Woman
·
9 Januari 2021 18:15

4 Cara Membersihkan Sepatu Sesuai Bahan Agar Bersih dan Awet

Konten ini diproduksi oleh kumparan
4 Cara Membersihkan Sepatu Sesuai Bahan Agar Bersih dan Awet (420297)
Cara Membersihkan Sepatu Sesuai Bahan Agar Bersih dan Awet. Foto: Shutter Stock
Sepatu menjadi salah satu barang fashion penting yang bisa menunjang penampilan. Jadi tak heran kalau perempuan gemar mengoleksi sepatu yang terbuat dari berbagai bahan. Mulai dari sepatu kulit, suede, nilon, hingga kanvas.
ADVERTISEMENT
Berbagai jenis bahan sepatu tersebut tentu memiliki cara perawatan yang berbeda-beda pula. Jika selama ini kamu sering merawat sepatu dengan cara yang sama, maka kamu harus lebih berhati-hati lagi Ladies. Sebab cara yang kurang tepat justru bisa merusak bahan dan ketahanan sepatu. Alhasil sepatu kamu jadi cepat rusak alias tidak awet.
Nah, untuk tahu bagaimana cara membersihkan sepatu sesuai bahan, berikut kumparanWOMAN rangkum dari berbagai sumber.

1. Sepatu kanvas

4 Cara Membersihkan Sepatu Sesuai Bahan Agar Bersih dan Awet (420298)
Sepatu berbahan kanvas. Foto: Foto : Dok.Converse
Bahan sepatu yang satu ini sangat mudah menyerap air, warnanya mudah pudar, dan noda mudah menempel. Oleh karena itu, penggunaan dan perawatannya juga harus hati-hati.
Untuk membersihkannya, siapkan perlengkapan seperti sikat halus atau sikat gigi bekas, ember kecil, detergen dan air hangat. Kemudian campur detergen dan air hangat. Perlu diingat, hindari untuk merendam sepatu berbahan kanvas karena warnanya akan lebih cepat memudar dan lem solnya mudah terkelupas.
ADVERTISEMENT
Cukup celupkan sikat pada air lalu gosokkan pada permukaan dan bagian dalam sepatu. Setelah itu bilas dengan air mengalir dan langsung jemur di tempat yang tidak terpapar matahari langsung.

2. Sepatu kulit

4 Cara Membersihkan Sepatu Sesuai Bahan Agar Bersih dan Awet (420299)
Ilustrasi Sepatu Berbahan Kulit. Foto: Dok. Freepik
Sepatu berbahan kulit tidak boleh dicuci dengan sembarang sabun. Bahan sabun yang terlalu keras atau tidak sesuai bisa membuat permukaan sepatu kulit akan mudah terkelupas.
Untuk mencuci sepatu berbahan kulit, sebaiknya Ladies menggunakan sampo atau kondisioner agar sepatu kulit tetap awet dan warnanya tidak berubah. Sebisa mungkin hindari penggunaan sikat saat mencuci, sebagai opsi kamu bisa menggunakan kain berbahan microfiber yang halus. Untuk penyimpanan, simpanlah di tempat yang kering dan hindari di area lembap karena bisa merusak kulit sepatu.
ADVERTISEMENT

3. Sepatu suede

4 Cara Membersihkan Sepatu Sesuai Bahan Agar Bersih dan Awet (420300)
Ilustrasi sepatu berbahan suede. Foto: Dok. Vans
Sepatu berbahan suede seringkali dihindari oleh banyak perempuan karena perawatannya yang cukup sulit. Pasalnya, bahan ini bisa langsung rusak atau tekstur permukaan sepatu jadi berbeda bahkan mengeras saat terkena air.
Jadi sangat disarankan agar kamu membersihkan sepatu berbahan suede dengan kain atau sikat halus dengan gerakan satu arah. Apabila ada noda kecil, kamu bisa menghilangkannya dengan penghilang noda khusus yang bisa dilakukan 1-2 kali seminggu tergantung masa pemakaian sepatu.

4. Sepatu nilon

Sepatu berbahan nilon ini biasanya digunakan untuk olahraga atau biasa disebut dengan sepatu olahraga. Sepatu yang satu ini lebih mudah dibersihkan karena punya ketahanan yang kuat. Bahkan Ladies bisa mencucinya dengan mesin cuci menggunakan detergen biasa.
4 Cara Membersihkan Sepatu Sesuai Bahan Agar Bersih dan Awet (420301)
Ilustrasi sepatu berbahan nilon. Foto: Unsplash
Sebelum memasukkannya ke dalam mesin, jangan lupa untuk melepas lapisan kaki di dalamnya untuk dicuci secara terpisah. Tapi kalau tak ingin mencucinya dengan mesin, kamu bisa membersihkan sepatu berbahan nilon dengan sikat, air, dan detergen.
ADVERTISEMENT
Setelah bersih dan dibilas, keringkan sepatu dengan cara dijemur. Hindari mengeringkannya dengan pengering mesin cuci. Untuk membuat alas di dalamnya tidak mudah bau dan timbul jamur, semprot dulu dengan desinfektan sebelum dimasukkan kembali ke dalam sepatu.