Woman
·
26 Oktober 2020 16:33

5 Fakta Niacinamide, Kandungan Skin Care Favorit Perempuan untuk Atasi Penuaan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Fakta Niacinamide, Kandungan Skin Care Favorit Perempuan untuk Atasi Penuaan (393347)
Ilustrasi perempuan memakai skin care. Foto: Shutterstock
Sebagian orang berusaha melakukan perawatan dan membeli skin care yang tepat untuk menjaga kecantikan kulit. Nah, untuk mengetahui tepat atau tidaknya sebuah produk, kamu perlu mengenal terlebih dulu jenis dan masalah kulit yang dihadapi, serta kandungan seperti apa yang dibutuhkan.
ADVERTISEMENT
Dalam produk skin care terdapat beberapa kandungan aktif yang bisa kamu temukan, salah satunya niacinamide. Niacinamide merupakan salah satu kandungan sejenis vitamin B3 yang kaya nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan kulit. Secara keseluruhan, niacinamide dapat membantu membangun protein di kulit dan mengunci kelembapan untuk mencegah kerusakan akibat faktor lingkungan. Tak hanya itu, kandungan skin care ini juga bisa mencegah peradangan pada kulit dan membuat kamu tampak awet muda.
Bila ingin memilikinya, kamu bisa mencari kandungan niacinamide ini dalam berbagai produk perawatan kulit, misalnya serum, toner, krim pelembab, dan masih banyak lagi. Namun sebelum membelinya, yuk simak dulu beberapa fakta yang perlu kamu tahu tentang niacinamide, melansir dari Healthline.

1. Mengatasi peradangan pada kulit

5 Fakta Niacinamide, Kandungan Skin Care Favorit Perempuan untuk Atasi Penuaan (393348)
Ilustrasi perempuan yang punya kebiasaan menyentuh wajah. Foto: Shutterstock
Pemilihan produk skin care dengan bahan ini akan membantu meratakan tekstur kulit sehingga lebih halus dan bebas gangguan yang dapat merusak penampilan kamu. Mengutip dari Self, Niacinamide diketahui bisa mengatasi sejumlah masalah peradangan pada kulit, seperti eksim dan jerawat.
ADVERTISEMENT
Kandungan niacinamide ini juga dikenal ampuh membangun kembali sel-sel kulit sehat sehingga terhindar dari berbagai kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet.

2. Bisa mencegah penuaan dini

5 Fakta Niacinamide, Kandungan Skin Care Favorit Perempuan untuk Atasi Penuaan (393349)
Mencegah tanda-tanda penuaan dini dengan goji berry. Foto: Shutterstock
Selain mengatasi peradangan, niacinamide diketahui bisa meminimalkan tampilan pori sehingga tersamarkan dan juga dapat melembapkan kulit. Penggunaan secara rutin bisa membangun keratin atau protein yang dapat mengencangkan kulit kamu sehingga tampak lebih sehat.
Dalam penelitian yang diterbitkan International Journal of Cosmetic Science pada 2004, penggunaan niacinamide selama 12 minggu terbukti memperbaiki masalah kulit yang membuat orang tampak lebih tua. Kandungan skin care ini memang bisa membuat kamu terhindar dari risiko penuaan dini, seperti munculnya garis halus ataupun masalah kerutan.

3. Kandungan niacinamide harus disesuaikan kondisi kulit

5 Fakta Niacinamide, Kandungan Skin Care Favorit Perempuan untuk Atasi Penuaan (393350)
Cara Merawat Kulit Kusam dengan 4 Kandungan Penting dalam Skin Care. Foto: Shutterstock
Meski punya kemampuan menghasilkan kulit lembap, bukan berarti kandungan ini tidak bisa digunakan oleh pemilik kulit berminyak. Penggunaan niacinamide bisa membantu mengatur jumlah minyak yang diproduksi sehingga terhindar dari produksi kelenjar minyak yang berlebihan.
ADVERTISEMENT
Namun untuk diketahui, setiap produk punya variasi konsentrasi niacinamide yang perlu disesuaikan dengan kondisi kulit. Mengutip dari Healthline, formulasi niacinamide sebanyak 5 persen bisa mengobati hiperpigmentasi dan kerusakan akibat paparan sinar matahari. Namun khusus untuk pemilik kulit sensitif, disarankan agar mulai mencoba produk dengan kandungan niacinamide lebih rendah sebesar 2 persen.

4. Bisa dikombinasikan dengan produk perawatan lainnya

5 Fakta Niacinamide, Kandungan Skin Care Favorit Perempuan untuk Atasi Penuaan (393351)
Ilustrasi serum. Foto: Unsplash/ @contentpixie
Niacinamide bisa digunakan dengan produk lainnya yang memiliki kandungan bahan aktif agar hasil lebih optimal. Dalam Healthline, Kristeen Cherney, seorang penulis freelance lulusan Georgia State University menuliskan bahwa niacinamide bisa bekerja dengan baik untuk mengobati jerawat bila dipadukan dengan produk yang memiliki kandungan asam folat.
Kamu juga mungkin bisa mendapatkan lebih banyak manfaat dari serum niacinamide dengan memakainya bersama asam hialuronat untuk meningkatkan penyerapan produk.
ADVERTISEMENT

5. Memberi perubahan baik pada kulit

5 Fakta Niacinamide, Kandungan Skin Care Favorit Perempuan untuk Atasi Penuaan (393352)
Ilustrasi perempuan membersihkan wajah. dok. FreePik
Sama seperti beberapa produk perawatan kulit lainnya, kamu mungkin tidak dapat melihat hasil yang signifikan di awal pemakaian. Kamu baru akan melihat perubahan penggunaan niacinamide setelah 8 minggu pemakaian secara rutin.
Adapun beberapa perubahan yang terjadi, antara lain kulit terasa halus, lebih kencang, serta menjadi terhidrasi dengan baik. Namun bila kamu tidak menemukan ada perubahan setelah penggunaan niacinamide, tidak ada salahnya untuk melakukan konsultasi dengan dokter guna mengecek rutinitas perawatan dan gaya hidup yang perlu kamu terapkan.
Penulis: Adinda Cindy