Woman
·
3 Februari 2021 11:35

3 Manfaat Air Garam untuk Kecantikan Kulit Hingga Rambut

Konten ini diproduksi oleh kumparan
3 Manfaat Air Garam untuk Kecantikan Kulit Hingga Rambut (159033)
Ilustrasi air garam Foto: Shutterstock
Air garam berasal dari air laut yang mengandung asam cukup tinggi dan biasanya dijadikan sebagai obat sariawan. Tetapi tahukah kamu bahwa air garam dapat juga memberikan manfaat untuk kecantikan kulit serta rambut?
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Stylecaster, air garam yang berasal dari laut atau dibuat sendiri di rumah dengan mencampurkan garam laut atau garam epsom dengan air memiliki manfaat yang baik untuk menenangkan hingga membuat kulit menjadi lebih halus. Penyebabnya karena kandungan magnesium yang terdapat di dalam garam yang membantu detoksifikasi tubuh.
Nah, apakah kamu penasaran manfaat kecantikan apa saja yang dihasilkan dari air garam ini? Seperti yang dikutip dari Stylecaster, berikut kumparanWOMAN telah merangkumnya hanya untuk kamu.

1. Memperbaiki kondisi kulit

3 Manfaat Air Garam untuk Kecantikan Kulit Hingga Rambut (159034)
Kulit sehat bebas jerawat. Foto: Shutterstock
Air garam terutama garam laut mengandung mineral ramah untuk membuat kulit menjadi lebih sehat seperti, magnesium, kalsium, dan juga kalium. Selain itu, air garam juga bermanfaat untuk menyerap racun di dalam tubuh dan kulit yang menjadi penyebabnya munculnya jerawat. Kondisi kulitmu yang sebelumnya kering akan menjadi lebih lembab jika rutin menggunakan air garam ini. Minyak yang berlebih di wajahmu juga akan berkurang dan pori-pori di wajah tidak lagi tersumbat.
ADVERTISEMENT
Untuk pengaplikasiannya, kamu dapat menjadikan air garam sebagai scrub wajah dengan mencampurkan daun mint serta cuka apel. Setelah mengaplikasikannya ke seluruh wajah, cukup pijat secara perlahan dengan gerakan melingkar. Saat membilasnya pun, usahakan kamu menggunakan air hangat.

2. Mengangkat sel kulit mati

3 Manfaat Air Garam untuk Kecantikan Kulit Hingga Rambut (159035)
Air garam PTR Foto: Shutterstock
Penggunaan makeup, polusi, kotoran, dan minyak menjadi salah satu pemicu dari penumpukan sel kulit mati di wajah. Oleh sebab itu sangat penting dilakukan pengangkatan sel kulit mati agar tidak menyebabkan munculnya jerawat. Tak hanya mengobati kondisi kulit, air garam juga memiliki manfaat untuk mengangkat sel kulit mati.
Hampir sama dengan manfaat sebelumnya, kamu bisa menjadikan air garam ini sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mati. Pasalnya, air garam juga membantu membuka pori-pori untuk pembersihan yang mendalam hingga hasilnya akan maksimal. Dengan terangkatnya sel kulit mati di wajah, maka kulit kamu akan otomatis menjadi lebih halus dan lembab.
ADVERTISEMENT

3. Menyehatkan rambut

3 Manfaat Air Garam untuk Kecantikan Kulit Hingga Rambut (159036)
Ilustrasi Rambut Panjang Foto: Shutterstock
Tidak hanya kulit wajah, rambut juga menjadi penunjang penampilan seseorang supaya dapat terlihat lebih menarik. Maka dari itu diperlukan perawatan yang juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Nah, Ladies, penggunaan air garam juga dapat kamu manfaatkan untuk membuat rambut menjadi semakin sehat.
Caranya pun tidak sulit, kamu cukup menyemprotkan air garam ke arah rambut setelah keramas. Semprotan air garam ini mengandung magnesium sulfat yang dapat memberikan kualitas rambut yang lebih baik. Untuk kamu yang memiliki rambut bergelombang, air garam juga dapat membantu kamu mendapatkan tekstur rambut yang alami.
Penulis : Johanna Aprillia