kumparan
10 November 2019 16:57

5 Hal yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan di Tempat Kerja

Ilustrasi Perempuan Karier
Ilustrasi Perempuan Karier. Foto: Shutterstock
Menurunkan berat badan memang bukan perkara yang mudah. Karena itulah, para perempuan rela melakukan berbagai cara untuk mendapatkan berat badan ideal. Mulai dari rajin berolahraga, hingga membatasi asupan makanan. Namun siapa sangka, aktivitas di tempat kerja juga bisa mempengaruhi berat badan, lho, Ladies. Fakta ini bahkan didukung oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PloS One yang mengatakan, pergerakan aktif di tempat kerja cenderung bisa menurunkan berat badan lebih cepat dibanding mereka yang duduk berlama-lama di meja kerja.
ADVERTISEMENT
Mengingat sebagian besar dari kita cenderung menghabiskan waktu yang lama di meja kerja, karena itulah penting untuk mengetahui cara-cara yang bisa membantu menurunkan berat badan di tempat kerja. Melansir Times of India, berikut kumparanWOMAN rangkum cara-caranya untuk Anda.
1. Sempatkan untuk berjalan-jalan selama bekerja
Tas Kerja
Ilustrasi perempuan berjalan saat kerja. Foto: Shutterstock
Sempatkanlah untuk sesekali beranjak dari meja kerja Anda, baik untuk pergi ke toilet atau mengambil air minum ke pantry. Selain membakar kalori, cara ini juga menghindari terlalu lama berdiam diri di meja kerja. Selain tidak baik untuk kesehatan, berdiam diri di meja kerja juga bisa memicu beberapa risiko; seperti obesitas, gula darah, hipertensi, hingga kenaikan berat badan.
2. Jangan menyimpan camilan di meja kerja
Ilustrasi Makan di Kantor
Hindari makan camilan setiap saat. Foto: Shutterstock
Menyimpan camilan atau makanan ringan di atas meja bisa mempermudah Anda untuk selalu mengunyahnya secara terus-menerus. Sadar atau tidak, hal ini bisa berdampak buruk pada kenaikan berat badan.
ADVERTISEMENT
Dibanding makanan ringan, pilihlah buah-buahan sebagai camilan Anda selama di kantor. Selain buah, Anda juga bisa memilih camilan sehat lain; seperti granola, almond, hingga yogurt.
3. Banyak mengonsumsi air putih
Air 2
Rutin minum air putih agar tidak dehidrasi dan urine berwarna bening. Foto: Thinkstock
Bagi mereka yang sedang menjalani program penurunan berat badan, air putih biasanya menjadi andalan yang tepat. Alasannya, karena air putih tidak mengandung kalori yang banyak.
Selain itu, air putih juga bisa mengangkut energi yang dipecah dari makanan-makanan ke sel-sel dalam tubuh dan bisa membantu memecah serta membakar kalori. Inilah yang kemudian membuat air putih berpotensi mengurangi berat badan.
Oleh karena itu, minumlah air putih dengan cukup. Sediakan juga botol air minum di meja kerja Anda, untuk mengurangi hasrat ngemil dan menunda rasa lapar hingga makan siang tiba.
ADVERTISEMENT
4. Hindari makan siang di meja kerja
Ilustrasi meja kerja
Ilustrasi meja kerja. Foto: Shutter Stock
Jika Anda ingin memiliki berat badan yang ideal, pastikan untuk menghindari kebiasaan makan siang di meja kerja. Menurut Dr. Brian Wansink, Ph. D., seorang profesor dan direktur di Cornell Food and Brand, kebiasaan ini justru bisa membuat seseorang tak sadar jika dirinya telah makan dalam porsi yang cukup banyak. Sehingga, kebiasaan ini menurutnya bisa memicu kegemukan.
5. Pakai tangga dibanding lift
LIPUTAN KHUSUS, kumparan WOMAN, Single and Happy, Ilustrasi wanita karier
Ilustrasi wanita karier. Foto: Shutter Stock
Menggunakan lift memang bisa mempermudah Anda untuk sampai ke ruangan, namun jika ruangan Anda tidak berada di lantai tertinggi sebaiknya gunakanlah tangga darurat ketimbang lift.
Cara ini dinilai bisa membantu membakar kalori, sehingga kalori yang masuk ke tubuh lebih sedikit dibanding dengan kalori yang keluar. Hal inilah yang menyebabkan berat badan Anda turun secara signifikan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan