Food & Travel
·
12 Oktober 2020 14:14

Tingkatkan Ekowisata, India Hadirkan Safari Lumba-lumba di Sungai Gangga

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tingkatkan Ekowisata, India Hadirkan Safari Lumba-lumba di Sungai Gangga (397979)
searchPerbesar
Masyarakat Hindu India tengah membersihkan diri di Sungai Gangga Foto: Shutter Stock
Dalam peringatan Hari lumba-lumba Sungai Gangga, India meluncurkan kampanye bertajuk "My Ganga My Dolphin". Kampanye itu bertujuan untuk mempromosikan dan meningkatkan ekowisata di negara tersebut.
ADVERTISEMENT
Program ekowisata tersebut telah diluncurkan di enam destinasi oleh Misi Nasional Gangga Bersih (NMCG). Program ini mencakup safari lumba-lumba di Uttar Pradesh, Bihar, dan Benggala Barat, tiga negara bagian yang diberkati dengan aliran Sungai Gangga.
Dilansir Times of India, program My Ganga My Dolphin juga diluncurkan untuk melakukan sensus Lumba-lumba sepanjang 250 km dari Bijnor ke Narora. Program My Ganga My Dolphin juga diluncurkan untuk melakukan sensus lumba-lumba sepanjang 250 km dari Bijnor ke Narora.
Tingkatkan Ekowisata, India Hadirkan Safari Lumba-lumba di Sungai Gangga (397980)
searchPerbesar
Kawanan lumba-lumba bermunculan di Koombana Bay. Foto: Ahmad Romadoni/kumparan
Dalam tahap pertama, Safari lumba-lumba akan dimulai di Kahalgaon (Bihar), Bijnor, Brijghat, Prayagraj dan Varanasi (semuanya di Uttar Pradesh), dan Bandel (Benggala Barat).
"Ini adalah usaha patungan WII, NMCG dan Departemen Kehutanan Negara, untuk pariwisata berkelanjutan yang menghubungkan mata pencaharian melalui konservasi lumba-lumba untuk ekowisata di sepanjang Sungai Gangga," ungkap Menteri Jal Shakti, dikutip dari Times of India.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan laporan NMCG, dalam beberapa tahun terakhir, jumlah Lumba-lumba Gangga telah meningkat secara signifikan. Oleh sebab itu, kementerian meminta masyarakat untuk mendukung kampanye konservasi lumba-lumba dan menjelaskan pentingnya keanekaragaman hayati.
Tingkatkan Ekowisata, India Hadirkan Safari Lumba-lumba di Sungai Gangga (397981)
searchPerbesar
Pulau Gangga Foto: Shutter Stock
Saat ini relawan terlatih dari masyarakat setempat yang dikenal sebagai Ganga Praharis, akan memimpin wisatawan di semua lokasi lumba-lumbab dengan naik perahu. Ganga Praharis adalah mereka yang terus bekerja untuk kebersihan Sungai Gangga di setiap negara bagian.
Perayaan hari lumba-lumba di India rupanya telah rutin dirayakan setiap tahun pada tanggal 5 Oktober di Sungai Gangga. Program ini dilakukan lantaran lumba-lumba di Sungai Gangga dinyatakan sebagai hewan air nasional pada tahun 2010.
Tingkatkan Ekowisata, India Hadirkan Safari Lumba-lumba di Sungai Gangga (397982)
searchPerbesar
Sungai Gangga Tercemar Foto: REUTERS/Danish Siddiqui
Kemudian, pada tahun 2012, konservasi lumba-lumba dimulai di negara tersebut atas upaya bersama oleh World Wide Fund for Nature (WWF) dan pemerintah. Menurut Suresh Babu, Direktur (kebijakan sungai, lahan basah dan air), WWF, tujuannya adalah untuk memastikan konektivitas dan kedalaman air yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup lumba-lumba.
ADVERTISEMENT
Di India, lumba-lumba dapat dilihat di Assam, Bihar, Jharkhand, Madhya Pradesh, Rajasthan, Uttar Pradesh, dan Benggala Barat. Menurut laporan NMCG jumlah lumba-lumba di Sungai Gangga mencapai 3.700 ekor.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).