Food & Travel
·
13 Januari 2021 10:42

Wisatawan Asing yang Berkunjung ke AS Kini Wajib Sertakan Hasil Negatif COVID-19

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Wisatawan Asing yang Berkunjung ke AS Kini Wajib Sertakan Hasil Negatif COVID-19 (71969)
Ilustrasi swab test. Foto: Shutter Stock
Wisatawan yang ingin ke Amerika Serikat tampaknya kini harus bersiap-siap untuk menyertakan persyaratan terbaru. Sebab, semua penumpang maskapai penerbangan internasional yang datang ke Amerika Serikat kini akan diminta untuk menunjukkan hasil negatif tes COVID-19 yang dikeluarkan oleh CDC.
ADVERTISEMENT
Dilansir Fox News, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mengeluarkan perintah tersebut pada Selasa (12/1) waktu setempat. Persyaratan terbaru ini akan berlaku mulai 26 Januari mendatang.
Persyaratan baru ini juga dikeluarkan di tengah lonjakan kasus COVID-19, menyusul hadirnya strain virus corona baru yang awalnya ditemukan di Inggris.
"Sebelum berangkat ke Amerika Serikat, tes wajib, dikombinasikan dengan rekomendasi CDC untuk diuji lai 3-5 hari setelah kedatangan dan tinggal di rumah selama 7 hari setelah perjalanan, akan membantu memperlambat penyebaran COVID-19 dalam komunitas AS dari infeksi terkait perjalanan. Tes sebelum keberangkatan dengan hasil yang diketahui dan ditindaklanjuti sebelum perjalanan dimulai untuk membantu mengidentifikasi wisatawan yang terinfeksi sebelum mereka naik pesawat," tulis perintah CDC tersebut.
Wisatawan Asing yang Berkunjung ke AS Kini Wajib Sertakan Hasil Negatif COVID-19 (71970)
Ilustrasi swab test. Foto: Shutter Stock
Nantinya, wisatawan harus menyerahkan hasil negatif tes COVID-19 yang dilakukan 3 hari sebelum penerbangan, dan memberikan hasil tertulis kepada maskapai penerbangan atau memberikan surat keterangan telah sembuh dari COVID-19, jika sebelumnya pernah terinfeksi virus ini.
ADVERTISEMENT
Maskapai penerbangan juga harus mengkonfirmasi hasil negatif COVID-19 untuk semua penumpang sebelum mereka naik pesawat. Jika penumpang tidak memberikan dokumentasi tes negatif COVID-19, atau memilih untuk tidak mengikuti tes, maskapai penerbangan harus menolak mereka untuk naik ke pesawat.
Sebelumnya, untuk mencegah penyebaran strain virus corona baru tersebut, Amerika Serikat juga pada bulan lalu telah mewajibkan pelancong yang terbang dari Inggris untuk menunjukkan hasil negatif COVID-19 sebelum tiba di Negeri Paman Sam tersebut.