Woman
·
4 Desember 2020 8:24

5 Bahan Alami yang Bisa Mengatasi Nyeri dan Melancarkan Haid

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Bahan Alami yang Bisa Mengatasi Nyeri dan Melancarkan Haid (10477)
searchPerbesar
5 Bahan Alami yang Bisa Mengatasi Nyeri dan Melancarkan Haid. Foto: shutterstock
Bagi sebagian perempuan, menstruasi atau haid bisa jadi masa-masa yang paling tidak nyaman. Hal ini disebabkan karena sebagian dari kita mengalami haid yang kurang lancar, terlambat datang bulan, atau merasakan nyeri yang tak tertahankan.
ADVERTISEMENT
Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari stres, pola makan yang tidak diperhatikan, hingga faktor lain yang dapat memperburuk masa haid.
Namun Ladies tak perlu khawatir, haid tidak lancar dan rasa nyeri yang kamu rasakan bisa diatasi dengan berbagai cara. Salah satunya adalah mengkonsumsi bahan alami yang punya manfaat tertentu pada tubuh atau organ reproduksi kita.
Kira-kira bahan alami apa saja yang bisa memperlancar dan mengurangi rasa nyeri saat haid, simak selengkapnya berikut ini.

1. Kunyit

5 Bahan Alami yang Bisa Mengatasi Nyeri dan Melancarkan Haid (10478)
searchPerbesar
Ilustrasi kunyit. Foto: Shutterstock
Melansir Healthline, kunyit memiliki kandungan curcumin, sebuah komponen bioaktif yang membuat tumbuhan berwarna oranye ini memiliki sifat anti-peradangan. Kandungan aktif tersebut mampu meredakan kontraksi yang terjadi pada otot rahim saat menstruasi.
Selain itu, kunyit juga bisa melancarkan peredaran darah, jadi saat mens darah yang keluar bisa lebih lancar dan saat sudah selesai, rahim jadi lebih bersih karena semua darah kotor sudah dikeluarkan. Tumbuhan yang memiliki nama biologi Curcuma Ionga ini juga memiliki sifat analgesik yang tidak hanya bisa mengurangi nyeri perut, tetapi juga nyeri pada seluruh bagian tubuh. Artinya, kunyit juga dapat mengatasi sakit pinggang dan pegal-pegal di sekujur tubuh yang umumnya dirasakan oleh perempuan yang sedang menstruasi.
ADVERTISEMENT

2. Jahe

5 Bahan Alami yang Bisa Mengatasi Nyeri dan Melancarkan Haid (10479)
searchPerbesar
Air jahe Foto: Shutter Stock
Tak hanya berfungsi mengatasi masuk angin atau mengatasi rambut rontok, jahe juga dikenal sebagai emenagog atau herbal yang bisa menstimulasi aliran darah di area panggul dan uterus, serta bisa merangsang menstruasi.
Kandungan-kandungan yang ada di dalamnya seperti minyak atsiri, vitamin A, B2, C, karbohidrat, serta, lemak, kalsium, zat besi, sodium, fosfor, dan niasin dianggap bisa mempercepat menstruasi yang terlambat. Nah, jika kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal, Ladies bisa meminum air rebusan jahe yang dicampur dengan madu secara rutin.

3. Batang seledri

5 Bahan Alami yang Bisa Mengatasi Nyeri dan Melancarkan Haid (10480)
searchPerbesar
Batang seledri Foto: Pixabay
Menurut laporan dari India Times, mengkonsumsi batang seledri bisa memperlancar peredaran darah di area panggul dan uterus. Manfaat ini ternyata bisa berpengaruh pada menstruasi kamu. Aliran darah yang lancar pada panggul dan uterus bisa membuat darah menstruasi keluar lebih lancar jika kamu rutin mengkonsumsi seminggu sebelum atau selama masa menstruasi.
ADVERTISEMENT

4. Daun dan buah pepaya

5 Bahan Alami yang Bisa Mengatasi Nyeri dan Melancarkan Haid (10481)
searchPerbesar
Daun pepaya Foto: Shutter Stock
Meski memiliki rasa yang cenderung pahit, ternyata daun pepaya dipercaya bisa memperlancar menstruasi. Alasanya, daun ini mengandung vitamin yang cukup lengkap seperti A, B, C, D, dan E, serta kalsium.
Untuk mendapatkan manfaatnya, ambil sekitar 3-4 helai daun pepaya muda. Setelah itu bersihkan dan rebus dengan segelas air sampai mendidih. Selagi panas, tambahkan sedikit asam jawa dan garam, lalu aduk hingga larut. Tunggu sampai hangat dan minum secara rutin.
Tak hanya daunnya, buah pepaya juga bisa memperlancar haid. Kandungan karoten yang ada pada buah ini bisa meningkatkan hormon endorfin yang dapat mempercepat masa haid kalau kamu sedang mengalami menstruasi yang kurang normal.

5. Wortel

5 Bahan Alami yang Bisa Mengatasi Nyeri dan Melancarkan Haid (10482)
searchPerbesar
ilustrasi wortel Foto: Shutterstock
Kaya akan kandungan vitamin A, C, dan iron-nya, wortel tak hanya bisa menyehatkan mata. Sayur berwarna oranye ini ternyata dianggap bisa melancarkan hormon dalam tubuh. Agar bisa merasakan manfaatnya, cobalah untuk mengkonsumsi wortel rebus dua kali sehari pada dua minggu sebelum tanggal menstruasi tiba. Dengan begitu, wortel bisa membantu mencegah keterlambatan waktu menstruasi.
ADVERTISEMENT