Woman
·
30 November 2020 12:08

5 Hal Menarik dari Pekan Mode Virtual Jakarta Fashion Week 2021

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Hal Menarik dari Pekan Mode Virtual Jakarta Fashion Week 2021 (9957)
Jakarta Fashion Week 2021 Foto: dok. Jakarta Fashion Week
Pekan mode tahunan Jakarta Fashion Week 2021 yang digelar pada 26-29 November 2020 telah berakhir. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pekan mode ini harus digelar secara virtual untuk menghindari kerumunan masa di tengah pandemi COVID-19.
ADVERTISEMENT
Meski demikian, antusias para pencinta fashion sama sekali tidak berkurang. JFW 2021 tetap berhasil memukau dengan menghadirkan karya-karya terbaru dari 61 label dan desainer.
Bagi kamu yang belum sempat menyaksikan JFW 2021 secara langsung, kumparanWOMAN telah merangkum beberapa highlight menarik pada pekan mode Jakarta ini. Supaya tidak penasaran, simak selengkapnya berikut ini.

1. JFW jadi ajang fashion pertama di Indonesia yang disiarkan live di TikTok

5 Hal Menarik dari Pekan Mode Virtual Jakarta Fashion Week 2021 (9958)
Jakarta Fashion Week 2021 bekerja sama dengan TikTok. Foto: Dok. TikTok
Memaksimalkan gelaran fashion show virtual, JFW 2021 bekerja sama dengan media sosial yang sedang naik daun, TikTok. Kolaborasi unik ini menjadikan JFW sebagai ajang fashion yang disiarkan secara langsung melalui platform digital asal China ini.
Ini merupakan upaya bagi pihak JFW untuk menggaet minat penonton dari seluruh pelosok Indonesia terutama generasi Gen Z yang mendominasi di TikTok. Upaya ini tampaknya menjadi strategi yang cukup berhasil sebab setiap show-nya ditonton oleh ratusan hingga ribuan pengguna TikTok.
ADVERTISEMENT

2. Tribut untuk mendiang Barli Asmara

5 Hal Menarik dari Pekan Mode Virtual Jakarta Fashion Week 2021 (9959)
Tribute to Barli Asmara di Jakarta Fashion Week 2021 Foto: dok. Jakarta Fashion Week
Pada hari pertama, Kamis (26/11) JFW 2021 menghadirkan peragaan busana khusus untuk desainer Indonesia, Barli Asmara, yang baru saja berpulang pada Agustus lalu. Bertajuk Tribute to Barli Asmara, fashion show ini menghadirkan berbagai koleksi karya Barli dari awal ia berkarier hingga yang paling terbaru dan belum sempat ditampilkan di depan umum.
5 Hal Menarik dari Pekan Mode Virtual Jakarta Fashion Week 2021 (9960)
Tribute to Barli Asmara di Jakarta Fashion Week 2021 Foto: dok. Jakarta Fashion Week
Di awal penampilan, fashion show tersebut menghadirkan koleksi makrame, sequined, dan fringe yang menjadi signature Barli di awal perjalanan karier. Kemudian dilanjutkan dengan koleksi busana serba feminin nan manis yang didominasi oleh gaun model ruffle dan penuh volume yang tersedia dalam berbagai warna pastel. Mulai dari lilac, biru, mustard, hingga warna-warna netral seperti putih, hitam, dan krem.
ADVERTISEMENT

3. Tren busana fungsional

Memasuki hari kedua, fashion show yang menjadi highlight adalah karya dari empat brand dan desainer dari Indonesia Fashion Forward (IFF). Mereka adalah Soe Jakarta, Rani Hatta, Jenahara, dan Cottonink.
5 Hal Menarik dari Pekan Mode Virtual Jakarta Fashion Week 2021 (9961)
SOE Jakarta di Jakarta Fashion Week 2021 Foto: dok. Jakarta Fashion Week
Keempat brand ini menghadirkan koleksi dengan konsep fungsional yang banyak dibutuhkan pada era new normal seperti sekarang ini. Soe Jakarta misalnya, koleksi mereka didominasi oleh aksen kantung untuk menyimpan hand sanitizer, sedangkan Cottonink membuat setelan kemeja dan bawahan yang nyaman dikenakan di rumah namun tetap chic saat dipakai meeting virtual atau bepergian.
5 Hal Menarik dari Pekan Mode Virtual Jakarta Fashion Week 2021 (9962)
Jenahara, Rani Hatta, dan Cottonink di Jakarta Fashion Week 2021 Foto: dok. Jakarta Fashion Week
Tak hanya itu, Jenahara menyuguhkan serangkaian koleksi busana modest bernuansa monokrom yang terinspirasi dari seragam sekolah. Dan Rani Hatta tetap sukses memukau penonton dengan koleksi blazer dan power suit yang sharp dan sartorial.
ADVERTISEMENT

4. Aksesori new normal dari Rinaldy Yunardy

Pada JFW 2021 kali ini, desainer aksesori kenamaan Rinaldy Yunardy menghadirkan koleksi 25 tahun berkarya melalui label Refounders.
5 Hal Menarik dari Pekan Mode Virtual Jakarta Fashion Week 2021 (9963)
Refounders by Rinaldy Yunardy di Jakarta Fashion Week 2021 Foto: dok. Jakarta Fashion Week
Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dimana ia selalu menyuguhkan koleksi hiasan kepala nan megah dan unik, kali ini desainer yang biasa disapa Yungyung ini meluncurkan koleksi sepatu dan tas, serta aksesori lain yang terinspirasi dari kondisi pandemi seperti sekarang ini.
Selalu memiliki koleksi yang tak biasa, desainer yang karyanya sudah banyak dipakai oleh selebriti mancanegara ini menampilkan sepatu sneakers dengan aksen mutiara dan dilengkapi dengan heels berukuran 4-6 cm.
Untuk tas, Rinaldy memiliki karya khusus berupa tas sling bag praktis yang cocok digunakan untuk membawa new normal kit, seperti tisu basah, tisu kering, hand sanitizer. Tak hanya itu, tas tersebut juga dilengkapi dengan kantung terpisah untuk menyimpan dompet dan handphone sehingga tidak bercampur dengan barang-barang lain.
5 Hal Menarik dari Pekan Mode Virtual Jakarta Fashion Week 2021 (9964)
Refounders by Rinaldy Yunardy di Jakarta Fashion Week 2021 Foto: Dok. Jakarta Fashion Week/GCM Group
Sedangkan untuk aksesori lain, ia menghadirkan masker yang dilengkapi dengan kacamata transparan, face shield dengan beragam model eksentrik, serta serangkaian masker bergaya edgy.
ADVERTISEMENT

5. Koleksi fashion berkelanjutan di Dewi Fashion Knights

Tiap tahunnya, fashion show Dewi Fashion Knights (DFK) persembahan dari Majalah Dewi selalu menjadi pagelaran yang paling ditunggu-tunggu. Untuk JFW 2021 kali ini, DFK menghadirkan tiga desainer Tanah Air, Chitra Subyakto dengan brand Sejauh Mata Memandang, Toton, dan Lulu Lutfi Labibi.
5 Hal Menarik dari Pekan Mode Virtual Jakarta Fashion Week 2021 (9965)
Dewi Fashion Knights di Jakarta Fashion Week 2021 Foto: dok. Jakarta Fashion Week
Membuka fashion show, Sejauh Mata Memandang menghadirkan 11 busana berupa kemeja, kebaya, celana, rok lilit, hingga aksesori seperti tas multifungsi yang bisa menjadi selendang hingga fanny pack dan sling bag. Menariknya, koleksi ini dibuat dari kain tak terpakai dari sisa produksi. Sebuah bentuk nyata dari komitmen Sejauh Mata Memandang yang peduli dengan dunia fashion dan dampak buruknya pada lingkungan.
5 Hal Menarik dari Pekan Mode Virtual Jakarta Fashion Week 2021 (9966)
Sejauh Mata Memandang di Jakarta Fashion Week 2021 Foto: Dok. Jakarta Fashion Week/GCM Group
Sama-sama mengusung konsep berkelanjutan, desainer asal Yogyakarta Lulu Lutfi Labibi menghadirkan koleksi bernuansa hitam putih yang menyoroti pentingnya menjalankan gaya hidup minimalis. Selain itu, Lulu Lutfi Labibi juga menghadirkan ciri khasnya, yaitu tenun lurik, serta bahan-bahan lain, seperti siffone georgette dan tenun perca yang dibuat dengan mesin jahit tradisional. Semua koleksinya menunjukkan potongan simple dan basic sehingga bisa memenuhi kebutuhan pencinta fashion dalam berbagai kesempatan.
5 Hal Menarik dari Pekan Mode Virtual Jakarta Fashion Week 2021 (9967)
Lulu Lutfi Labibi di Jakarta Fashion Week 2021 Foto: Dok. Jakarta Fashion Week/GCM Group
Sebagai penutup, DFK menghadirkan koleksi karya Toton. Masuk dalam koleksi Spring/Summer 2021, karya Toton kali ini terinspirasi dari arca-arca peninggalan Hindu dan Budha. Toton meyakini bahwa prasasti atau peninggalan sejarah tak hanya menjadi bagian dari cerita penting sebuah masa, tetapi juga jadi refleksi harapan dan doa di masa lalu untuk masa depan.
ADVERTISEMENT
Menariknya lagi, Toton juga menggunakan sisa bahan neoprene dari koleksi Spring/Summer 2016, renda motif kawung dari Spring/Summer 2017, lurik dari Fall/Winter 2017, bahan pleats dari Fall/Winter 2018, serta organza dari koleksi yang dihadirkan pada JFW 2020 lalu.
5 Hal Menarik dari Pekan Mode Virtual Jakarta Fashion Week 2021 (9968)
TOTON di Jakarta Fashion Week 2021 Foto: Dok. Jakarta Fashion Week/GCM Group
Tak hanya itu, koleksi berkelanjutan milik Toton juga memanfaatkan bahan-bahan makrame dari musim lama yang diubah menjadi berbagai model sehingga lebih sesuai dengan tren fashion sekarang.
Nah Ladies, bagi kamu yang masih ingin menonton fashion show dari desainer dan label favorit, kamu masih bisa menonton JFW 2021 melalui microsite JFW.TV, serta akun media sosial JFW seperti TikTok dan Instagram @jfwofficial.