kumparan
KONTEN PUBLISHER
8 Juli 2019 12:29

Dikepung Sampah Impor

Limbah kertas bekas ternyata kerap disusupi sampah plastik termasuk limbah bahan berbahaya dan beracun alias B3. Praktik curang itu belakangan terendus setelah beberapa kontainer limbah kertas bekas impor ilegal tersebut tertahan di Tanjung Perak dan Batam.
ADVERTISEMENT
Pengakuan salah satu importir limbah kertas bekas, kondisi itu sudah lama terjadi, baisanya mereka siasati menjual sampah plastik tersebut kepada masyarakat di sekitar pabrik. Dan tak sedikit menumpuk di jalanan hingga membuat pencemaran lingkungan. Tidak hanya itu, limbah tersebut juga berdampak pada kesehatan, karena sebagian dibakar.
Tim kumparan menelusuri kawasan Karawang Jawa Barat yang dekat dengan lokasi perusahaan pengolahan limbah kertas bekas, di sana kami menemui warga yang kini mengidap ISPA, karena mengaku terus terpapar asap pembakaran limbah. Lantas mengapa fenomena serbuan sampah ilegal kerap terjadi? Bagaimana upaya pemerintah menangani kepungan sampah impor ini? Simak selengkapnya dalam video di atas.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan