kumparan
11 Desember 2019 17:57

Traveling ke Dubai, Kamu Wajib Bawa Oleh-oleh Khas Ini

Suasana Kota Dubai dari atas Burj Khalifa
Suasana Kota Dubai dari atas Burj Khalifa. Foto: Elsa Toruan/kumparan
Dubai dikenal sebagai surganya wisata belanja. Puluhan pusat perbelanjaan megah ada di kota ini.
ADVERTISEMENT
Nah, jika kamu merencanakan jalan-jalan ke Dubai dalam waktu dekat, tidak lengkap rasanya pulang ke rumah tanpa belanja beberapa oleh-oleh. Selain sebagai buah tangan, kamu bisa membeli oleh-oleh untuk mengingat pengalaman unikmu selama berpetualang ke Dubai.
*Suasana Kota Dubai dari atas Burj Khalifa.
Lalu, apa saja, ya, oleh-oleh yang cocok dibeli setelah plesiran ke Dubai? Berikut kumparan merangkum beberapa oleh-oleh khas Dubai yang worth to buy untuk jadi buah tangan. Simak, ya!
1. Cokelat Susu Unta
Loading Instagram...
Cokelat susu unta adalah kelezatan lokal sejati dari Dubai. Coklat ini merupakan gabungan dari cokelat yang dicampur krim susu unta.
Salah satu cokelat susu unta premium yang terkenal adalah Al Nassma yang mempunyai berbagai macam rasa, termasuk susu murni, kurma, 70 persen kakao, dan rempah-rempah Arab. Jika tidak terlalu suka makanan manis, kamu bisa membeli susu unta dalam bentuk lain. Misalnya sabun susu unta handmade dari The Camel Soap Factory yang dibuat menggunakan 25 persen susu unta.
ADVERTISEMENT
2. Kue Kering dari VIVEL Patisserie
Loading Instagram...
Untuk mencicipi manisan dan teh gourmet, kamu bisa bertandang ke VIVEL Patisserie. Toko roti yang termasyhur di Dubai ini memiliki lebih dari 300 koleksi kue kering.
Masing-masing kue memiliki rasa eksotis dan unik, perpaduan cita rasa dari Eropa, Timur Tengah, dan Persia. Kue-kue ini diproduksi secara unik menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi, dan merupakan makanan yang disukai di beberapa pernikahan, serta acara paling bergengsi di Dubai.
3. Kopi Arab
Loading Instagram...
Kopi Arab atau Gahwa adalah bukti tradisi lama penanaman dan konsumsi kopi di Timur Tengah, serta merupakan tanda keramahan tradisional Emirat. Biasanya kopi ini disajikan dengan kapulaga, jintan, cengkeh, dan kunyit, kemudian dituangkan dari teko kopi Arab klasik yang disebut dallah. Selanjutnya, kopi ini disajikan dalam cangkir kecil tanpa pegangan yang disebut finjaan.
ADVERTISEMENT
4. Minyak Wangi Aroma Oud
Loading Instagram...
Aroma khas Dubai adalah Oud atau Bakhoor tradisional. Oud adalah minyak wangi yang berasal dari resin gaharu.
Minyak wangi ini tersedia dalam kondisi murni atau dicampur dengan minyak bunga lain, seperti mawar dan melati untuk mengimbangi kuatnya aroma Oud. Sedangkan Bakhoor adalah istilah untuk kepingan gaharu yang dibakar untuk menghasilkan aroma lembut yang cocok untuk mengharumkan ruangan.
5. Belati Tradisional
Loading Instagram...
Belati tradisional yang dikenal sebagai ‘khanjars’, merupakan bagian intrinsik dari warisan Badui Dubai. Kamu dapat menemukan versi lokal yang dengan setia merepresentasikan desain tradisional dan dibuat dalam perak dengan lapisan emas asli. Bingkai yang rumit membuatnya tetap terlindungi, tetapi tetap cantik untuk ditampilkan.
6. Manisan atau Baklava
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Terkenal sebagai salah satu makanan penutup paling terkenal dari wilayah ini, baklava dihadirkan dalam beragam bentuk lezat. Di Dubai terdapat beberapa toko manisan terbaik yang memiliki spesialisasi dalam baklava tradisional. Makanan penutup yang berasal dari Turki ini memiliki aneka bentuk, dibuat dari adonan tak beragi, diisi dengan bermacam-macam kacang, dan disiram dengan madu yang lengket serta manis.
Siap bawa oleh-oleh dari Dubai?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan