Food & Travel
·
19 Oktober 2020 9:02

Wanita Ini Jual Koleksi Perhiasannya demi Bangun Museum

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Wanita Ini Jual Koleksi Perhiasannya demi Bangun Museum (30659)
Ilustrasi perempuan di museum. Foto: Unsplash @gilberfranco
Museum menjadi tempat terbaik untuk mempelajari sebuah peradaban sejarah di masa lampau. Misalnya saja di Arab Saudi, negara tersebut dikenal dengan beberapa situs arkeologinya yang menggambarkan peradaban yang pernah ada di Jazirah Arab.
ADVERTISEMENT
Hal itulah yang membuat seorang wanita bernama Nourah Al-Ghazwani tergerak untuk membuat sebuah museum. Menariknya lagi ia sampai rela menjual koleksi perhiasannya untuk mendirikan sebuah museum.
Wanita Ini Jual Koleksi Perhiasannya demi Bangun Museum (30660)
Ilustrasi museum dengan berbagai koleksi sejarah Foto: Shutter Stock
Dilansir Arab News, Al-Ghazwani mendirikan museum pribadinya di Belghazi, sebuah kota di Provinsi Al-Edabi Jazan, setelah menjalankan pameran tur dari dananya sendiri yang memamerkan barang-barang menarik dari wilayah tersebut.
"Museum ini menyuguhkan keunikan sejarah dari berbagai wilayah dalam satu atap," kata Al-Ghazwani.
Sebelumnya, Al-Ghazwani memamerkan barang-barang menarik seperti artefak dalam pameran yang ia gelar. Ia lalu memutuskan untuk membuka museumnya dengan dibantu penduduk setempat yang membantunya mengumpulkan berbagai benda warisan termasuk senjata, perkakas dan alat pertanian.
“Saya sangat menyukai berbagai hal tentang sejarah. Saya mendirikan museum dengan bantuan suami saya, anak-anak dan beberapa orang lainnya dan menampilkan warisan unik daerah di bawah satu atap, ”kata Al-Ghazwani.
Wanita Ini Jual Koleksi Perhiasannya demi Bangun Museum (30661)
Ilustrasi museum dengan berbagai koleksi sejarah Foto: Shutter Stock

Museum yang Akan Terus Dikembangkan

Al-Ghazwani mengatakan bahwa mengumpulkan berbagai artefak menjadi langkah awal dalam pengembangan museum miliknya tersebut. Ke depannya ia berharap dapat menggelar berbagai pameran dalam rangka pelestarian museum tersebut.
ADVERTISEMENT
“Kami membutuhkan dukungan finansial dan moral. Masih ada jalan tanah menuju museum yang membutuhkan tempat lebih luas. Saya menggunakan sebidang tanah yang saya miliki untuk membangun proyek. Kami menantikan dukungan para pebisnis untuk menyukseskan proyek ini, ”ujarnya.
Wanita Ini Jual Koleksi Perhiasannya demi Bangun Museum (30662)
Ilustrasi museum dengan berbagai koleksi sejarah Foto: Shutter Stock
Museum yang berada di Desa Bassam ini terbuka untuk umum dan terletak di dekat lima situs warisan yang berisi ratusan bangunan bersejarah. Koleksinya saat ini terdiri dari lebih dari 600 artefak langka, beberapa berasal dari 1.000 tahun yang lalu dan menelusuri sejarah yang kaya dari pegunungan di selatan Kerajaan Arab Saudi.
Selain museum pada umumnya, di Arab Saudi kamu juga bisa menemukan museum pribadi yang tersebar di berbagai daerah. Museum-musuem tersebut biasanya berisi artefak langka yang diwariskan kepada pemiliknya dari masing-masing nenek moyang mereka.
ADVERTISEMENT
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)