kumparan
search-gray
Woman30 Juli 2020 17:38

5 Ciri Pria Posesif yang Bisa Bikin Hidupmu Jadi Terkekang & Tak Bahagia

Konten Redaksi kumparan
5 Ciri Pria Posesif yang Bisa Bikin Hidupmu Jadi Terkekang & Tak Bahagia (372553)
Ilustrasi pasangan posesif Foto: Shutterstock
"Duh, pacar perhatian banget sih sama kamu, kemana-mana selalu ditanya," pernahkan kamu mendengar komentar ini? Baik itu terhadap kamu maupun orang lain? Mungkin ini kalimat yang cukup akrab dalam keseharian kita, kalimat yang mengindikasikan bahwa pasangan dianggap perhatian ketika selalu bertanya kemana dan apa yang kamu lakukan. Padahal sebetulnya hal tersebut bisa saja bukan bentuk perhatian, melainkan sikap posesif dari pasangan.
ADVERTISEMENT
Memang, banyak perempuan yang kerap menyalah-artikan sikap posesif pasangannya sebagai bentuk perhatian. Menurut ahli terapis keluarga asal AS, Kim Egel, posesif merupakan sikap insecure yang bisa merugikan hubungan asmara. Sebab menurutnya, pria posesif sering bertindak seolah-olah sangat cinta, padahal dia sedang mengendalikan dan mengekang kebebasanmu.
“Bahkan pria posesif tidak akan membiarkan kamu untuk tumbuh dan berkembang,” kata Kim Egel kepada Bustle.
Nah, agar kamu tidak terjebak dengan pria posesif, lebih baik mengenal ciri-cirinya sebelum berhubungan lebih jauh. Ingin tahu seperti apa ciri-ciri dari pria posesif? Melansir Bustle, berikut kumparanWOMAN rangkum untuk kamu.

1. Menghubungimu setiap saat

5 Ciri Pria Posesif yang Bisa Bikin Hidupmu Jadi Terkekang & Tak Bahagia (372554)
ilustrasi menelepon Foto: Thinkstock
Ladies, apakah pasanganmu sering menelpon atau menghubungimu setiap saat? Mulai dari menanyakan kabar hingga menanyakan hal-hal detail lainnya? Mungkin ini sekilas seperti bentuk perhatian, namun jika dilakukan terlalu sering bisa mengganggu aktivitasmu.
ADVERTISEMENT
Menurut konsultan hubungan asal AS, Rhoberta Shaler, PhD, jika kamu terganggu dengan sikap pasangan seperti ini, lebih baik dibicarakan dengan baik-baik.
“Sikap seperti itu biasanya datang dari keinginan untuk saling keterhubungan. Namun, jika dilakukan secara berlebihan bisa membuat rasa tidak nyaman. Karena itu, cobalah bicarakan baik-baik, jika kamu merasa terganggu dengan sikapnya itu,” kata Shaler kepada Bustle.

2. Selalu ingin bertemu dan menghabiskan waktunya denganmu

5 Ciri Pria Posesif yang Bisa Bikin Hidupmu Jadi Terkekang & Tak Bahagia (372555)
Ilustrasi Pasangan Foto: Dok. Shutterstock
Bertemu dan menghabiskan waktu bersama dengan pria yang kamu suka memang menjadi hal yang sangat menyenangkan. Meski begitu, tak selamanya kita bisa bertemu dan bersama dengan pasangan, karena kita harus menjalani aktivitas dan kehidupan sehari-hari kita sendiri. Nah, jika ada seorang pria yang selalu ingin bertemu dan menghabiskan waktunya denganmu setiap waktu, kamu patut menanyakan motif di baliknya.
ADVERTISEMENT
“Tanda seseorang yang sehat secara emosional adalah mereka tidak perlu melihat pasangannya setiap saat. Hal itu juga menjadi sebuah tanda bahwa dia sangat menghargai waktu pasangannya,” tambah Shaler.

3. Sering menunjukkan sikap cemburu yang berlebihan

5 Ciri Pria Posesif yang Bisa Bikin Hidupmu Jadi Terkekang & Tak Bahagia (372556)
Ilustrasi Pria Cemburu Foto: Dok. Shutterstock
Cemburu merupakan hal yang wajar dalam sebuah hubungan. Pria bisa saja khawatir dan bertanya jika kamu sedang bermain dengan teman pria lain. Namun, seorang pria posesif biasanya akan menunjukkan sikap cemburu yang tidak wajar dan berlebihan. Sebagai contoh, dia tidak akan segan mengecek handphone kamu dan memblokir semua nomor handphone atau akun sosial media semua teman priamu. Parahnya lagi, dia akan memintamu untuk tidak berhubungan lagi dengan mereka. Jika pasanganmu seperti ini, apakah kamu yakin masih ingin bersama dengannya?
ADVERTISEMENT

4. Mengikutimu kemana-mana

5 Ciri Pria Posesif yang Bisa Bikin Hidupmu Jadi Terkekang & Tak Bahagia (372557)
Ilustrasi pasangan. Foto: Suhutter Stock
Pria posesif biasanya akan mengikutimu kemana-mana. Sebagai contoh, ketika kamu sedang menghabiskan waktu bersama teman, lalu tanpa diundang ia akan muncul di tengah perbincangan. Meskipun hal ini bukan masalah besar, namun menurut seorang psikolog asal AS, Dr. Kathy Nickerson, sikap itu bisa menunjukkan rasa insecure dan ketidakpercayaan si dia kepada kamu.
“Selain itu, hal tersebut juga bisa menjadi cara mereka untuk mengendalikan kamu. Ketika dia sering melakukannya, jangan takut untuk mengatakan rasa ketidaknyamananmu. Bersikaplah dengan tegas dan beri tahu tentang batasan-batasannya,” kata Dr. Kathy kepada Bustle.

5. Sering memberikan ancaman

5 Ciri Pria Posesif yang Bisa Bikin Hidupmu Jadi Terkekang & Tak Bahagia (372558)
Ilustrasi pria sedang mengancam. Foto: Shutterstock
Pria dewasa biasanya akan mengerti ruang pribadimu. Selain itu, ia juga akan memberikan kebebasan kepada pasangannya untuk melakukan hal-hal yang ia suka, tanpa memaksakan kehendaknya.
ADVERTISEMENT
Sebaliknya, pria posesif biasanya akan memaksakan kehendaknya pada kamu. Selain itu, ia juga akan membuatmu memilih antara dirinya atau kegiatan yang kamu suka. Jika kamu mengambil pilihan untuk melakukan kegiatan yang kamu suka, maka dia tak segan untuk mengancammu sehingga kamu takut dan menyesal mengambil keputusan tersebut.
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white