Woman
·
4 Oktober 2020 12:24

3 Hal tentang Makeup Kedaluwarsa yang Perlu Kamu Ketahui

Konten ini diproduksi oleh kumparan
3 Hal tentang Makeup Kedaluwarsa yang Perlu Kamu Ketahui (31700)
3 Hal tentang Makeup Kedaluwarsa yang Perlu Kamu Ketahui. Foto: Shutterstock
Bagi pengguna makeup, merelakan produk yang isinya belum habis tentu akan terasa sulit. Apalagi bila kamu membelinya dengan harga yang fantastis atau bahkan rela menabung untuk membeli produk tertentu.
ADVERTISEMENT
Meski rasanya sangat disayangkan bila harus dibuang, ternyata itu merupakan cara yang tepat untuk menghindarkan kamu dari risiko penggunaan makeup kedaluwarsa atau masa pakainya telah habis. Karena, setiap produk kecantikan memiliki masa pakainya masing-masing yang harus diperhatikan. Misalnya saja penggunaan skin care yang hanya bisa dipakai dalam jangka waktu 6 bulan hingga 1 tahun, hingga lipstik yang bisa digunakan sampai tiga tahun.
Berikut ini merupakan beberapa fakta seputar makeup kedaluwarsa yang perlu kamu tahu agar terhindar dari dampak negatifnya.

Berapa lama produk makeup bisa digunakan?

3 Hal tentang Makeup Kedaluwarsa yang Perlu Kamu Ketahui (31701)
Perhatikan tanggal, bulan dan tahun kadaluwarsa dari makeup. Foto: Shutterstock
Pada produk makeup biasanya tertera tanggal kedaluwarsa yang menandakan kapan batas waktu memakai produk tersebut. Melansir dari Healthline, produk yang disimpan dengan benar di tempat sejuk dan kering, biasanya akan bertahan 2 sampai 3 tahun.
ADVERTISEMENT
Bila bahan dalam produk tersebut dibuat dengan bahan alami, daya tahannya pun akan semakin berkurang karena bahannya akan lebih cepat membusuk. Namun bila menggunakan pengawet, meski bisa tahan lebih lama, kamu perlu tahu kalau pengawet pun ada batasnya dan tidak bisa bekerja maksimal terus-menerus.

Apakah bisa digunakan setelah tanggal kedaluwarsa?

3 Hal tentang Makeup Kedaluwarsa yang Perlu Kamu Ketahui (31702)
Ilustrasi makeup kadaluwarsa. Foto: Shutterstock
Simbol Period After Opening (PAO) yang ada pada produk menandakan berapa lama produk makeup itu bisa digunakan setelah dibuka. Bila sudah melewati batasnya, segera buang produk yang kedaluwarsa karena kinerjanya tidak lagi maksimal seperti saat awal pembelian.
Dari semua produk makeup, lip liner dan eyeliner memiliki masa kedaluwarsa yang paling lama. Untuk memastikannya bertahan lebih lama, biasakan cuci tangan sebelum mengaplikasikan makeup dan bersihkan kuas riasan secara teratur. Sebisa mungkin, hindari meminjamkan produk dan peralatan makeup punyamu ke orang lain ya, Ladies.
ADVERTISEMENT

Apa dampaknya menggunakan produk kedaluwarsa?

3 Hal tentang Makeup Kedaluwarsa yang Perlu Kamu Ketahui (31703)
Produk makeup kadaluwarsa bisa merusak kulit. Foto: Shutterstock
Riasan yang kedaluwarsa biasanya akan menjadi kering, kemerahan hingga timbul iritasi. Maka dari itu, penting juga untuk menyingkirkan seluruh produk makeup yang sudah melewati masa kedaluwarsa karena selain bisa mempengaruhi kesehatan kulit, juga membahayakan daerah mata yang sensitif. Tentunya, akan lebih baik membeli produk makeup baru dibanding kamu harus melakukan pengobatan kulit dan mata akibat teriritasi produk kedaluwarsa, kan Ladies?
Penulis: Adinda Cindy Lapod