kumparan

Tips Berburu Tiket Mudik Dadakan

com-Ilustrasi Mencari Tiket Pesawat Secara Online
Ilustrasi Mencari Tiket Pesawat Secara Online Foto: Shutterstock
Kadang kala, waktu menjadi penyebab mengapa banyak orang akhirnya tidak bisa membeli tiket mudik lebaran dari jauh-jauh hari. Kalau sudah begini, tak sedikit orang yang pasrah untuk tidak mudik.
ADVERTISEMENT
Namun, kamu tak perlu khawatir harus lewatkan suasana Idul Fitri jauh dari keluarga, karena kesempatan untuk mendapatkan tiket mudik di menit-menit terakhir masih terbuka. Dilansir Antara, berikut beberapa tips mendapatkan tiket mudik dadakan:
1. Beli Tiket di Travel Agent
Berburu Tiket Murah, AirAsia Bazzar 2018
Ilustrasi berburu tiket di travel agent. Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Teknologi yang semakin maju membuat banyak orang kini hanya tinggal memesan tiket pesawat, kereta, maupun bus secara online. Namun, travel agent juga masih memegang peranan penting untuk menjual tiket yang masyarakat inginkan.
Untuk itu, cobalah mencari tiket mudik di travel agent terdekat. Biasanya, ada pilihan cashback dari sejumlah bank yang bekerja sama, membuat pengeluaran kamu menjadi lebih hemat.
"Agen wisata kerap mengeluarkan promo-promo last minutes menarik," ujar Hendri Yapto, Chief Operating Officer Dwidayatour, seperti dikutip dari Antara.
ADVERTISEMENT
2. Cari Promo dan Diskon
Garuda Indonesia Travel Fair 2018
Ilustrasi mencari tiket promo. Foto: ANTARA FOTO/R. Rekotomo
Saat berburu tiket mudik dadakan, jangan terlalu berharap bisa mendapatkannya dengan harga murah. Permintaan yang banyak memang membuat harga tiket berbagai moda transportasi jadi melambung naik.
Namun, kamu bisa menyiasatinya dengan berbagai promo dan diskon yang ditawarkan travel agent, baik konvensional maupun online. Hal ini juga diamini oleh Yosi Marhayati, Public Relations Executive Tiket.com.
"Salah satu caranya, aware sama berbagai promosi," terang Yosi.
3. Unduh Aplikasi Pemesanan Tiket
LIPSUS, Airasia, Ilustrasi Mencari Tiket Pesawat
Ilustrasi mencari tiket pesawat. Foto: Abil Achmad Akbar/kumparan
Selain melihat di website, kamu juga bisa mendapatkan beragam informasi promo dengan mengunduh aplikasi pemesanan tiket. Jika biasanya kamu hanya memakai satu aplikasi, coba unduh aplikasi lainnya.
Cara ini bisa menjadi alternatif kamu mendapatkan lebih banyak informasi tentang promo yang ditawarkan travel agent. Aplikasi pemesanan tiket juga membuat kamu lebih leluasa dan bisa menghemat waktu dalam mengecek ketersediaan tiket untuk rute yang diinginkan.
ADVERTISEMENT
"Karena pada periode seperti mudik kali ini, sangat banyak promosi-promosi yang ditawarkan," tutur Bayu Wardhana, Corporate Communication Panorama JTB Tours.
4. Ganti Destinasi
Windy Hill
Windy Hill, Geoje, Gyeongsangnam-do, Korea Selatan. Foto: Andari Novianti/kumparan
Jika tiket menuju kampung halaman benar-benar sudah habis terjual, sementara kamu ingin mencari suasana lebaran, tak ada salahnya pertimbangkan untuk mengganti kota tujuan.
Meskipun harus menjadwalkan ulang pertemuan dengan keluarga besar di kampung halaman, tapi setidaknya libur Idul Fitri bisa dilewatkan dengan menyegarkan pikiran berpetualang ke kota atau negara lain.
"Mengingat libur lebaran biasanya diikuti oleh libur sekolah, maka banyak yang memanfaatkannya untuk liburan panjang," kata Hendri.
Biasanya, destinasi populer untuk menghabiskan libur lebaran di luar negeri adalah Jepang, Korea Selatan, serta kota-kota di Eropa. Sementara itu, rute domestik yang paling populer dan selalu dipenuhi wisatawan, adalah Bali, medan, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Makassar, dan Pontianak.
ADVERTISEMENT
Sudah siap membeli tiket mudik lebaran?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan