Woman
·
23 April 2021 17:22

4 Manfaat Puasa untuk Kecantikan Kulit Perempuan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
4 Manfaat Puasa untuk Kecantikan Kulit Perempuan (206240)
Ilustrasi wajah kulit sehat. Foto: Shutterstock
Puasa adalah kegiatan yang wajib dijalani oleh umat muslim ketika memasuki bulan Ramadhan. Selain untuk beribadah, puasa juga memberikan manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit terutama untuk perempuan loh, Ladies!
ADVERTISEMENT
Meskipun harus menahan lapar dan minum selama hampir 13 jam, ternyata hal tersebut justru mendatangkan beragam manfaat untuk kulit kamu. Pasalnya, puasa merupakan kegiatan detoksifikasi yang bermanfaat untuk mengurangi racun di dalam tubuh. Dengan begitu, racun yang menjadi penyebab munculnya masalah kecantikan dapat berkurang dan bisa menjadi cara untuk kamu mempercantik kembali kondisi kulit.
Lantas, manfaat apa saja yang akan didapatkan dari berpuasa untuk kecantikan kulit? Mengutip Cleverism, berikut kumparanWOMAN telah merangkumnya untuk kamu. Simak di bawah ini, Ladies!

1. Mengatasi permasalahan jerawat

4 Manfaat Puasa untuk Kecantikan Kulit Perempuan (206241)
Ilustrasi Perempuan Memencet Jerawat Foto: Shutterstock
Puasa membantu tubuh untuk beristirahat dari pekerjaannya yaitu mencerna makanan. Dengan begitu, tubuh akan lebih fokus untuk meningkatkan fungsi kerja organ lainnya seperti hati, ginjal, dan juga kulit.
ADVERTISEMENT
Secara tidak langsung, kulit akan meregenerasi sel-sel kulit mati yang ada di tubuh sehingga pertumbuhan jerawat akan semakin berkurang. Tidak hanya pertumbuhan jerawat, bekas-bekasnya pun akan perlahan mulai memudar seiring berjalannya waktu.

2. Kulit wajah jadi lebih cerah

4 Manfaat Puasa untuk Kecantikan Kulit Perempuan (206242)
Ilustrasi wajah kulit sehat. Foto: Shutterstock
Selain masalah jerawat, cerahnya wajah saat berpuasa juga disebabkan karena aktivitas tubuh yang ingin lebih fokus pada fungsi hati, ginjal, dan kulit. Namun, proses detoksifikasi juga merupakan hal yang menjadi penyebab utama mengapa kulit menjadi lebih cerah.
Terlebih proses tersebut dapat membuat tubuh lebih mudah menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Kemudahan menyerap nutrisi ini yang berpengaruh hingga membuat kulit wajah menjadi lebih cerah dibandingkan sebelumnya.

3. Kulit wajah jadi awet muda

4 Manfaat Puasa untuk Kecantikan Kulit Perempuan (206243)
Ilustrasi perempuan awet muda Foto: Shutterstock
Puasa menyebabkan kadar gula yang ada di dalam tubuh menurun. Hal ini membuat tubuh mulai beradaptasi dengan salah satu molekul yang disebut dengan keton. Meski terdengar asing, keton memiliki peran untuk merangsang pembelahan sel yang menyusun dinding pembuluh darah.
ADVERTISEMENT
Nah, karena pembelahan sel inilah kulit akan terhindar dari penuaan dini. Oleh sebab itu, puasa menjadi salah satu ajang untuk kamu mengembalikan kembali kondisi kulit menjadi lebih muda.

4. Mengurangi iritasi kulit

4 Manfaat Puasa untuk Kecantikan Kulit Perempuan (206244)
Ilustrasi kulit wajah. Foto: Dok. Freepik
Menurut salah satu studi dari U.S National Library of Medicine, disebutkan bahwa puasa memberi manfaat untuk sebagian perempuan agar terhindar dari sejumlah penyakit kulit. Salah satu penyakit kulit yang sering ditemui adalah iritasi atau ruam.
Sebab di hari-hari biasanya sebelum memasuki bulan puasa, kulit akan mengalami beberapa kontak dengan zat-zat berbahaya yang mampu memunculkan penyakit kulit. Salah satu contoh dari zat-zat berbahaya adalah asap rokok yang menyentuh kulit sehingga menyebabkan iritasi atau kemerahan.
Penulis: Johanna Aprillia