4 Cara Tepat Menggunakan Retinol Bagi Pemula

5 Agustus 2022 20:21
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi perempuan sedang memakai retinol. Foto: Shutetrstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan sedang memakai retinol. Foto: Shutetrstock
ADVERTISEMENT
Retinol menjadi salah satu kandungan skin care yang banyak dibicarakan belakangan ini. Buat kamu yang belum begitu kenal, retinol berasal dari vitamin A yang berperan dalam membantu mengatasi jerawat dan penuaan dini.
ADVERTISEMENT
Retinol kerap hadir sebagai serum, gel, dan krim. Bila kamu ingin menggunakan produk perawatan kulit dengan retinol untuk pertama kali, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.
Mengutip Healthline, kamu bisa memulai menggunakan produk skin care yang memiliki konsentrasi retinol sangat rendah, seperti 0,1-0,25 persen. Bila ingin beralih ke konsentrasi yang lebih tinggi, kamu bisa menggunakan yang mengandung retinol 5 persen.
Kamu juga perlu memerhatikan panduan menggunakan retinol dalam keseharian. Melansir dari Healthline, berikut ini cara tepat memulai menggunakan retinol dalam rutinitas perawatan kulit kamu.

1. Mencuci muka terlebih dahulu

Ilustrasi mencuci muka. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mencuci muka. Foto: Shutterstock
Sebelum menggunakan produk dengan kandungan retinol, kamu perlu mencuci muka terlebih dahulu dan tunggu sampai kulit benar-benar kering. Produk tertentu yang mengandung retinol mungkin bekerja lebih baik bila dioleskan pada kulit lembap. Namun, ada pula yang justru meningkatkan iritasi saat retinol diaplikasikan pada kulit lembap.
ADVERTISEMENT

2. Mengaplikasikan pelembap

Retinol dan pelembap merupakan kombinasi yang sempurna agar kulit terhindar dari iritasi dan kering. Mengutip Allure, penelitian bahkan telah menunjukkan bahwa menggunakan retinol setelah pelembap dapat meminimalisir iritasi kulit.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Melansir dari Today, ahli bedah plastik bersertifikat asal Washington, Amerika Serikat, Dr. Troy Pittman juga menyarankan untuk mengaplikasikan pelembap terlebih dahulu, kemudian retinol.
“Melembapkan terlebih dahulu sebelum mengoleskan retinol tidak akan mengganggu kemampuan retinol menyerap ke dalam kulit. Pelembap akan membuat retinol sedikit lebih lembut di kulit, dan akan melindungi kulit dari potensi kekeringan,” ungkapnya.

3. Pakai seukuran kacang polong

Ilustrasi Mengaplikasikan Serum yang Mengandung Retinol. Foto: Dok. Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Mengaplikasikan Serum yang Mengandung Retinol. Foto: Dok. Shutterstock
Kamu dapat menggunakan produk skin care mengandung retinol seukuran kacang polong. Mulailah mengoleskannya dari dagu, lalu ke area di atasnya, kemudian teruskan sampai ke seluruh wajah.
ADVERTISEMENT
Pemakaian retinol seukuran kacang polong mungkin tidak terlihat sedikit. Namun, lebih banyak juga belum tentu lebih baik. Penggunaan retinol secara berlebihan bisa menimbulkan iritasi, gatal, dan kulit bersisik.

4. Gunakan sesuai jenis kulit

Kebanyakan orang menggunakan produk skin care dengan retinol hampir setiap hari. Namun, pemakaiannya sebenarnya tergantung pada seberapa sensitif kulit kamu dan seberapa banyak retinol yang digunakan.
Kamu bisa menggunakan retinol sekali atau dua kali per minggu pada awalnya. Setelah itu, kamu dapat meningkatkan frekuensi pemakaiannya.
Hal ini lantaran retinol memberikan efek kering pada kulit, terlebih bila kulit kamu sensitif. Jadi, kamu bisa memberi waktu pada kulit untuk menyesuaikan diri dengan perubahan rutinitas perawatan kulit dengan retinol.