Food & Travel
·
22 September 2020 9:19

Usai Ditutup 45 Tahun, Karang Berbentuk Hati di Australia ini Dibuka untuk Umum

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Usai Ditutup 45 Tahun, Karang Berbentuk Hati di Australia ini Dibuka untuk Umum (29532)
Heart Reef, Karang raksasa berbentuk hati di Australia Foto: Shutter stock
Heart Reef, terumbu karang berbentuk hati di Great Barrier Reef, Australia, selama ini selalu menjadi incaran wisatawan untuk dikunjungi. Namun, terumbu karang menawan ini ditutup untuk wisatawan selama beberapa dekade.
ADVERTISEMENT
Dilansir Lonely Planet, wisatawan biasanya hanya bisa melihat sekilas keindahan terumbu karang yang tersembunyi di Laguna Hardy Reef tersebut dari atas, menggunakan helikopter. Namun, kini spot tersebut dibuka untuk wisatawan. Artinya, wisatawan dapat melihat langsung dengan mendekati terumbu karang indah itu, tapi dengan membayar lebih.
Usai Ditutup 45 Tahun, Karang Berbentuk Hati di Australia ini Dibuka untuk Umum (29533)
Heart Reef Pontoon, Whitsundays, Queensland Foto: Dok. Tourism Australia
Dengan diameter kurang dari 30 meter, Heart Reef terletak sekitar 60 km timur laut Pulau Hamilton di Kepulauan Whitsunday, lepas pantai Pantai Airlie. Meskipun ukuran terumbu karang berbentuk hati ini terbilang kecil, Heart Reef menjadi terumbu karang paling populer dan mewah di antara 3.000 terumbu karang yang membentuk Great Barrier Reef, Australia.
Ketenaran Heart Reef bisa dibilang relatif baru, meskipun terumbu karang ini sesungguhnya sudah ditemukan pada tahun 1975 atau 45 tahun yang lalu. Dengan alasan konservasi, Heart Reef sejak saat itu sudah menjadi area terlarang untuk dikunjungi.
ADVERTISEMENT
Untuk bisa berenang di dekat Heart Reef, pengunjung bisa memulainya dari Pulau Hamilton dengan naik helikopter selama 30 menit. Setelah mendarat, pengunjung memiliki waktu 90 menit untuk melihat-lihat di sekitar Heart Reef.
Usai Ditutup 45 Tahun, Karang Berbentuk Hati di Australia ini Dibuka untuk Umum (29534)
Heart Reef, Karang raksasa berbentuk hati di Australia Foto: Shutter stock
Pengunjung akan dibawa melihat dengan dekat menggunakan perahu kecil berlantai kaca. Pengunjung tetap dilarang berenang dan menyelam di dekat Heart Reef.
Dalam perjalanan pulang menggunakan helikopter, pilot akan mengambil rute dengan melewati Heart Reef sekali lagi untuk memuaskan pengunjung. Kemudian memutar di atas Pulau Whitsunday, Pulau Hook, Pantai Whitehaven, dan Hill Inlet selama satu jam perjalanan santai.
Dilansir dari Lonely Planet, ternyata pengalaman melihat Heart Reef dari dekat hanya terbuka untuk tamu di Pulau Hamilton yang berusia di atas 14 tahun. Untuk merasakan pengalaman tersebut, setiap orang harus merogoh kocek 1.100 dolar Australia atau setara dengan Rp 12 juta.
ADVERTISEMENT
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).