kumparan
search-gray
Woman30 Juli 2020 20:47

5 Cara Merawat Wajah yang Benar di Usia 20an untuk Mencegah Penuaan Dini

Konten Redaksi kumparan
5 Cara Merawat Wajah yang Benar di Usia 20an untuk Mencegah Penuaan Dini (139003)
Cara Merawat Wajah yang Benar di Usia 20an untuk Mencegah Penuaan Dini. Foto: Shutterstock
Di usia 20-an, kualitas kulit biasanya masih sangat baik. Teksturnya masih halus, kenyal, dan juga berseri. Meski relatif bebas dari masalah kulit, namun rutinitas perawatan kulit justru harus sudah dimulai sejak usia 20-an. Tujuannya adalah untuk mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini atau masalah-masalah kulit lain yang mungkin muncul di masa mendatang.
ADVERTISEMENT
“Beberapa penelitian menunjukkan bahwa di usia 25 tahun, produksi dua protein penting pada kulit kita sudah mulai menurun. Dua protein itu adalah kolagen (untuk membuat kulit kencang dan lentur) dan elastin (untuk menjaga kulit supaya lebih fleksibel dan kencang),” kata dermatologis asal New York City, AS, Dennis Gross, MD, kepada Byrdie.
Karena alasan itulah, Dr. Dennis pun menyarankan kita untuk melakukan sederet perawatan kulit wajah di usia 20-an. Lalu, bagaimana cara merawat wajah yang benar di usia 20-an? Melansir Byrdie, berikut kumpranWOMAN rangkum untuk kamu.

1. Gunakan sunscreen setiap hari

5 Cara Merawat Wajah yang Benar di Usia 20an untuk Mencegah Penuaan Dini (139004)
Ilustrasi perempuan menggunakan sunscreen. Foto: Shutter Stock
Cara merawat wajah di usia 20an bisa dimulai dengan menggunakan sunscreen setiap hendak beraktivitas ke luar rumah. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menghindari risiko timbulnya kerutan, penuaan, hingga kanker kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih.
ADVERTISEMENT
“Matahari adalah penyebab penuaan kulit eksternal nomor satu. Penting untuk melindungi diri kita setiap hendak ke luar rumah. Sebab, paparan sinar matahari berkontribusi terhadap penuaan dini,” kata Elizabeth Hale, MD, seorang profesor klinis dermatologis di New York City AS, kepada Byrdie.
Lebih lanjut, Dr. Hale juga menyarankan kita untuk memilih produk sunscreen berspektrum luas dengan SPF 30+. Pastikan juga mengoleskan sunscreen di area wajah dan juga leher.

2. Jangan lewatkan eksfoliasi

5 Cara Merawat Wajah yang Benar di Usia 20an untuk Mencegah Penuaan Dini (139005)
Ilustrasi Eksfoliasi Wajah Foto: Shutterstock/Yuttana Jaowattana
Sel kulit mati yang menumpuk di permukaan dapat menyebabkan kulit jadi terlihat kering dan juga kusam. Selain itu, tumpukan sel-sel kulit mati yang bercampur dengan keringat, minyak, dan makeup juga bisa menyumbat pori-pori dan pada akhirnya menyebabkan jerawat.
ADVERTISEMENT
“Untuk mengatasinya, lakukanlah langkah pengelupasan atau eksfoliasi kulit secara rutin. Gunakan produk-produk yang mengandung asam salisilat atau beta hidroksi yang bisa membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati dan kotoran di permukaan kulit. Selain itu, kandungan tersebut juga bisa membuat tekstur kulit jadi halus, dan mencegah timbulnya jerawat di masa depan,” tambah Dr. Hale.

3. Tambahkan produk anti-aging ke dalam rutinitas perawatan kulit

5 Cara Merawat Wajah yang Benar di Usia 20an untuk Mencegah Penuaan Dini (139006)
Ilustrasi memakai produk anti-aging Foto: Shutterstock
Tidak pernah ada kata terlalu awal atau dini untuk memakai produk anti-aging. Pertimbangkanlah untuk memasukkan produk anti-aging ke dalam rutinitas perawatan kulit kamu mulai dari sekarang. Tujuannya adalah untuk mencegah timbulnya tanda-tanda awal penuaan dini.
“Kamu bisa memilih produk anti-aging yang mengandung vitamin C atau antioksidan lain. Produk-produk ini bisa membantu mencegah kerusakan oksidatif yang terjadi akibat paparan sinar UV dan polusi lingkungan,” kata dokter kulit asal AS, Annie Chiu, MD, kepada Byrdie.
ADVERTISEMENT

4. Jangan pernah tidur dengan makeup yang masih menempel di wajah

5 Cara Merawat Wajah yang Benar di Usia 20an untuk Mencegah Penuaan Dini (139007)
Ilustrasi tidur masih pakai makeup. Foto: Shutterstock
Tidur dengan makeup yang masih menempel di wajah ternyata bisa menurunkan kemampuan kulit untuk memperbaiki dirinya sendiri. Oleh karena itu, hapuslah sisa makeup setelah beraktivitas dan jangan pernah tidur tanpa membersihkan sisa makeup atau debu yang masih menempel di wajah.
“Membiarkan makeup menempel semalaman bisa membuat pori-pori tersumbat dan membuat minyak dan kotoran terjebak di dalamnya. Kondisi ini pada akhirnya bisa memicu timbulnya jerawat,” tambah Dr. Chiu.

5. Perhatikan pola makan

5 Cara Merawat Wajah yang Benar di Usia 20an untuk Mencegah Penuaan Dini (139008)
com-Pola makan sehat. Foto: Shutterstock
Cara merawat wajah yang terakhir adalah dengan memperhatikan makanan yang kamu konsumsi setiap hari. Sebab, apa yang kamu konsumsi bisa memengaruhi kondisi kulit. Karena itu, jagalah asupan dan pola makan agar kulit wajah tetap sehat dan berseri. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Sebab, kandungan tersebut bisa menunda penuaan pada tubuh secara nyata. Kandungan itu bisa kamu peroleh dari teh hijau, sayuran, buah-buahan berry, kacang-kacangan, hingga cokelat.
ADVERTISEMENT
“Selain itu, jangan lupa konsumsi air putih yang cukup dan olahraga secara teratur,” papar Jeannette Graf, MD, dermatologis asal AS, saat diwawancarai Byrdie.
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white