kumparan
9 April 2019 13:34

Tips Mempersiapkan Dana untuk Mudik Lebaran

com-Mudik lebaran
com-Mudik lebaran Foto: Shutterstock
Pulang ke kampung halaman atau mudik Lebaran sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia tiap tahun. Namun sayangnya tidak semua orang dengan mudah melakukan tradisi ini karena biaya yang dianggarkan tidak sedikit.
ADVERTISEMENT
Biaya kebutuhan yang biasanya naik dua kali lipat saat Ramadan kerap membuat banyak orang memutuskan untuk tidak kembali ke kampung halaman. Padahal ada siasat jitu yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan keuangan untuk mudik Lebaran.
Persiapkan Dana Mudik Sejak Lama
com-Sisihkan pengeluaran
com-Sisihkan pengeluaran Foto: Shutterstock
Umumnya, mereka yang kesulitan untuk mudik Lebaran adalah yang tidak mempersiapkannya sejak jauh hari. Padahal, mempersiapkan mudik seharusnya dilakukan sejak lama. Bila Anda dan keluarga berencana untuk mudik ke rumah keluarga, ada baiknya menyisihkan setidaknya lima sampai 10 persen dari penghasilan bulanan untuk mudik.
Jika uang untuk membeli tiket sudah cukup, ada baiknya juga Anda langsung membeli tiket sejak jauh hari agar masih bisa mendapatkan tiket yang diinginkan dengan harga yang terjangkau.
ADVERTISEMENT
Buat Anggaran Pengeluaran Menjelang Ramadan
com-Buat anggaran keuangan
com-Buat anggaran keuangan Foto: Shutterstock
Untuk menahan perilaku konsumtif yang biasanya muncul setelah melihat banyak promo menjelang Ramadan, Anda bisa menyiasatinya dengan membuat anggaran khusus -- memberi batasan maksimal pada masing-masing kebutuhan pengeluaran Anda saat Ramadan. Dengan begitu Anda bisa meminimalisir pengeluaran berlebihan sehingga dana untuk mudik akan aman tersimpan.
Cari Peluang untuk Mendapatkan Dana Tambahan
Ada banyak cara untuk mendapatkan dana tambahan untuk mudik Lebaran, seperti usaha musiman yang laris diminati -- jual takjil, kue Lebaran, atau souvenir khas Lebaran -- bisa menjadi pilihan untuk digeluti. Selain berbisnis, Anda juga bisa mengikuti writing competition di kumparan (kumparan.com) yang digelar dengan tiket.com. Lewat kompetisi ini, Anda bisa memenangkan uang tunai total Rp 5 juta, yang bisa Anda gunakan untuk keperluan mudik Lebaran.
ADVERTISEMENT
Dalam kompetisi yang digelar tiket.com bersama kumparan mulai 1 April hingga 30 April 2019 ini, Anda diminta untuk menulis pengalaman menarik saat memesan tiket untuk mudik Lebaran di tiket.com dan perjalanan mudik Anda. Tulisan bisa berupa pengalaman, tips, atau info terkait pemesanan tiket mudik di tiket.com. Tertarik? Lihat informasi selengkapnya tentang Writing Competition 2019 di tautan berikut ini.
Selamat mencoba!
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan tiket.com.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan