kumparan
15 Januari 2020 17:39

5 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Mudah

Ilustrasi bekas jerawat
Ilustrasi perempuan sedang memperhatikan jerawat. Foto: Shutterstock
Seringkali, wajah yang berjerawat membuat kita merasa tidak percaya diri. Berbagai cara pun dilakukan untuk menghilangkannya, termasuk dengan melakukan prosedur-prosedur kecantikan maupun dengan menggunakan makeup untuk menutupi jerawat.
ADVERTISEMENT
Namun, ada kalanya kita terlalu berfokus pada pengobatan-pengobatan yang sulit, tanpa memperhatikan kondisi tubuh maupun kebiasaan sehari-hari. Padahal, ini bisa jadi cara menghilangkan jerawat yang paling ampuh. Hal-hal seperti cara membersihkan wajah dan menjaga pola makan bisa menjadi kunci dalam memberantas jerawat, meski sering luput dari perhatian.
Maka, bila memang ingin membersihkan wajah dari jerawat, tak ada salahnya untuk mulai memperhatikan kebiasaan-kebiasaan ini. Selengkapnya, berikut beberapa cara menghilangkan jerawat yang simpel dan bisa kita coba.

1. Perhatikan cara membersihkan wajah

ILUSTRASI CUCI MUKA
Ilustrasi mencuci muka. Foto: Shutterstock
Saat berusaha menghilangkan jerawat, kita mungkin menjadi lebih rajin membersihkan wajah. Bisa jadi, kita melakukannya agar wajah tidak teriritasi atau karena kita berharap cara ini dapat mempercepat penyembuhan dari jerawat.
ADVERTISEMENT
Namun yang perlu kita perhatikan adalah bagaimana cara membersihkan wajah yang benar. Terutama, saat wajah kita berjerawat. Sebab, cara yang salah justru bisa menjadikan kulit kita teriritasi dan semakin sulit sembuh dari jerawat.
Menurut American Academy of Dermatology Association, kita disarankan untuk membersihkan wajah dua kali sehari saja. Persisnya, saat baru bangun dan saat kita akan tidur, kecuali wajah kita berkali-kali terkena kotoran yang mengganggu.
Selain itu, perhatikan pula pembersih yang Anda gunakan. Hindari menggunakan sabun yang terlalu keras, kain, maupun menggunakan scrub. Alih-alih menghilangkan jerawat, hal-hal ini justru akan membuat wajah Anda semakin teriritasi.

2. Perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi

Ilustrasi makan junk food
Ilustrasi makan junk food Foto: Shutterstock
Meski simpel, terkadang, cara menghilangkan jerawat yang satu ini cenderung sering terlupakan. Kita perlu memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi, karena bisa jadi kita memiliki reaksi alergi terhadap bahan tertentu. Misal, terhadap susu atau telur. Meski orang lain tidak mengalami reaksi apa-apa, ada sebagian di antara kita yang akan mudah berjerawat jika mengonsumsi produk tersebut secara berlebihan. Sehingga, kita lebih baik berhenti mengonsumsi produk ini jika ingin menghilangkan jerawat.
ADVERTISEMENT
Selain itu, secara umum, kita disarankan untuk menghindari terlalu banyak mengonsumsi junk food. Makanan siap saji sering disebut sebagai sumber dari berbagai masalah kulit, termasuk jerawat.

3. Perhatikan level stres dalam tubuh

PTR ilustrasi wanita cemas, stres atau depresi
Ilustrasi perempuan merasa stres. Foto: Shutterstock
Dewi Kauw, founder dari skin care lokal, Skin Dewi, pernah mengatakan bahwa masalah kulit bisa muncul sebagai reaksi psikologis. Misalnya, karena stres atau merasa tertekan dan tidak bahagia akibat hal-hal tertentu. Kemudian, bisa jadi seseorang tidak sembuh-sembuh dari masalah kulitnya, termasuk jerawat, karena secara tidak sadar memiliki ikatan psikologis dengan kondisi tersebut.
"Ada enggak, sesuatu yang bikin dia enggak mau melepaskan masalahnya? Kebanyakan, kalau sudah sampai (menderita masalah kulit) begitu lama, misalkan pola makan sudah diganti dan masih ada masalah, ini artinya dia enggak mau lepas (dari masalah itu)," ujar Dewi saat ditemui dalam acara workshop kulit, beberapa saat lalu.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, penting bagi kita untuk juga memperhatikan kondisi mental masing-masing. Bila ingin menghilangkan jerawat, perhatikanlah mengenai level stres dalam tubuh dan berusahalah untuk menyelesaikan masalah yang membuat stres.

4. Perhatikan kecocokan kulit dengan skin care yang digunakan

Ilustrasi Skincare
Ilustrasi Skincare Foto: Shutterstock
Seringkali, beberapa masalah kulit, termasuk jerawat, muncul karena kita menggunakan skin care yang tidak tepat. Bisa jadi, produk skin care itu terlalu keras bagi kulit kita, memicu reaksi alergi, bahkan menimbulkan jerawat.
Maka, cara menghilangkan jerawat yang bisa kita coba adalah dengan memperhatikan produk skin care yang digunakan. Kita bisa melakukannya dengan memperhatikan komposisi produk, sekaligus memantau efek produk tertentu pada wajah. Bila menemukan produk yang dirasa tidak cocok, buatlah catatan dan segera hentikan penggunaan produk itu. Kemudian, usahakan untuk menghindari produk dengan komposisi serupa di masa depan.
ADVERTISEMENT

5. Hindari menumpuk jerawat dengan riasan

Ilustrasi makeup untuk kencan
Ilustrasi menggunakan makeup untuk menutupi jerawat. Foto: Shutter Stock
Saat berjerawat, kita mungkin merasa terganggu dan kurang percaya diri. Akibatnya, kita pun berusaha menutupi jerawat dengan riasan tebal, agar wajah dapat terlihat mulus seperti sedia kala.
Padahal, hal ini bisa membuat jerawat semakin parah. Riasan yang berlebihan justru bisa menjadikan kulit semakin teriritasi, sampai-sampai menyebabkan bekas jerawat pada kulit wajah.
Maka, kita disarankan untuk tidak menutupi wajah dengan makeup yang terlalu tebal saat berjerawat. Sekalipun harus menggunakan makeup, kita disarankan untuk memilih riasan dengan bahan bebas minyak atau non-comedogenic, agar kondisi kulit tak semakin parah.
Bagaimana, Ladies? Berminat untuk mencoba cara menghilangkan jerawat yang sangat mudah ini?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan