Woman
·
30 Juni 2021 12:26
·
waktu baca 3 menit

4 Hal yang Bisa Dilakukan Korban Kekerasan Jika Belum Siap Cerita ke Orang Lain

Konten ini diproduksi oleh kumparan
4 Hal yang Bisa Dilakukan Korban Kekerasan Jika Belum Siap Cerita ke Orang Lain (1369)
searchPerbesar
Hal yang Bisa Dilakukan Korban Kekerasan Jika Belum Siap Cerita ke Orang Lain. Foto: Pixabay
The Body Shop Indonesia kembali meluncurkan kampanye baru dalam upaya membantu mengatasi kekerasan terhadap perempuan. Bersama dengan Plan Indonesia, Magdalene, Yayasan Pulih, dan Makassar International Writers Festival, The Body Shop Indonesia menggelar kampanye No! Go! Tell! (Katakan Tidak, Jauhi, Laporkan).
ADVERTISEMENT
Kampanye ini bertujuan agar para korban bisa mendapat edukasi karena selama belum ada hukum yang kuat, kita perlu memberdayakan diri dan orang lain saat berada dalam situasi rawan kekerasan seksual. Untuk itu, brand kecantikan asal Inggris ini mengadakan webinar dengan tema 'Kekerasan Seksual: Perspektif Klinis dan Hukum Serta Penanganannya'.
Salah satu topik yang dibahas dalam webinar ini adalah cara untuk menolong diri sendiri saat belum berani menceritakan kekerasan atau pelecehan seksual yang dialami.
Untuk Anda yang juga ingin tahu caranya, kumparanWOMAN telah merangkum beberapa langkah yang bisa diterapkan. Simak selengkapnya berikut ini.

1. Membentuk ruang aman untuk diri sendiri

Menjadi korban kekerasan atau pelecehan seksual bukanlah hal yang mudah. Selain merasa takut dan trauma, kondisi ini juga bisa membuat kita memandang rendah diri sendiri hingga berpotensi memicu tindakan berbahaya pada diri sendiri.
4 Hal yang Bisa Dilakukan Korban Kekerasan Jika Belum Siap Cerita ke Orang Lain (1370)
searchPerbesar
Ilustrasi rumah aman untuk perempuan. Foto: Shutter Stock
Oleh karena itu, menurut Fuye Ongko, Associate Psychologist Yayasan Pulih, kita harus memastikan keamanan diri dengan membentuk safety net atau ruang aman bagi diri sendiri.
ADVERTISEMENT
"Tak sedikit para korban kekerasan yang belum mau bercerita karena berbagai hal, bisa jadi mungkin kondisi emosi yang belum stabil atau adanya tekanan dari luar,. Untuk itu, penting bagi korban untuk memiliki kontak-kontak orang terdekat sehingga ada yang bisa dihubungi ketika ingin melakukan hal buruk bagi diri sendiri," ungkap Fuye Ongko dalam webinar Kekerasan Seksual: Perspektif Klinis dan Hukum Serta Penanganannya bersama Yayasan Pulih dan The Body Shop Indonesia, pada (29/6)

2. Melakukan kegiatan positif untuk membuat emosi stabil

4 Hal yang Bisa Dilakukan Korban Kekerasan Jika Belum Siap Cerita ke Orang Lain (1371)
searchPerbesar
Ilustrasi Meditasi Foto: Dok. Shutterstock
Setelah memastikan diri aman, hal lain yang bisa dilakukan untuk menolong diri sendiri adalah dengan melakukan kegiatan positif. Ini bertujuan untuk membuat emosi lebih stabil. Kegiatan yang dilakukan menurut Fuye bisa apa saja. Kita bisa melakukan hobi masing-masing, mengontrol emosi lewat seni, berolahraga, atau melakukan kegiatan menyenangkan lainnya.
ADVERTISEMENT
Lalu kalau tiba-tiba mengingat kembali kejadian yang dialami, kita bisa melakukan teknik butterfly hug atau pelukan kupu-kupu. Metode ini merupakan bentuk stimulasi mandiri untuk meredam rasa cemas dan menenangkan diri.
4 Hal yang Bisa Dilakukan Korban Kekerasan Jika Belum Siap Cerita ke Orang Lain (1372)
searchPerbesar
Cara melakukan butterfly hug. Foto: Dok. Fuye Ongko, Yayasan Pulih Indonesia
Cara melakukannya cukup mudah, kita hanya perlu meletakkan kedua telapak tangan di depan dada, lalu silangkan kedua tangan hingga kedua ibu jari kita bersentuhan. Setelah itu kaitkan ibu jari sambil menempelkan telapak tangan ke dada. Usahakan ujung-ujung jari kita menyentuh lengan atau pundak. Kemudian tepukkan telapak tangan kiri ke lengan atau pundak sebelah kanan layaknya sayap kupu-kupu yang dikepakkan. Setelah 5 tepukan, tarik napas dalam dan hembuskan. Lalu lakukan hal serupa dengan telapak tangan kiri.

3. Melakukan edukasi dan pendekatan secara bertahap

4 Hal yang Bisa Dilakukan Korban Kekerasan Jika Belum Siap Cerita ke Orang Lain (1373)
searchPerbesar
Ilustrasi perempuan mencari informasi. Foto: dok. Unsplash
Penting bagi korban untuk mengetahui informasi seputar hal-hal yang bisa dilakukan setelah mengalami kekerasan atau pelecehan seksual. Kita harus mengedukasi diri soal rumah aman, bagaimana cara mendapat bantuan hukum dari lembaga masyarakat, apa yang perlu dilakukan untuk melakukan konseling supaya bisa bercerita dengan aman dan nyaman.
ADVERTISEMENT

4. Tak perlu buru-buru, semua bisa diproses secara perlahan

4 Hal yang Bisa Dilakukan Korban Kekerasan Jika Belum Siap Cerita ke Orang Lain (1374)
searchPerbesar
Ilustrasi Perempuan Foto: Freepik
Semua langkah di atas bisa dilakukan dengan maksimal apabila kita sudah merasa siap. Dan rasa siap pada setiap orang tentu berbeda-beda. Ada korban yang ingin segera bercerita dan menindaklanjuti secara hukum, ada yang memilih diam dan memendam trauma mendalam, ada juga yang hanya berani bercerita secara anonim agar lebih bebas dan tidak dihakimi. Semua ini membutuhkan proses yang tidak mudah.
Oleh karena itu, Fuye Ongko juga menyarankan agar para korban mengambil waktu sebanyak mungkin untuk menenangkan diri, mencerna apa yang sudah terjadi pada dirinya, dan menguatkan serta memberi semangat pada diri sendiri bahwa mereka bisa melalui semua kesulitan.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020