kumparan
search-gray
Woman2 Agustus 2020 18:34

5 Cara Merawat Rambut Panjang Agar Tidak Mudah Patah & Rontok

Konten Redaksi kumparan
5 Cara Merawat Rambut Panjang Agar Tidak Mudah Patah & Rontok (364379)
Ilustrasi Rambut Panjang Foto: Shutterstock
Merawat rambut panjang memang tak semudah yang dipikirkan. Sebab, pemilik rambut panjang biasanya lebih rentan terhadap berbagai masalah rambut. Mulai dari rambut yang mudah bercabang, patah, hingga rontok.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, Anda tak perlu khawatir sebab ada beberapa cara merawat rambut panjang, agar tetap sehat, berkilau, dan juga tidak mudah rontok. Menariknya cara-cara ini juga mudah dipraktikkan dan tak perlu menghabiskan banyak waktu serta biaya. Ingin tahu seperti apa cara merawat rambut panjang? Melansir Refinery29, berikut kumparanWOMAN rangkum untuk Anda.

1. Hindari keramas terlalu sering

5 Cara Merawat Rambut Panjang Agar Tidak Mudah Patah & Rontok (364380)
Ilustrasi Keramas Foto: Dok. Shutterstock
Keramas memang sangat penting karena bisa membersihkan rambut dari berbagai macam kotoran. Namun, keramas yang terlalu sering justru bisa menghilangkan kandungan minyak alami pada rambut, sehingga rambut pun menjadi mudah rusak, patah, dan tampak lebih tipis.
Karena itu, Anda disarankan untuk tidak keramas terlalu sering. Lakukanlah kegiatan ini setiap 2-3 hari sekali. Saat keramas, fokuslah pada bagian tengah dan ujung rambut, karena di sanalah kotoran paling banyak terkumpul.
ADVERTISEMENT

2. Pijat kulit kepala secara rutin

5 Cara Merawat Rambut Panjang Agar Tidak Mudah Patah & Rontok (364381)
ilustrasi memijat kulit kepala saat keramas Foto: shutterstock
Saat keramas, pastikan Anda juga memberikan pijatan lembut di area kulit kepala. Sebab, cara ini terbukti efektif dalam merawat rambut panjang sekaligus meningkatkan ketebalan rambut.
Saat Anda memijat kulit kepala, aliran darah menuju folikel rambut kabarnya akan meningkat. Dengan demikian, rambut pun bisa mendapatkan nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh dengan sehat. Pastikan Anda memijat kepala dengan tepat, berikut beberapa langkah yang bisa Anda ikuti:
  • Cuci rambut menggunakan sampo, lalu bilas hingga bersih
  • Gunakan minyak saat memijat kulit kepala. Anda bisa menggunakan minyak zaitun, minyak kepala, hingga minyak nabati lainnya
  • Pijat kulit kepala dengan lembut dan menyeluruh
  • Saat memijat, gunakan ujung jari dan jangan pernah menggunakan kuku
ADVERTISEMENT

3. Jangan menyisir rambut dalam keadaan basah

5 Cara Merawat Rambut Panjang Agar Tidak Mudah Patah & Rontok (364382)
Ilustrasi Menyisir Rambut Basah Foto: Shutterstock/Zyn Chakrapong
Cara merawat rambut panjang yang satu ini memang tergolong sangat mudah dan sederhana. Meski begitu, Anda harus memperhatikan beberapa hal saat menyisir rambut panjang, agar rambut tidak rontok dan berjatuhan.
Menurut Kelsey Osterman, penata rambut senior asal AS, sisirlah rambut mulai dari bagian bawah. Sebab, bagian tersebut memungkinkan Anda untuk mengatasi rambut kusut tanpa menarik folikel keluar dari akarnya.
Selain itu, pastikan juga untuk tidak menyisir rambut dalam keadaan basah. Karena , rambut yang basah lebih sensitif dan mudah patah, termasuk menyebabkan rambut rontok hingga bercabang. Karena itu, tunggulah rambut hingga kering. Begitu rambut sudah mulai mengering, Anda bisa menyisirnya.

4. Tidur dengan sarung bantal berbahan satin atau sutera

5 Cara Merawat Rambut Panjang Agar Tidak Mudah Patah & Rontok (364383)
Ilustrasi tidur dengan sarun bantal berbahan satin. Foto: Shutterstock
Sarung bantal berbahan satin atau sutera umumnya memiliki permukaan yang lebih lembut, sehingga bisa mengurangi gesekan pada rambut yang menyebabkan rambut rusak dan bercabang.
ADVERTISEMENT
Selain itu, sarung bantal berbahan satin atau sutera juga bisa mengurangi rambut kusut di keesokan paginya. Hal ini tentu bisa sangat membantu bagi Anda yang memiliki rambut panjang dengan tekstur ikal, keriting, hingga sulit diatur.

5. Potong ujung rambut secara berkala

5 Cara Merawat Rambut Panjang Agar Tidak Mudah Patah & Rontok (364384)
Ilustrasi potong ujung rambut. Foto: Thinkstock
Rambut panjang umumnya rentan bercabang dan mengalami kerusakan pada bagian ujung. Jika Anda membiarkan ujung rambut yang rusak itu tetap tumbuh, maka kerusakan pun bisa merambat ke bagian rambut yang masih sehat.
Karena itu, potonglah rambut secara berkala untuk mencegah kerusakan pada rambut. Sementara itu, waktu yang disarankan untuk memotong ujung rambut adalah setiap 10-12 minggu sekali. Sedangkan, jika Anda sering menggunakan catokan atau hair dryer, potonglah ujung rambut setiap 6-8 minggu sekali.
ADVERTISEMENT
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white