Woman
·
10 Januari 2021 14:37

4 Prediksi Tren Gaun Pengantin di 2021: Salah Satunya Konsep Sustainability

Konten ini diproduksi oleh kumparan
4 Prediksi Tren Gaun Pengantin di 2021: Salah Satunya Konsep Sustainability (12866)
Prediksi Tren Gaun Pengantin 2021 Foto: Dok. ASOS dan Dok. Valentine Avoh
Gaun pengantin merupakan salah satu komponen penting dalam pernikahan. Biasanya, gaun pengantin hadir dengan berbagai pilihan dan model; seperti gaun strapless yang simpel, ball gown bersiluet klasik, hingga mermaid dress yang seksi dan glamour. Semua model itu bisa disesuaikan dengan kepribadian, lokasi, hingga tema pesta pernikahan.
ADVERTISEMENT
Berbicara soal gaun pengantin, setiap tahunnya gaun pengantin memiliki tren tersendiri yang berkembang cukup dinamis. Di 2021 misalnya, beberapa ahli memprediksi bahwa gaun pengantin yang akan populer di tahun ini bakal terlihat lebih simpel namun tetap menciptakan kesan yang menawan.
Lalu, gaun pengantin seperti apa saja yang akan tren di 2021? Buat Anda yang sedang mempersiapkan pesta pernikahan di 2021, yuk simak beberapa prediksi trennya seperti dikutip dari Who What Wear berikut ini.

1. Memilih dua setelan

4 Prediksi Tren Gaun Pengantin di 2021: Salah Satunya Konsep Sustainability (12867)
Kate Middleton. Foto: Getty Images/WPA Pool/John Stillwell
Tren memilih dua setelan gaun pengantin kabarnya akan kembali menjadi tren di 2021. Hal itu disampaikan oleh pendiri label gaun pengantin asal Australia Grace Loves Lace, Megan Ziems, dan desainer asal Inggris, Kate Halfpenny. Menurut keduanya, tren itu pertama kali muncul ketika banyak pasangan harus menunda acara pernikahannya karena pandemi COVID-19.
ADVERTISEMENT
“Saya pikir di 2021 nanti, pengantin perempuan akan membeli dua setelan gaun pengantin; satu untuk pernikahan dengan skala kecil (mikro) dan satu lagi untuk perayaan yang lebih besar,” kata Megan Ziems kepada Who What Wear.
Ziems melanjutkan, bahwa untuk acara pernikahan dengan skala kecil, pengantin perempuan cenderung akan memilih gaun yang lebih minimalis. “Sebaliknya untuk pesta pernikahan yang lebih besar, mereka akan memilih tampilan yang lebih tradisional dan dramatis,” tambahnya.

2. Gaun pengantin dengan model yang lebih simpel

4 Prediksi Tren Gaun Pengantin di 2021: Salah Satunya Konsep Sustainability (12868)
Prediksi Tren Gaun Pengantin 2021 Foto: Dok. Valentine Avoh
Menurut prediksi situs fashion asal Inggris, Net-a-Porter, gaun pengantin dengan model yang lebih simpel akan kembali menjadi primadona di 2021. Itu karena, pandemi COVID-19 yang belum usai akan membuat beberapa pengantin mencari model gaun yang serbaguna dengan siluet yang ramping dan sederhana.
ADVERTISEMENT
Hal yang sama juga disampaikan oleh desainer asal Belgia, Valentine Avoh. Menurutnya, di 2021 nanti, beberapa pengantin perempuan akan mencari gaun pengantin yang lebih sederhana dan tidak berlebihan.
“Di 2021 nanti, pengantin perempuan tidak ingin terlalu ‘pamer’ dengan gaun pengantinnya. Mereka justru akan lebih fokus mencari kain yang bagus dengan model yang tidak terlalu berlebihan,” terang Valentine Avoh kepada Who What Wear.

3. Gaun pengantin dengan konsep sustainability

4 Prediksi Tren Gaun Pengantin di 2021: Salah Satunya Konsep Sustainability (12869)
Prediksi Tren Gaun Pengantin 2021 Foto: Dok. ASOS
Selain model yang lebih simpel, rupanya gaun pengantin dengan konsep sustainability juga akan menjadi primadona di 2021. Hal itu berdasarkan data yang dirilis situs fashion asal Inggris, Lyst. Menurut laporannya, Lyst menyebut bahwa penelusuran online dengan kata kunci ‘gaun pengantin vintage’ dan ‘gaun pengantin bekas’ naik hingga 38 persen dari tahun ke tahun, dengan rata-rata 20 ribu penelusuran setiap bulannya.
ADVERTISEMENT
Sependapat dengan data yang dirilis oleh Lyst, situs Net-a-Porter juga mengungkapkan bahwa tren ini akan menjadi primadona di 2021. “Banyak pelanggan kami mencari model gaun pengantin yang berkelanjutan. Maksudnya, gaun pengantin itu bisa mereka pakai kembali setelah hari istimewanya. Beberapa model gaun pengantin yang banyak dicari adalah jas hingga slip dress,” tulis Net-a-Porter.

4. Gaun pengantin dengan konsep separate

4 Prediksi Tren Gaun Pengantin di 2021: Salah Satunya Konsep Sustainability (12870)
Prediksi Tren Gaun Pengantin 2021 Foto: Dok. Valentine Avoh
Tren terakhir adalah gaun pengantin dengan konsep separate atau terpisah. Maksudnya, gaun pengantin itu memiliki dua potongan (misalnya atasan dan bawahan) yang bisa dipakai secara terpisah.
“Gaun pengantin dengan two pieces (dua potong) ini sangat ramah lingkungan. Karena Anda bisa mengenakan kembali atasan atau roknya secara terpisah. Selain itu, Anda juga bisa memadupadankan atasan atau roknya itu dengan pakaian yang lain,” tutup Valentine Avoh.
ADVERTISEMENT