/Budi Candra Setya
Selain itu, Pudjiadi mengimbau kepada para pengunjung yang ingin berkunjung ke TN Baluran untuk mematuhi aturan yang berlaku.
"Jadilah pengunjung yang bijak, artinya tetap mematuhi protokol kesehatan, juga aturan-aturan yang sudah ditetapkan oleh pengelola. Salah satunya pengunjung juga wajib menjaga kebersihan dan jangan memberikan makanan kepada satwa-satwa di sekitarnya," pungkas Pudjiadi.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)