Food & Travel
·
31 Juli 2020 14:32

Tempat Wisata di Jakarta yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Idul Adha 2020

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tempat Wisata di Jakarta yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Idul Adha 2020 (575675)
Suasana Sepi Kawasan Kota Tua di Jakarta, Minggu (29/3/2020). Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Umat Islam di Indonesia hari ini, Jumat (31/7), merayakan hari raya Idul Adha. Meski masih di tengah pandemi virus corona, namun hal itu tidak menyurutkan semangat umat Islam untuk menjalankan ibadah Idul Adha.
ADVERTISEMENT
Hari Raya Idul Adha tahun ini diiringi dengan libur akhir pekan Sabtu - Minggu. Artinya ada tiga hari libur di masa new normal pandemi Covid-19
Bagi Anda yang tetap berada di Jakarta, namun bosan di rumah saja, ada beberapa tempat yang menarik dikunjungi. Tak perlu mendaftar dulu serta tidak usah menunjukkan hasil rapid test atau tes swab PCR untuk dapat menikmati destinasi wisata ini.
Yang penting, patuhi protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, menjaga kebersihan, rajin mencuci tangan atau membawa hand sanitizer, serta menjaga jarak satu sama lain. Berikut kumparan rangkum 4 destinasi wisata yang mudah, murah, dan tak perlu ribet asalkan menerapkan pedoman pencegahan Covid-19:

1. Pulau Seribu

Tempat Wisata di Jakarta yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Idul Adha 2020 (575676)
Pulau Macan, destinasi wisata eksklusif yang berisi resor mewah di Kepulauan Seribu Foto: Shutterstock
Beberapa pulau di Kepulauan Seribu sudah kembali menerima wisatawan. Pulau Pramuka dan Pulau Tidung bisa menjadi pilihan bagi Anda yang sudah merasa penat di rumah.
ADVERTISEMENT
Nikmati suasana pantai dengan pemandangan indah yang tak jauh dari ibu kota. Makan di restoran tengah laut Nusa Resto atau mampir ke Taman Wisata Terpadu Pantai Karang Mangrove di Pulau Lancang bisa menjadi pilihan.
Kalau kamu berlibur ke Pulau Pramuka, ada banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di sini, seperti snorkeling, diving, banana boat, kano, melihat konservasi penyu, menanam terumbu karang, hingga menyusuri Pulau Air.
Tempat Wisata di Jakarta yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Idul Adha 2020 (575677)
Wisatawan sedang snorkeling di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu. Foto: Faiz Zulfikar/kumparan
Dari sekian banyak pilihan atraksi tersebut, yang paling favorit bagi wisatawan tak lain adalah snorkeling. Sebab kondisi bawah laut di sekitar Pulau Pramuka masih terjaga. Kamu akan dihipnotis oleh kekayaan terumbu karang serta keragaman ikan-ikan cantik yang ada di sana.
Harga sewa kapal snorkeling ini berkisar Rp 800 ribu untuk seharian, namun satu kapal bisa menampung sekitar 10-15 orang. Cocok sekali untuk kamu yang ingin ke sini bersama teman-teman.
ADVERTISEMENT

2. Kali Besar, Kota Tua

Tempat Wisata di Jakarta yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Idul Adha 2020 (575678)
Sejumlah wisatawan berfoto dengan model berkostum noni Belanda di Kali Besar, kawasan Kota Tua, Jakarta, Sabtu (25/7/2020). Foto: ADITYA PRADANA PUTRA/ANTARA FOTO
Sebagian kawasan Kota Tua Jakarta dibuka saat PSBB transisi. Kali besar di Kota Tua, Jakarta adalah area terbuka yang baru direvitalisasi dua tahun silam juga menjadi salah satu destinasi wisata yang bisa dikunjungi di akhir pekan.
Sungai ini berdampingan dengan bangunan peninggalan kolonial Belanda. Setelah ditata, kawasan Kali Besar dibuat serupa dengan Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan.

3. Taman Mini Indonesia Indah

Tempat Wisata di Jakarta yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Idul Adha 2020 (575679)
Pengunjung bersepeda melintas di depan Teater I-Max Keong Mas di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Mengelilingi Indonesia dalam satu hari di akhir pekan bisa Anda lakukan di Taman Mini Indonesia Indah atau TMII, Jakarta Timur. Tiket masuk TMII saat ini masih bisa dibeli langsung di gerbaang utama.
Di dalamnya, Anda dapat mengajak keluarga untuk mengenal beragam kebudayaan dari bermacam-macam suku bangsa di Indonesia. Selain mengililingi berbagai anjungan, kamu juga bisa melakukan olahraga di kawasan TMII.
ADVERTISEMENT

4. Wisata kuliner

Tempat Wisata di Jakarta yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Idul Adha 2020 (575680)
Es Krim di Ragusa Foto: Ela Nurlaela/kumparan
Jakarta sebagai daerah ibu kota memiliki daya tarik wisata. Dibalik hiruk-pikuknya, Jakarta punya banyak tempat makan untuk wisata kuliner. Sejumlah tempat makan di Jakarta memiliki kisah masa lalu yang cukup panjang.
Untuk menikmati akhir pekan saat liburan Idul Adha, kamu bisa menikmati suasana zaman dulu seperti di toko es krim Ragusa dan Baltic, Toko Kue Maison Weiner atau Restoran Tropik di Jakarta Pusat. Selain itu, ada pula aneka jamu yang bisa diminum di Acaraki, Kedai Suwe Ora Jamu, dan Warung Jamu Bukti Mentjos.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).